Melalui e-Samsat, Waktu dan Tempat Tidak Menjadi Halangan untuk Membayar PKB

Electronic Samsat atau biasa disingkat e-Samsat merupakan sebuah terobosan yang dikembangkan oleh tim pembina samsat Jawa Barat (Dispenda Jabar, Polda Jabar, dan PT. Jasa Raharja) guna mempermudah Wajib Pajak (WP) untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor di wilayah hukum Jawa Barat. Selain itu, layanan e-Samsat  Jabar juga diharapkan dapat mengurangi kontak langsung antara WP dengan petugas samsat sehingga praktik percaloan dan pungli dapat dihindari.

Sistem e-Samsat  Jabar pertama kali diresmikan pada bulan November tahun 2014 lalu dimana pada awalnya e-Samsat  Jabar hanya dapat digunakan pada mesin ATM milik Bank BJB. Karena pada saat itu tim pembina samsat Jabar baru bekerja sama dengan Bank BJB sebagai Bank persepsi. Pada akhir bulan April 2016 tim pembina samsat Jabar meresmikan kerjasamanya dengan dua bank swasta besar yang beroperasi di seluruh Indonesia yaitu bank BCA dan bank BNI.

Dengan bertambahnya jumlah bank yang bekerjasama dengan tim pembina samsat Jabar untuk menerima setoran pembayaran pajak kendaraan bermotor di wilayah hukum Jawa Barat diharapkan dapat memberikan WP kemudahan, kecepatan, proses pembayaran yang lebih praktis dan fleksibel serta terhindar dari praktik percaloan. Bila Anda datang ke kantor samsat, samsat outlet, atau samsat drive thru maka Anda harus mengikuti hari dan jam kerja yang telah ditentukan agar dapat membayar pajak kendaraan Anda. Beda halnya apabila Anda membayar pajak kendaraan melalui e-Samsat  Jabar dimana Anda dapat membayar pajak kendaraan Anda melalui mesin ATM bank BJB,  BCA, dan BNI selama 24/7 (24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu) tidak ada istilah tutup atau libur. Dengan jumlah mesin ATM ketiga bank yang lebih dari 30 ribu buah dan tersebar di seluruh Indonesia, maka seharusnya WP akan lebih mudah dalam melaksanakan kewajibannya membayar pajak kendaraannya sehingga tidak ada istilah males, tidak waktu, ngantri, dan alasan-alasan klasik yang sering digunakan ketika kita sedang enggan untuk melaksanakan kewajiban kita.

Untuk dapat menggunakan layanan e-Samsat  Jabar ada sembilan persyaratan yang harus Anda penuhi, yaitu :

1. Wajib Pajak  Dengan  Data Kepemilikan Kendaraan yang Sesuai Dengan  Data  yang ada dalam server samsat Dispenda  Jabar.

2. Kendaraan tidak dalam status blokir Ranmor/ blokir data kepemilikan.

3. Wajib Pajak memiliki telpon dan nomor seluler yang aktif.

4. Wajib Pajak Memiliki Nomor Rekening Tabungan dan Kartu ATM di Bank BJB atau Bank BNI atau Bank BCA dengan identitas yang sama dengan data kendaraan dimaksud.

5. Kendaraan yang dapat didaftarkan ulang adalah kendaraan yang NIK/No.KTP pemiliknya sama antara yang terdaftar di server samsat dan di Rekening Bank BJB atau Bank BNI atau Bank BCA.

6. Berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang 1 (satu) tahun.

7. Tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK 5 tahun.

8. Masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari 6 bulan dari masa jatuh tempo.

9. Wajib pajak adalah perseorangan (bukan badan usaha/yayasan/badan sosial).

Jika dahulu Anda harus mengirimkan sms terlebih dahulu untuk mendapatkan kode bayar yang digunakan ketika melakukan pembayaran di mesin ATM, saat ini ada cara lain untuk membayar pajak kendaraan tanpa menggunakan kode bayar melainkan menggunakan masa berlaku pajak yang dapat Anda lihat di lembaran SKPD Anda. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana membayar menggunakan mesin ATM BJB, BNI, dan BCA dapat Anda lihat di http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/

Sebagai WP kendaraan bermotor sudah selayaknya Anda memilih satu dari berbagai layanan yang disediakan oleh pemerintah provinsi Jawa Barat untuk mempermudah Anda dalam melaksanakan kewajiban Anda. Apapun pilihan layanan Anda untuk membayar pajak kendaraan bermotor yang perlu diingat adalah bahwa sebagian dana dari pajak kendaraan bermotor yang Anda bayarkan setiap tahunnya digunakan untuk pembangunan dan atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum di Kabupaten/Kota dimana kendaraan anda terdaftar.

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.

100 balasan
  1. Julius
    Julius says:

    Selamat Siang, Per hari ini saya sudah mencoba untuk esamsat melalui atm bca dan bri hasilnya gagal. bisa dibantu tidak pak.. No Pol. B 3252 EBC kode bayar 3210102605170013 terimakasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Mohon dipastikan NIK pemilik rekening sudah sama dengan NIK pemilik kendaraan sesuai dengan data yang terdaftar di kantor Samsat.

      Tks~Arrie

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Mohon maaf pak, apa bisa dicoba di mesin ATM yang lain dan dipastikan saldo rekening mencukupi. Karena pada sistem kami tidak ada masalah (WP yang lain dapat melakukan pembayaran pajak melalui e-Samsat secara lancar).

