Pembebasan Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Denda Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2018

Pemerintah Provinsi Jawa Barat Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meresmikan Program Pembebasan Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Denda Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2018 bertepatan dengan peresmian Pemancangan Tiang Pembangunan Masjid Al Ahyar, Gedung Arsip dan Taman Interaktif Bapenda Jabar, Bandung, Kamis (31/05).

“Banyak yang jual beli kendaraan dan boleh jadi belum balik nama. Soalnya ketika balik nama harus pakai biaya pajak banyak yang membiarkan jual beli kendaraan tidak balik nama. Ini untuk mengindentifikasi kendaraan milik siapa menjadi sulit. Maka dari itu, kami bebaskan biayanya,” kata Gubernur Ahmad Heryawan.

Pembebasan BBNKB Ke-2 dan denda PKB juga ditujukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Sektor pajak kendaraan menjadi penyumbang terbesar PAD di Jawa Barat. Untuk penyelenggaraan tahun ini, Aher menargetkan angka Rp 750 miliar.

Program ini berlaku bagi pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat di Jawa Barat untuk periode pembayaran 1 Juli sampai 31 Agustus 2018

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Dadang Suharto menjelaskan, Pembebasan BBNKB dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan proses balik nama kendaraan bermotor penyerahan kedua dan seterusnya di Jawa Barat.

Untuk pembebasan denda PKB, diberikan kepada seluruh masyarakat yang melakukan proses pembayaran pajak tahunan kecuali untuk kendaraan bermotor baru.

“Itu dibebaskan khusus untuk kendaraan kedua, tetapi untuk PKB dibebaskan dendanya saja, jadi pokoknya tetap bayar,” katanya.

Syarat dan tata cara

Syarat:

  1. BPKB (asli dan fotokopi)
  2. STNK (asli dan fotokopi)
  3. Cek fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan di kantor Samsat terdekat)
  4. Kuitansi jual beli (materai Rp 6.000)
  5. KTP pemilik daerah yang akan dituju (asli dan fotokopi)
  6. (Untuk badan hukum): salinan akte pendirian + 1 lembar fotokopi, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup dan ditandatangani pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.
  7. Untuk intansi pemerintah (termasuk BUMN & BUMD): surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup dan ditandatangani pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan.

Tata cara:

  1. Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tempat kendaraan terdaftar untuk melakukan cek fisik (gesek nomor rangka dan mesin).
  2. Menuju gudang arsip untuk mengambil berkas kendaraan.
  3. Menuju bagian loket mutasi (menyerahkan BPKB dan KTP daerah yang dituju beserta fotokopi).
  4. Menunggu berkas keluar dengan waktu tertentu (mendapat surat jalan sementara).
  5. Ke bagian fiskal. Mendapatkan berkas mutasi keluar.
  6. Setelah berkas keluar, lapor ke Samsat daerah tujuan (menyerahkan berkas-berkas yang diterima ke bagian mutasi).
  7. Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tujuan untuk melakukan cek fisik (gesek nomor rangka dan mesin).
  8. Kembali ke Samsat daerah tujuan (menyerahkan berkas-berkas dan mendapat surat jalan sementara).
  9. Menunggu STNK dan pelat nomor.
  10. Kembali ke Samsat Induk tujuan untuk mengambil STNK dan pelat nomor baru.
  11. Menunggu BPKB yang diperbarui dengan waktu tertentu.
  12. Mengambil BPKB yang telah diperbarui.

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.

248 balasan
  1. Tisna
    Tisna says:

    Informasinya ada yang kurang nih min… program ini mulai berlakunya terhitung dari kapan sampai kapan?

  2. aldy adiwiguna
    aldy adiwiguna says:

    mohon infonya.. BBN Kb ke dua itu maksudnya kendaraan kedua dst, atau kendaraan bekas? apakah BBN KB ke nama yg masih kosong (blm punya kendaraan) dibebaskan juga biaya BBN nya atau tetep kena biaya? trima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Pengertian umum nya seperti ini :
      BBNKB Pertama langsung dari dealer, ketika off-road jadi on-road itu harus (bayar pajak). Nah, yang BBNKB Kedua itu maksudnya adalah ketika mutasi atau balik nama, misalnya seseorang yang beli kendaraan tapi bukan kendaraan baru(beli bekas).
      Untuk pertanyaan kedua kami kurang paham, bisa dijelaskan lebih jelas lg pak?
      tks~P

      • aldy adiwiguna
        aldy adiwiguna says:

        Trima kasih atas penjelasan nya min. Utk pertanyaan kedua masih relasi nya dgn pertanyaan sy yg pertama. Krn dalam hal urusan BBN KB, masih banyak masyarakat yg mengganggap bahwa BBN KB kedua adalah BBN KB untuk kendaraan progresif kedua. Thx sekali lagi pencerahannya?

  3. Tardo St
    Tardo St says:

    mo nanya kalau mo cabut berkas dari daerah cianjur ke bogor itu harus ke samsat cianjur gak yah soalnya pas bertepatan dengan libur lebaran jadi gak keburu, atau bisa langsung ke bogor?
    berkas apa saja yang harus dibawa dan bagaimana prosesnya
    terima kasih atas jawabannya

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Harus ke Cianjur dulu sebagai samsat induk asal Pak.

      Syarat Mutasi Kendaraan :

      1. BPKB (asli dan fotokopi)

      2. STNK (asli dan fotokopi)

      3. Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan dikantor cek fisik dikantor Samsat terdekat)

      4. Kwitansi Jual Beli (materai 6000)

      5. KTP pemilik daerah yang akan dituju (asli dan fotokopi)

      6. (Untuk badan hukum ): Salinan akte pendirian + 1 lembar foto copy, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.

      Untuk intansi pemerintah ( termasuk BUMN & BUMD ) : surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan.

      Tata Cara Mutasi Kendaraan :

      1. Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tempat kendaraan terdaftar untuk melakukan Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin).

