Samsat Masuk Desa

Demi memudahkan pelayanan dalam pengurusan pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK), serta pembayaran pajak kendaraan bermotor, Bapenda Jabar memberikan pelayanannya hingga ke desa-desa.

Program Samsat Masuk Desa (SAMADES ) ini merupakan inovasi layanan pemungutan pajak kendaraan bermotor dengan cara menjemput ke desa yang selama ini jauh atau tidak terjangkau dari Kantor Samsat induk dan Samsat Keliling. Untuk Samsat Masuk Desa, akan ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau masyarakat yakni kantor lurah, desa, camat dan balai desa pertemuan warga yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

Kini para wajib pajak tidak harus datang ke Kantor Samsat Induk, cukup membayar pajak di Samsat Masuk Desa (Samades) yang buka setiap hari kecuali hari libur.

Maksud dan Tujuan

Maksud :
Memberikan kemudahan pelayanan dalam pembayaran PKB Untuk Pengesahan STNK Setiap Tahun kepada warga di pelosok pedesaan.

Tujuan :
Untuk memberikan kemudahan bagi para wajib pajak yang berdomisili di wilayah pedesaan yang lokasinya jauh dari Kantor Pelayanan Samsat.

Syarat dan Ketentuan

  1. Identitas / Tanda jati diri Asli Pemohon/Pemilik yang sah.
  2. STNK Asli.
  3. Bukti Pelunasan PKB dan SWDKLL (SKPD telah divalidasi) tahun terakhir.

Lokasi Pelayanan

  1. Desa Cogreg, Parung, Kab. Bogor.
  2. Desa Patrol, Kec. Sukra, Kab. Haurgeulis Indramayu.
  3. Desa Ciganjen, Kec. Padaherang, Kab. Pangandaran.