Sekretariat
Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat

Tugas dan Fungsi

Sekretariat Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat

Adapun Fungsi Sekretariat Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Barat No. 80 Tahun 2016 mengenai Tugas Pokok, Fungsi, Rincian Tugas Unit dan Tata Kerja Badan Pendapatan Provinsi Jawa Barat adalah meliputi sebagai berikut :

  1. Penyelenggaraan koordinasi, menghimpun, dan pengkajian  bahan  kebijakan teknis bidang keuangan aspek pendapatan daerah, yang dilaksanakan oleh Bidang-Bidang;
  2. Penyelenggaraan, perencanaan dan pelaporan, pengadministrasian keuangan dan aset, kepegawaian dan umum;
  3. Penyelenggaraan evaluasi dan pelaporan Badan; dan
  4. Penyelenggaraan fungsi lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

S edangkan Tugas Sekretariat Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pengkajian program kerja Sekretariat dan Badan;
  2. Menyelenggarakan koordinasi pengkajian dan menghimpun bahan kebijakan teknis bidang keuangan aspek pendapatan daerah, yang dilaksanakan oleh Bidang-Bidang;
  3. Menyelenggarakan perencanaan dan pelaporan;
  4. Menyelenggarakan pelayanan administrasi keuangan, meliputi penganggaran, penatausahaan, serta pengelolaan sistem akuntasi, dan pelaporan keuangan serta pengelolaan aset Badan;
  5. Menyelenggarakan pelayanan administrasi kepegawaian meliputi pengusulan formasi, mutasi, pengembangan karir dan kompentensi, pembinaan disiplin, kesejahteraan pegawai serta pensiun pegawai Badan dan PPPD serta PLOPD;
  6. Melaksanakan koordinasi, pembinaan dan pengendalian teknis pada Bidang-Bidang, PPPD dan PLOPD;
  7. Menyelenggarakan pelayanan administrasi kepegawaian untuk pegawai non PNS Badan;
  8. Menyelenggarakan pelayanan administrasi umum dan perlengkapan meliputi ketatausahaan, kerumahtanggaan, pengelolaan barang/aset, kehumasan, pengelolaan dan pelayanan sistem informasi, keprotokolan, serta pengelolaan perpustakaan dan kearsipan Badan;
  9. Menyelenggarakan fasilitasi Pelayanan Informasi Publik;
  10. Menyelenggarakan pengkajian bahan dan pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan;
  11. Menyelenggarakan koordinasi dan mengolah bahan tindak lanjut Laporan Hasil Pemerikasaan lingkup Badan;
  12. Menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  13. Menyelenggarakan koordinasi penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan lingkup Badan;
  14. Menyelenggarakan pengolahan bahan pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kesekretariaatan, PPPD dan PLOPD;
  15. Menyelenggarakan pengendalian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Sekretariat;
  16. Menyelenggarakan evaluasi dan pelaporan Sekretariat dan Badan; dan
  17. Menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

S ekretariat Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat membawahkan:

  1. Subbagian Umum dan Perlengkapan;
  2. Subbagian Keuangan Aset; dan
  3. Subbagian Kepegawaian.

Profil

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat

Drs. H. Wahyu Mijaya, SH, M.Si

Menjabat sebagai Sekretaris Badan Pendapatan Provinsi Jawa Barat pada 1 April 2016 sampai sekarang.

Wahyu Mijaya merupakan lulusan Diploma IV Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (1995), Sarjana Hukum Tata Negara Universitas Indonesia (2000), Sarjana Pemerintahan di Institut Ilmu Pemerintahan (2000) dan Program Magister Administrasi Publik Universitas Padjajaran (2009). Perjalanan karirnya di mulai sebagai Kepala Subbagian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi pada Bagian Pemberdayaan Masyarakat Biro Pengembangan Sosial Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat (2003) dan pernah dipercaya sebagai Kepala Subbagian Kerjasama Eksternal Provinsi pada Biro Desentralisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat (2007), Sekretaris Pribadi Gubernur Jawa Barat Kepala Subbag Kerjasama Eksternal (2008), Sekretaris Pribadi Gubernur Jawa Barat pada Subag TU Bagian Protokol, TU dan Kepegawaian Biro Humas, Protokol dan Umum (2009), Kepala Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah XXVI Garut di Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat (2010), Kepala Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Garut di Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat (2011), Kepala Bidang Pengembangan Karir di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat (2011) dan Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat (2016) yang dijabat hingga kini.