      2. Menuju gudang arsip untuk mengambil berkas kendaraan.

      3. Menuju Bagian Loket Mutasi (menyerahkan BPKB+KTP daerah yang dituju beserta fotokopi).

      4. Menunggu Berkas keluar dengan waktu tertentu. (mendapat surat jalan sementara).

      5. Kebagian Fiskal. Mendapatkan berkas mutasi keluar.

      6. Setelah Berkas keluar, Lapor ke samsat daerah tujuan. (menyerahkan berkas-berkas yang diterima ke bagian mutasi).

      7. Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tujuan untuk melakukan Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin).

      8. Kembali ke samsat daerah tujuan (menyerahkan berkas-berkas dan mendapat surat jalan sementara).

      9. Menunggu STNK + Plat Nomor.

      10. Kembali ke samsat induk tujuan untuk mengambil STNK + Plat Nomor baru.

      11. Menunggu BPKB yang di-update dengan waktu tertentu.

      12. Mengambil BPKB yang telah di Update.

      13. Selesai.

      Untuk lebih jelasnya silahkan datang ke kantor samsat induk asal maupun samsat induk tujuan.

      Tks~Arrie

      • Tardo St
        Tardo St says:

        4. Kwitansi Jual Beli (materai 6000) bukan balik nama tapi pindah domisili. apakah perlu kwitansi?

      • Tardo St
        Tardo St says:

        3. Menuju Bagian Loket Mutasi (menyerahkan BPKB+KTP daerah yang dituju beserta fotokopi).
        KTP asal sudah dipindahkan ke domisili baru, apakah bawa juga KTP asal, sedangkan KTP domisili baru belum jadi

  4. Cholik Imam Muchlis
    Cholik Imam Muchlis says:

    Mohon info tentang program pembebasan BBN-KB ke-2 di Provinsi Jabar.

    Bagaimana sebenarnya prosedur balik nama kendaraan sebenarnya dan dokumen apa saja yang harus diserahkan pada saat pengajuan balik nama kendaraan ke-2 (bekas)? Mohon juga informasi NJKB untuk propinsi Jawa Barat ? Berapa perkiraan total pajak dan biaya lain2nya untuk mobil Innova Diesel Type G AT Tahun 2012, apabila saya akan balik nama dan mengikuti program pembebasan BBN-KB ke-2 di Provinsi Jabar pada bulan Juli s/d Agustus 2018 nanti? Terima kasih atas informasinya

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Syarat Mutasi Kendaraan :

      1. BPKB (asli dan fotokopi)

      2. STNK (asli dan fotokopi)

      3. Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan dikantor cek fisik dikantor Samsat terdekat)

      4. Kwitansi Jual Beli (materai 6000)

      5. KTP pemilik daerah yang akan dituju (asli dan fotokopi)

      6. (Untuk badan hukum ): Salinan akte pendirian + 1 lembar foto copy, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.

      Untuk intansi pemerintah ( termasuk BUMN & BUMD ) : surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan.

      Tata Cara Mutasi Kendaraan :

      1. Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tempat kendaraan terdaftar untuk melakukan Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin).

      2. Menuju gudang arsip untuk mengambil berkas kendaraan.

      3. Menuju Bagian Loket Mutasi (menyerahkan BPKB+KTP daerah yang dituju beserta fotokopi).

      4. Menunggu Berkas keluar dengan waktu tertentu. (mendapat surat jalan sementara).

      5. Kebagian Fiskal. Mendapatkan berkas mutasi keluar.

      6. Setelah Berkas keluar, Lapor ke samsat daerah tujuan. (menyerahkan berkas-berkas yang diterima ke bagian mutasi).

      7. Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tujuan untuk melakukan Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin).

      8. Kembali ke samsat daerah tujuan (menyerahkan berkas-berkas dan mendapat surat jalan sementara).

      9. Menunggu STNK + Plat Nomor.

      10. Kembali ke samsat induk tujuan untuk mengambil STNK + Plat Nomor baru.

      11. Menunggu BPKB yang di-update dengan waktu tertentu.

      12. Mengambil BPKB yang telah di Update.

      13. Selesai.

      Untuk lebih jelasnya silahkan datang ke kantor samsat induk asal maupun samsat induk tujuan.

      Tks~Arrie.

      • Cholik Imam Muchlis
        Cholik Imam Muchlis says:

        Jawabannya kurang informatif hanya sekedar copas dari artikel diatas. Pertanyaan kemana jawaban kemana. Tolong adminnya juga harus update tentang aturan dan sop di samsat supaya dalam memberikan informasi yang diharapkan penanya. Fungsi forum tanya jawab adalah mendapatkan informasi sebelum seseorang ke kantor samsat yang bersangkutan. Jadi klu statement terakhir anda “Untuk lebih jelasnya silahkan datang ke kantor samsat induk asal maupun samsat induk tujuan” bukan solusi jawaban yang bagus buat pelayanan e-goverment.

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          Mohon maaf sebelumnya Pak. Secara garis besar memang seperti itu alur baliknama kendaraannya.

          Bapak mau mutasi masuk dari luar provinsi atau mutasi masih dalam provinsi Jawa Barat ?

          tks~Arrie

          • Cholik Imam Muchlis
            Cholik Imam Muchlis says:

            Mutasi Ganti Nama saja alias Balik Nama Kendaraan dari pemilik lama ke nama saya masih kota/kabupaten yang sama. Jadi jawaban anda yg di copas juga kelihatannya untuk tata cara mutasi keluar daerah. Jadi Mohon jika menjawab juga harus dicermati.

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Mohon maaf Pak,

            untuk domisili dimana ? Kota Bandung atau ?

            Karena jika di kota Bandung, ada 3 kantor samsat sehingga apabila terjadi perpindahan kantor samsat maka akan diperlakukan seperti mutasi.

            tks~Arrie

          • Cholik Imam Muchlis
            Cholik Imam Muchlis says:

            Mobil saya terdaftar di Kabupaten Bekasi. Oh ya tentang pertanyaan saya mengenai informasi NJKB belum dijawab? Soalnya klu wilayah Jakarta, NJKB sudah bisa diakses terbuka lewat internet. Untuk Pemprov Jabar kapan informasinya bisa terbuka untuk public? Terima kasih

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Untuk NJKB sedang dalam proses Pak, mudah-mudahan bisa secepatnya diinformasikan kepada masyarakat

            Untuk proses BBN kurang lebih, sbb :
            1. Cek fisik
            2. Menuju loket BBN 2
            3. Menyerahkan berkas yg terdiri dari hasil cek fisik , bpkb asli, FC KTP yg akan balik nama, STNK asli dan SKPD asli
            4. Setelah proses registrasi selanjutnya proses pembayaran di loket kasir.
            5. Setelah pembayaran menunggu di loket penyerahan
            6. Pengambilan plat no di loket TNKB.
            7. Pengambilan resi bpkb baru selanjutnya mengambil bpkb di Polda metro jaya Jakarta.

            Tks~Arrie

  5. Sukma Jiwa
    Sukma Jiwa says:

    Seperti kt om saya bahwa penggratisan biaya ini tentu membantu rakyat kurang mampu

  6. Edi Syamsa
    Edi Syamsa says:

    Admin yth, STNK dan PKB kendaraan saya akan habis tanggal 27 Juni 2018. Saya berniat BBN sekaligus Mutasi kendaraan tersebut. Pertanyaannya, bagaimana proses dan berapa biaya yang harus dikeluarkan terkait program BBN ini? Terima kasih.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Syarat Mutasi Kendaraan :

      1. BPKB (asli dan fotokopi)

      2. STNK (asli dan fotokopi)

      3. Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan dikantor cek fisik dikantor Samsat terdekat)

      4. Kwitansi Jual Beli (materai 6000)

      5. KTP pemilik daerah yang akan dituju (asli dan fotokopi)

      6. (Untuk badan hukum ): Salinan akte pendirian + 1 lembar foto copy, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.

      Untuk intansi pemerintah ( termasuk BUMN & BUMD ) : surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan.

      Tata Cara Mutasi Kendaraan :

      1. Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tempat kendaraan terdaftar untuk melakukan Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin).

      2. Menuju gudang arsip untuk mengambil berkas kendaraan.

      3. Menuju Bagian Loket Mutasi (menyerahkan BPKB+KTP daerah yang dituju beserta fotokopi).

      4. Menunggu Berkas keluar dengan waktu tertentu. (mendapat surat jalan sementara).

      5. Kebagian Fiskal. Mendapatkan berkas mutasi keluar.

      6. Setelah Berkas keluar, Lapor ke samsat daerah tujuan. (menyerahkan berkas-berkas yang diterima ke bagian mutasi).

      7. Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tujuan untuk melakukan Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin).

      8. Kembali ke samsat daerah tujuan (menyerahkan berkas-berkas dan mendapat surat jalan sementara).

      9. Menunggu STNK + Plat Nomor.

      10. Kembali ke samsat induk tujuan untuk mengambil STNK + Plat Nomor baru.

      11. Menunggu BPKB yang di-update dengan waktu tertentu.

      12. Mengambil BPKB yang telah di Update.

      13. Selesai.

      Untuk lebih jelasnya silahkan datang ke kantor samsat induk asal maupun samsat induk tujuan.

      Tks~Arrie

      • Edi Syamsa
        Edi Syamsa says:

        Terima kasih. Apakah kendaraan ybs tetap harus dihadirkan di Samsat Induk walaupun sudah Cek Fisik di Samsat Tujuan/Terdekat?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Terdaftar di Kab Bogor atau bagaimana Pak ?

      JIka terdaftar di DKI bisa bayar pajak tahunan di Bekasi namun harus ada KTP sesuai dengan STNK.

      tks~Arrie

      • chameleon.r
        chameleon.r says:

        Sy rumah nya kab bogor. Tp dekat bekasi.

        Penginnya klo bs tanpa ktp sy urus pak..

        Surat lengkap ni tp klo ktp ga bs pinjam soalnya tangan ke dua waktu beli.

        Motor plat jakarta barat.

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          Sebaiknya dimutasikan saja pak sehingga sesuai dengan domisili Bapak saat ini selaku pemilik, agar ke depannya lebih mudah.

          tks~Arrie

          • chameleon.r
            chameleon.r says:

            Lha syarat mutasi itu perlu ktp ga pak? Kalau sesuai domisili tp sy bisa ke samsat bekasi ga masalah pak.
            Kalau harus ke pemda bogor, ngga terima kasih. 3 jam untuk berangkat doang. Pelayanan kurang bagus juga…

            Kalau mutasi itu sy bisa cuma datang ke alfamart sy sudah mutasi ini

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Jika akan baliknama tidak perlu KTP pemilik lama Pak,

            Tidak bisa ke Bekasi juga karena berbeda wilayah hukum. Kab Bogor masuk ke Polda Jabar, Bekasi masuk Polda Metro Pak.

            tks~Arrie

  7. Firza Revariawan
    Firza Revariawan says:

    Pak kalo masa berlaku ktp nya udah habis apa bisa dipakai buat balik nama?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      KTP harus yang masih berlaku pak
      Note : Kalau KTP bapak sdh E-KTP masa berlakunya adalah seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun disana tertera masa berlaku habis. Kecuali untuk mereka yang mengalami perubahan data perkawinan dan kependudukan. Maka dengan yang bersangkutan perlu mengupdate data terbaru.
      tks-Hendra

  8. Kang imong
    Kang imong says:

    Assalamu’alaikum admin yth, saya motor plat B jakarta barat, masa stnk habis bulan april 2018
    Rencana akan balik nama dan mutasi ke plat Z Tasikmalaya.
    Mohon arahannya.
    Terimakasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Silahkan bapak mendatangi dahulu Samsat Jakarta Barat ke bagian pelayanan mutasi kendaraan, yang mana dilakukan proses cek fisik kendaraan kembali dan juga pencabutan berkas2nya, setelah berkas selesai silahkan mendatangi Samsat tujuan mutasi yaitu Samsat Tasikmalaya.
      Dokumen2 yg harus disiapkan:
      STNK asli dan salinannya
      BPKB asli dan salinannya
      KTP asli pemilik baru (pembeli) dan salinannya
      Kuitansi pembelian motor bermaterai RP6.000 dan salinannya
      tks-Hendra

  9. Ryo Bengs Bambino
    Ryo Bengs Bambino says:

    Assalamualaikum… Pajak kendaraan saya sdh jalan 2 thn mati. Mau mutasi dari kota ke kab bandung. Persyaratan yg harus saya siapkan apa saja ya..dan biaya gratis yg dimaksud seperti apa? Trimakasih sebelumnya untuk penjelasannya.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      bea baliknama dan denda pajak kendaraan dibebaskan pak, Untuk tunggakan dan pokok pajak masih tetap dibayarkan. Selain itu pula masih ada biaya PNBP.

      Untuk syarat silahkan dilihat pada artikel diatas.

      tks~Arrie

  10. Ilyas Asad Hifzhuddiin
    Ilyas Asad Hifzhuddiin says:

    Pagi Admin.
    Motor saya sudah nunggak pajak 5 tahun 5bulan(terbit stnk feb 2008) per juli nanti, dan belum ganti plat.
    Berarti ada denda pajak yang saya tunggak. Apakah dengan program ini denda pajaknya hilang?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      selama periode pembayaran 1 Juli sampai 31 Agustus 2018, denda pajak dibebaskan.

      Tunggakan dan Pajak Pokok masih tetap dibayarkan.

      tks~Arrie

  11. Indra Kurniawan Ramdhani
    Indra Kurniawan Ramdhani says:

    Pagi, admin.
    Saya ada mobil sudah telat pajak 3 tahun, apakah kalau mau bayar pajak nya dengan ada nya program ini denda keterlambatan bayar pajak nya dihilangkan? Jd bayar pajak nya saja?

    Thanks,
    Indra

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      selama periode pembayaran 1 Juli sampai 31 Agustus 2018, denda pajak dibebaskan.

      Tunggakan dan Pajak Pokok masih tetap dibayarkan

      tks~Arrie

  12. Rachmad Triwidiyatmoko
    Rachmad Triwidiyatmoko says:

    Motor Saya Beli seken dan stnk hilang dan masa berlaku ya habis di juni ini.. Apakah bisa ikut program di Juli

  13. Irvan Maulana
    Irvan Maulana says:

    Apakah kegiatan tersebut di lakukan di setiap kota dan kabupaten di jawa barat atau khusus bandung?

  14. Irvan Maulana
    Irvan Maulana says:

    Mau balik nama sekalian mutasi fari garut ke tasikmalaya, apakah saat mutasi untuk bpkb di lakukan di polda jabar atau bisa di tasikmalaya?

  15. Ardian
    Ardian says:

    assalamuallaikum admin.
    saya punya kendaraan bermotor pajak mati mau ke 3thn mau di mutasikan dari karawang ke tasikmalaya apa itu harus melalui samsat karawang apa bisa di tasikmalaya .
    hatur nuhun

  16. Pratama Grey
    Pratama Grey says:

    Pagi min..saya dapet hibahan motor tua pajaknya off dari 2013 apakah bisa ikut program ini dan untuk cek biayanya kemana ya ?apakah ke samsat tempat diterbitkannya stnk?
    Terimakasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      bisa ke samsat outlet/samkel/samdong maupun samsat induk. Bisa juga menggunakan aplikasi SAMBARA yang dapat diunduh di Google Play Store

      tks~Arrie

  17. Jaka
    Jaka says:

    Punten mau tanya, sy ada motor habis stnk th 2017, blm dibayar karena masih bingung ktp saat ini sdh pindah domisili dari lembang ke kota bdg, klo mutasi tanpa balik nama apakah prosedurnya sama? Brgkali bisa di share perkiraan rincian biaya klo sya ikut program tsb? Klo mutasi apakah harus ganti BPKB juga? Trmkasih

  18. angga setiawan
    angga setiawan says:

    punten mau tanya untuk program balik nama gratis. untuk balik nama kepemilikan ke 3 itu masih gratis tidak?

  19. Arif
    Arif says:

    Kalau mau Balik Nama dan Mutasi dari Bandung ke Cimahi. Biaya BBN gratis kan?, kalau biaya cabut berkas dan kedatangan dibebaskan juga ga min?

  20. Okta Diantama
    Okta Diantama says:

    Min tanya donk, yang dimaksud periode pembayaran 1 Juli – 31 Agustus 2018 itu pelaksanaan pembayaran atau tanggal pembayaran sesuai STNK?

    Misalnya ada kendaraan yang jatuh temponya Februari 2018, lalu dibayarkan tanggal 1 Juli 2018 apakah bisa mengikuti program ini?

  21. Irvan Maulana
    Irvan Maulana says:

    Mohin info nya saat melakukan pengecekan pajak menggunakan aplikasi sambara ada keterangan kendaraan di blokir harus segera melakukan pembayaran balik nama.
    Proses dan biaya nya brpa yh?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      bea baliknama selama periode pembayaran juli – agustus 2018 dibebaskan kak, yang dibayarkan biaya PNBP dan pajak kendaraan.

      Biaya PNBP yang terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut :

      a. Untuk Kendaraan Roda 2 atau Roda 3
      1. Biaya Penerbitan STNK Rp100.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp60.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp225.000
      4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp150.000

      b. Untuk Kendaraan Roda 4 atau lebih
      1. Biaya Penerbitan STNK Rp200.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp100.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp375.000
      4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp250.000

  22. Evie Lutfiyah
    Evie Lutfiyah says:

    mau tanya pak,,ini mau balik nama ,tapi ktp pemilik motor yg lama nga ada gimna,,?

  23. firman
    firman says:

    asslammualikum
    pak saya mau tanya, saya sudah cabut berkas ditahun 2016, dr bandung ke karawang baru mau urus ngambil berkas dibandung dan bayar denda dan tunggakan pajak sebelumnya di tahun 2018 , apakah masih bisa di urus ya surat2 kendaraan saya, dan apakah bisa ikut program ini?
    mohon jawabanya pak.

    • firman
      firman says:

      di tahun 2018 apakah masih bisa di urus ya pak dan bisa mengikuti program ini atau tidak ya?

  24. Ferry Firdaus
    Ferry Firdaus says:

    Pak/Bu Admin..,
    Kalo mutasi dari DKI Ke Jabar apa berlaku juga programnya??

  25. Irvant Fadillah
    Irvant Fadillah says:

    Admin mau tanya…kalau dalam pembayaran jual beli hanya ada kuitansi dengan tanda tangan pemilik bpkb pertama tanpa tanda tangannya bermaterai bagaimana apa boleh?

  26. Chandra Sugito
    Chandra Sugito says:

    Kalau PKB mobil ke-1 nunggak pajak 1 tahun, bebas bea denda juga nggak.. Terima kasih

  27. fitri
    fitri says:

    kalau mutasi dan balik nama kendraan roda 4 dr kota bandung ke kab.bandung tahapannya gmna ya? apa cukup datang ke polda jabar atau harus ke samsat kota bandung buat cabut berkas nanti baru ke samsat kab.bandung? lalu biaya yg yg harus dikeluarkan apa saja?

  28. Fery Firmansyah
    Fery Firmansyah says:

    Selamat pagi,sya membeli motor bekas dri orang sukabumi namun sayang nya sya hanya di beri foto kopi ktp ny saja dan bulan ini pas banget utk pergantian plat nmr (5 taunan),skrng saya ber ktp jakarta apa bisa saya mutasikan ke jakarta utk d balik nama jdi nama saya.apa bisa d proses dan perkiraan biaya nya berapa.trima kasih

  29. Zio
    Zio says:

    Ass,,pa… saya sudah melakukan cabut berkas di samsat tangerang bulan desember 2017,,plat nomer habis di Juni 2017… saya mau mutasi masuk ke samsat bogor…berarti saya hanya bayar pajak nya saja ya?

  30. luthfi hadi
    luthfi hadi says:

    mau tanya, saya pnya motor beli second & mau balik nama, karena pemilik awal domisili bogor kota & saya kab. bogor. apakah persyaratanya sama seperti yg di jabarkan diatas?
    jika ada berkas tambahan apa saja yg diperlukan/diminta di samsat bogor kota (karena mau mutasi ke kab.bogor) ?
    terima kasih.

  31. Eka dwi ningrum
    Eka dwi ningrum says:

    Mau tanya. . Kalo balik nama tp daerahnya masih sama dibekasi tp alamatnya berbeda apakah bisa langsung ke samsat bekasi?

  32. Irfan ApriLiyanto
    Irfan ApriLiyanto says:

    Min.. Saya mau tanya..
    Kalo Denda Pajak BeLum Jatuh Tempo, Apa bisa Ikut mengurusnya.. Lumayan pak.. Terimakasih

  33. Sitti Syafaatin Bbpkh Cinagara
    Sitti Syafaatin Bbpkh Cinagara says:

    Mau tanya kalau pajaknya sudah 4 tahun belum dibayar bagaimana apakah bayar pokoknya aja atau beserta dendanya dan apa saja persyaratannya

  34. Ridwan Munawwar Galuhwiraksa
    Ridwan Munawwar Galuhwiraksa says:

    Assalamualaikum,
    Pak saya baru beli motor tiger th 1996 dr orang Dki jakarta. Pajak kaleng mati sejak 2016, dan pajak stnk mati sejak 2013. Apa bisa ikut program pemutihan ini? Saya ingin balik nama dan dihidupkan lagi pajaknya. Terimakasih

  35. dna
    dna says:

    mohon info pak karena masih awam sekali
    saya akan mutasi/baliknama motor honda vario 150 tahun 2017 yang saya beli di bandung ke kota saya sekarang yaitu jogja.
    rencana mau saya balik nama di bulan juli ini mengikuti program gratis tsb, sedangkan sebenarnya untuk pajak kendaraan motor tersebut baru habis bulan februari 2019 nanti,
    yang mau saya tanyakan berapa kira2 rincian yg harus di keluarkan di samsat bandung dan rincian biaya mutasi masuknya di jogja?
    terima kasih sebelumnya atas jawabnnya,

  36. Indra Buana
    Indra Buana says:

    mohon info nya pak,
    Saya sudah cabut berkas dari samsat cikarang dan akan mutasi ke kuningan. cabut berkas sudah selesai dari Bulan April 2017 dan baru akan di urus mutasi masuk ke kuningan sekarang.
    yang jadi pertanyaan :
    Motor Saya Honda Beat Tahun 2010

    1. Apakah saya masih bisa mutasi ke kuningan dengan berkas yang sudah ada….?
    2. Kira2 berapa biaya mutasinya…?

    Terima kasih.

  37. Ebid surbakti
    Ebid surbakti says:

    Selamat pagi bpk/ibu admin yth..
    Kendaraan roda 4 pertama saya pajaknya sudah kadaluarsa 10 bln. Mohon informasinya apakah masuk kategori pemutihan denda pajak? Apakah pemutihan pajak termasuk denda pajak kendaraan pertama? Atau hanya untuk kendaraan kedua saja? Mohon bantuannya.

    Terima kasih

  38. Tri Dalminto
    Tri Dalminto says:

    maaf pak. ktp sya pindh alamat dr narogong ke rawa lumbu ( Masih satu kelurahan). motornya perlu di mutasi jg ga? kl perlu syarat dn biayanya brp? trimakasih

  39. Hartanto
    Hartanto says:

    Maaf Pak mau Tanya…saya sudah hampir 3 bulan mengurus mutasi balik nama atau cabut berkas.tapi sampai sekarang saya belum ada sms atau panggilan untuk mengambil berkas motor.apakah walaupun belum ada sms atau pemberitauan saya datang ke samsat cibinong apakah bisa di pastikan semua berkas ny sudah selesai semua.atau apakah ada no telfon yang bisa di hub.Plat Motor nya F 4266 GC..dan berapakah kira kira biaya ny semua.Terima Kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Tidak Pak, akan ada biaya PNBP yang harus dibayarkan.

      Selama periode pembayaran 1 juli – 31 agustus 2018 bea baliknama dan denda pajak kendaraan dibebaskan. untuk biaya pnbp dan pajak tetap dibayarkan.

      tks~Arrie

  40. Redy Lesmana
    Redy Lesmana says:

    pa saya mau tanya kan motor saya di stnk nya samsat kab. bandung terus saya mau bbn ke samsat rancaekek nah kira kira gmn pa minta penjelasan nya terimakasih

  41. Awenk Doank
    Awenk Doank says:

    Selamat pagi, maaf saya mau tanya, saya memiliki kendaraan roda 2 atas nama saya pribadi, alamat daerah kab Bogor, sekarang saya sudah pindah ke daerah kab Bandung, sudah memiliki KTP Bandung, Bagaimana cara untuk mengganti alamat dan dikenakan biaya atau dibebaskan? Mohon pencerahanya. Terimakasih.

  42. Qyran Abdillah
    Qyran Abdillah says:

    1. Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tempat kendaraan terdaftar untuk melakukan cek fisik (gesek nomor rangka dan mesin).

    untuk proses yang ini, apakah bisa dilakukan dengan cek fisik bantuan melalui kantor samsat terdekat? di sini tertulis “Samsat Induk”.

  43. Junaidi Abdillah
    Junaidi Abdillah says:

    Saya mau nanya, kebetulan bulan agustus mobil yang saya beli sudah harus ganti STNK, rencana mau mutasi cabut berkas ke bumiayu brebes, untuk estimasi biayanya kira2 berapa ya..?

  44. Fzn
    Fzn says:

    Selamat siang admin, maaf mau bertanya saya hendak membeli motor Honda Matic bekas bandung samsat pajajaran Bandung dengan STNK habis Desember sekarang, ingin menanyakan berapakah kiranya total biaya yang dikeluarkan untuk proses pembuatan STNK baru+ Balik nama+ mutasi ke Daerah Garut? Terima kasih min.

  45. Fajar
    Fajar says:

    Pak maunanya. Sya domisili d Bdg. Sya brncana beli mobil sepupu saya plat B. Dan pajaknya sudah abs Maret kmrn. Apakah sy bs bebas balik nama ? Dan dibebaskan denda pajaknya? Trims

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Bebas biaya Bea Balik Namanya pak, untuk denda pajaknya apabila kendaraan Plat B bapak termasuk ke dalam wilayah Jawa Barat (Bekasi, Depok, Cikarang, Cinere) akan dibebaskan denda pajaknya.

      tks~Hendra

  46. Deni Soekmawaen
    Deni Soekmawaen says:

    Pak kalo kalo balik nama dibekasi kan ke polda metro jaya ngurus bpkbnya kena biaya gak pak?

  47. Dapit Melijana
    Dapit Melijana says:

    Sy br bli mtr second kondisi pjak thunan tlat 1 bln,apakah yg dgratiskan denda ny atau pokokny kertika akan sklian balik nama

  48. An Hendrawan
    An Hendrawan says:

    Mikum pak klo pajak motor mati 8 tahun cara menghitung pembayarannya melalui pemutihan gimana.??

  49. Priagung Budi W
    Priagung Budi W says:

    Asalamualaikum.selamat siang saya abis beli motor di kondisi pajak off lbh dr 5thn apa mash bisa d hidupkan kembali pajaknya pak? Semisalnya msh bisa mau d cabut berkas sekalian..trimaksh

  50. Hardi Suhardi
    Hardi Suhardi says:

    Siang pak
    Mau tanya motor saya plat f bogor kota mau mutasi ke kabupaten bogor sekalian balik nama kena biaya kah sekarangkan ada pemutihan
    Mohon jawaban nya pak

  51. Opik
    Opik says:

    Siang pak..klo mau balik nama kendaraan roda 4.cuman KTP pemilik pertama nya ga ada.. Apa bs di proses tanpa KTP pemilik pertama..? Trimakasih…

  52. Berryl Alif
    Berryl Alif says:

    Selamat Malam.. Saya rencana mw hidupkan pajak mobil saya yg telat 2 tahun sekaligus baliknama. Saya ingin mengetahui estimasi biaya dan sudah mendownload aplikasi SAMBARA di android. Untuk nilai yg tertera pada Info Pajak Kendaraan dan PNBP di aplikasi SAMBARA tsb apakah nilainya sudah termasuk program bebas denda pajak? terimakasih.

  53. Asahrul
    Asahrul says:

    Pagi

    Cara perhitungan balik nama kaya gimana pak??
    Sama biaya cabut berkas brp kira?

  54. warga sw
    warga sw says:

    Mohon penjelasan, saya pindah alamat tempat tinggal ke kecamatan berbeda namun masih dalam satu kota Bandung. Apakah saya wajib melakukan mutasi atas kendaraan bermotor milik saya, ataukah tidak perlu mutasi dan alamat STNK bisa tetap menggunakan alamat kecamatan yg lama? Terima kasih.

  55. Dapit Melijana
    Dapit Melijana says:

    Apakah motor yg sudah tangan ke4 jika dibalik namakan gratis biayanya? Kmudian jika balik nama apakah cetak plat no.kluar baru? Dengan no.yg berbeda dr awalnya

  56. Dwi Aprianto D
    Dwi Aprianto D says:

    Saya mau balik nama mobil jakarta ke bekasi kebetulan sudah habis 5 tahun,
    biaya mutasinya berapa yaa?
    terus sudah telat sekitar 2 minggu dari tanggal berlaku, kira2 kena denda berapa?

  57. YANTO
    YANTO says:

    maaf mau tanya saya kemarin mutasi motor dari cibadak ke sukabumi kota di minta biaya cabut berkas Rp.400.000. saya hanya pengen tau biaya cabut berkas itu berapa?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Untuk mutasi rincian biayanya adalah sbb:
      dikenakan biaya penerbitan Surat Mutasi sebesar R2 Rp 150.000,00 dan R4 Rp 250.000,00 ditambah tunggakan pajak apabila ada.

      tks~Hendra

  58. Andar Sunandar
    Andar Sunandar says:

    Siang pa,Mau tanya, saya mutasi dan Balik nama dari jakarta ke majalengka,sudah cabut berkas dari jakarta sudah lengkap, berkas keluar januari 2018,,
    Sekarang (juli 2018) saya baru mau masukin berkas nya ke samsat majalengka.
    Apakah ada denda fiskal?
    Dan kalau ada kisaran denda nya berapa?

    Tks

  59. YANTO
    YANTO says:

    Kapan samsat kabupaten sukabumi cibadak bebas pungli? Biaya cabut berkas Rp 400.000

  60. Taofiq Hidayat
    Taofiq Hidayat says:

    Cabut berkas dari kab bandung barat ke kab bandung biayanya rp 2 juta . Apa betul mrmang segitu?

  61. Dani Rohendi
    Dani Rohendi says:

    Mohon izin, saya baru beres cabut berkas mutasi keluar dari samsat cimahi.. untuk ke kota bandung langsung ke samsat pajajaran atau ke samsat kiara condong? Soalnya ada 2 versi yg mengarahkan ke 2 tempat itu..

    Alamat saya di kec bojongloa kaler

  62. Okta Diantama
    Okta Diantama says:

    Pak mau tanya, pelat nomor saya sekarang pakai nomor pilihan dan ternyata kalau mau pake nomor itu ada PNBP lagi. Kalau saya sudah tidak mau pakai lagi (pakai nomor biasa) apa yang harus saya lakukan?

    Apakah harus cabut berkas dulu ke Polda dan dinutasi ke bekasi?
    Dan berapa perkiraan biayanya?

    Terimakasih

  63. Alek
    Alek says:

    Sore pak?
    Kemarin saya bbnkb sepedamotor
    di samsat rancaekek.
    plat nomor sama stnk baru langsung kebawa pulang. Tapi bpkb harus nunggu sebulan lagi dan harus di ambil ke soreang.
    Pertanyaan saya
    Apa yang bbn harus ambil bpkb nya ke soreang semunya pak
    Terimakasih…

  64. sadhu vidyadharma
    sadhu vidyadharma says:

    selamat pagi Pak..
    mau tanya mengenai program BEBAS nya untuk kendaraan R2..
    kalo masa stnk kendaraannya telah habis di 2015, apakah masih bisa diproses pak dengan program BEBAS ini?
    terima kasih sebelumnya.

  65. Raul Ganteng
    Raul Ganteng says:

    Mantap program Pembebasan Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Denda Pajak Kendaraan Bermotor nya pak, kalau bisa diperpanjang pak supaya banyak yang bayar pajak. Terima kasih

  66. My Masking
    My Masking says:

    Salam Pak Admin

    Motor saya STNK mati dan Plat mati. Hendaknya balik nama (asli Sumatra, motor beli dgn surat2 bekasi). Kira2 prosedur yg harus didahului apa ya?.

    Terima Kasih

  67. Arie Rizky R
    Arie Rizky R says:

    Dear mimin samsat

    Mau tanya perihal balik nama R2
    Jika sebelumnya saya sudah membayar pajak pada bulan februari 2018 dan ingin ikut program pemutihan bebas bea balik nama pada bulan juli-agustus sekarang, kira-kira berapa biayanya min?
    Atau rinciannya saja.
    Terima kasih

  68. Doni Ido
    Doni Ido says:

    Saya mau balik nama, tp skpd nya ga ada (cuma ada ftokopi) kata pemilik pertama di tahan di samsat,
    Apa bisa di proses?

    • Dicky
      Dicky says:

      Min mau tanya kalau plat Bekasi kota ke plat Kuningan Jabar itu bagaimana proses nya…
      Di mutasi dulu cabut berkas apa Uda langsung bisa baliknama di Kuningan.
      Mohon info nya…
      Terimakasih.

  69. Dicky
    Dicky says:

    Min mau tanya kalau plat Bekasi kota ke plat Kuningan Jabar itu bagaimana proses nya…
    Di mutasi dulu cabut berkas apa Uda langsung bisa baliknama di Kuningan.
    Mohon info nya…
    Terimakasih.

  70. Hamzah
    Hamzah says:

    Mimin Samsat yang baik

    Mau tanya, saya bei kendaraan bekas bulan Juli ini, dan pajaknya sudah dibayarkan di bulan Maret 2018 kemarin. Karena ada program bebas biaya BBN ke2, apakah nanti ketika proses BBN tetap bayar pajak kendaraan untuk tahun berikutnya juga? dan biaya apa saja yang tetap harus bayar? Terima kasih.

  71. Iis Novitasree Amayanger
    Iis Novitasree Amayanger says:

    Maaf min tanya, saya kan mau mutasi dari jakarta kebogor, dari jakarta nya saya udah dapet berkas bulan januari. Tp belum dilanjut ke bogor. Kalau ingin mutasi k bogor nya apa harus ke jakrta lagi urus ulang berkas apa langsung k bogor nya?? Terima kasih sblm nya

  72. Chandra
    Chandra says:

    Selamat siang proses pencabutan berkas untuk mutasi terlalu lama yang memakan 30 hari kerja. Bagaimana bisa mengikuti program tersebut kalo memang memakan waktu tersebut. Mohon untuk dapat dipercepat proses tersebut dan bisa menguntungkan banyak pihak. Terima kasih

  73. Wandi
    Wandi says:

    Selamat pagi,maap kalau biaya bbn dan cabut berkas roda dua dariv kota bandung ke kota tasik emang biaya nya habis 600 itu belum termasuk pajak

  74. Uci_77
    Uci_77 says:

    Mau tanya karena saya mengurus sendiri jadi g tau bagaimana caranya..berapa biaya balik nama ganti plat nomor motor .pajak berakhir bulan september 2018 udah bayar plat nomor motor habis bulan 09- 2018.mau balik nama ganti plat nomor di samsat bandung.biaya berapa ya min.mohon infonya.teimakasih

  75. Aprelio Adha
    Aprelio Adha says:

    Selamat pagi pak. Saya ingin bertanya untuk alur agar saya bisa mengikuti balik nama gratis di program Jabar itu prosesnya bagaimana?jika saya motornya itu berplat Jawa timur tepatnya Mojokerto, tapi skrng saya kuliah di solo. bagaimana alur yang harus saya lalui agar bisa ikut program balik nama gratis di Jawa barat. Kebetulan motor saya sudah waktunya bayar pajak besok tanggal 10 Agustus.

  76. Tardo St
    Tardo St says:

    Min saya mo nanya, saya sudah cabut berkas dari cianjur ke Bogor. Berapa lama waktu maksimal setelah cabut berkas datang ke Samsat Bogornya sehubungan waktunya blm dapat jatah libur?
    Terima kasih min

    • Sepnat Haumahu
      Sepnat Haumahu says:

      1 bulan setelah pengajuan di cianjur, nnti balik lagi ke samsat pengajuan utk ambil berkasnya dan di bawa ke bogor.

  77. Asep Nandang
    Asep Nandang says:

    Maaf, pak saya mau tanya, apa kalau mutasi masuk ada biaya mutasi masuk nya ga pak? Soalnya pas saya mau mutasi masuk di minta 150rb, katanya biaya mutasi masuk, dan di minta datang lagi seminggu kemudian. Apa benar itu pak? Terima kasih

  78. Aris
    Aris says:

    Selamat sore, mau bertanya untuk Pembayaran pajak 1th online, terlambat 1 th, yg th 2017 belum dibayar, apakah tetap mendapatkanmpenghapusan denda juga? Lalu motor saya terdaftar di samsat kabupaten bandung, apakah untuk penukaran bukti Pembayaran pajak online menjadi surat pengesahan pajak tahunan bisa dilakukan di samsat kabupaten bandung barat?

  79. kuswardhana setiabudhi
    kuswardhana setiabudhi says:

    Selamat siang… Mohon info bbn ke luar dari banten apakah mendapatkan bebas denda.twrima kasih

    • Sepnat Haumahu
      Sepnat Haumahu says:

      waktu cabut berkasnya pasti ada pajak yg blm di bayarkan.. nah yg pokoknya tetap, tp perhitungan dendanya di hapus

      • kuswardhana setiabudhi
        kuswardhana setiabudhi says:

        Berarti untuk mutasi ke luar daerah bisa bebas denda ya pak. Dlm hal ini mau dimutasikan ke jateng

        • Sepnat Haumahu
          Sepnat Haumahu says:

          yg di byr pajak berjalannya aja wktu di banten ( denda hapus ), sisa pajak di bayar di jateng.
          biaya cabut berkas roda 2 150rb. roda 4 250rb

      • kuswardhana setiabudhi
        kuswardhana setiabudhi says:

        Mohon info untuk biaya bisa pak. Nopol A 1715 HS. Honda jazz th 2005. Saya coba check pake app sambara tidak muncul. Terima kasih

  80. Harry Darsono
    Harry Darsono says:

    bbn dan pajak tertinggal satu periode honda revo habis900 rbyg bebas biayanya yg mana?

  81. Doddy Rochyadi
    Doddy Rochyadi says:

    Mohon info… berapa lama proses mutasi masuk di samsat induk sampai dengan terbit rekomendasi ke samsat yg ditunjuk, shg bisa mengikuti program B B N gratis ini. Tks.

  82. Derry Prasetyo
    Derry Prasetyo says:

    Selamat malam pak.. Mohon pencerahannya, apakah saya tetap bisa balik nama kendaraan R2 dr kabupaten ke Kodya tanpa KTP si pemilik pertama? Soalnya setelah saya datangi rumahnya, beliau sudah pindah rumah, dan kata tetangganya beliau pindah keluar kota. Sedangkan kendaraan yg saya beli dr beliau dgn keadaan pajak off -+5 Tahun + Pelat Nomor. Rencana minggu depan saya mau urus2 semuanya ke samsat rancaekek. sekalian balik nama. apakah ada yg bisa bantu? Atas kendala yg saya alami (tanpa KTP pemilik pertama). Terima kasih banyak

  83. Ezwa
    Ezwa says:

    Slamat siang pak. Mau nanya jika PKB sudah dibayar bulan maret 2018, trus bulam Mei 2018 mau balik nama, STNK sd 2019, apakah nantinya harus bayar lagi pajak atau pkb selama setahun?

    Tolong pencerahannya pa.
    Terimakasih.

  84. Dwi Kartika Sari
    Dwi Kartika Sari says:

    hallo pak , saya mau balik nama kendaraan roda dua, pemilik pertama ktp kabupaten akan balik nama ke ktp kota bandung. saya harus ke samsat yang mana ya pak?? kabupaten atau kota?? mohon penjelasannya terimakasih

  85. Ita Rasyid
    Ita Rasyid says:

    Mhon petunjuk pak.. klw untuk biaya bpkb pas balik nama ny di loket bpkb kena biaya tidak ya.. untuk kendaraan roda 2

Comments are closed.