            Tks~Arrie

          • Julius
            Julius says:

            saya sudah coba di dua tempat atm bca yg berbeda dan 1 lokasi bri.. tetap sama pak.. untuk saldo tersedia pak.. sy coba kembali mlm ini. terimakasih

  2. Afgyy Widya
    Afgyy Widya says:

    Selamat Siang, saya mau bayar PKB dan motor saya Plat L tetapi posisi motor saya ada di Bandung. apa saya bisa bayar PKB di daerah Bandung dan sekitaranya ?

  3. awan89Aone
    awan89Aone says:

    selamat siang Pak,
    saya sms kode bayar dengan format esamsat MH3RG1810GK186176 1208162901890003
    dapet balasan begini nik sms = 1208162901890003 nik samsat = 3271062901890003 perbiki data nik anda ke samsat.

    apakah harus daftar di e-samsat dulu atau bagaimana?
    tolong bantuannya, Terimakasih.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      NIK pemilik rekening berbeda dengan NIK pemilik kendaraan. salah satu syarat menggunakan eSamsat adalah NIK pemilik rekening maupun NIK pemilik kendaraan harus sama. Silahkan disesuaikan NIK sesuai dengan NIK KTP saat ini di bank

      Tks~Arrie

  4. Eko Ristiyanto
    Eko Ristiyanto says:

    Saya sudah melakukan prosedurnya semua sesuai mobil dan rek BNI sudah sesuai dan dapat balasan kode bayar sekian sekian..saat transaksi di ATM BNI ..tidak dapat diproses transaksi jam 21an malam..kenapa ya?

    • Eko Ristiyanto
      Eko Ristiyanto says:

      No pol B 1896 KJG saat sms gateway dapat balasan jumlah dan kode bayar tetapi saat bayar atm bni transaksi tidak bisa diproses..kenapa ya

      • Bapenda Jabar
        Bapenda Jabar says:

        Kemungkinan besar karena pada jam tersebut telah berlangsung proses tutup buku harian dari bank Pak. Alangkah baiknya jika transaksi eSamsat digunakan selain pada waktu jam tutup buku harian bank.

        Tks~Arrie

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Maksud kami adalah, tutup buku harian dari pihak bank adalah pukul 21.00 WIB sampai dengan 03.00 WIB keesokan harinya. Pada jam tersebut terjadi pemeliharaan sistem dari pihak bank.

            Mengenai informasi ini silahkan hubungi langsung customer service bank BNI nya Pak agar jawabannya lebih tepat.

            Tks~Arrie

  5. Ai Lilis Majmulah
    Ai Lilis Majmulah says:

    Pakai ATM BRI juga bisa kan? Saya kirim SMS tapi ga ada balasan.. pake kode dr masa berlaku nggak bisa diproses kata mesin ATM nya.. mhon bantuannya

  6. AJ'eng Rahmat Sutardi
    AJ'eng Rahmat Sutardi says:

    Mohon bantuanya…sudah coba kirim sms ke nomor yang dimaksud untuk mendapatkan kode pembayaran tapi balasanya “DUPLIKASI NO.RANGKA, LAKUKAN PEMBAYARAN DI SAMSAT INDUK” maksudnya bagaimana ya?terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Silahkan datang ke kantor samsat induk dimana kendaraan terdaftar Pak, dengan membawa persyaratan seperti STNK, KTP, dan BPKB asli dan datangi loket informasi

      Tks~Arrie

  7. Yopi Sulisyono
    Yopi Sulisyono says:

    Saya ingin tanya, kenapa pas saya ingin bayar pajak kendaraan lewat ATM terdapat tulisan “Kode Bayar Tidak Terdaftar”, apa maksudnya hal tersebut?
    mohon penjelasannya, terimakasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Mohon untuk memastikan data NIK pemilik kendaraan yang terdaftar di kantor samsat sudah sama dengan data NIK pemilik rekening yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran melalui esamsat.

      Tks~Arrie

  8. Claudya Huang
    Claudya Huang says:

    Saya dari kemarin mau bayar di atm bca, sudah dapat kode bayar juga dari aplikasi sipolin tp tetep ga bisa, di layar tertulis transaksi tidak dapat diproses. Kenapa ya?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. untuk Sipolin saat ini baru dapat digunakan oleh nasabah bank bjb yang kendaraannya terdaftar di Polda Jabar.

      Mohon untuk memastikan data NIK pemilik kendaraan yang terdaftar di kantor samsat sudah sama dengan data NIK pemilik rekening yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran melalui esamsat.

      Tks~Arrie

  9. Farhan Hafiz
    Farhan Hafiz says:

    Saya sudah mendapatkan sms balasan yang berisikan kode bayar atm BCA. Namun sama seperti yang lain, pada saat pembayaran tertulis “Kode bayar tidak terdaftar,”. Solusinya bagaimana ya?

  10. Yopi Sulisyono
    Yopi Sulisyono says:

    Saya sudah kirim sms esamsat, akan tetapai balasan smsnya tidak ada informasi mengenai jenis kendaraan saya?
    dan saya telat untuk membayar pajak karena cuti bersama lebaran, apakah saya masih bisa bayar pajak melalui atm??
    Terimkasih,

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Tidak bisa Pak, apabila data pemilik sudah sesuai maka balasan sms akan berisi kode bayar yang dapat digunakan untuk membayar PKB via ATM.

      Sebaiknya Bapak ke kantor samsat induk untuk melakukan pengecekan dan melakukan update data kendaraan.

      Tks~Arrie

  11. Kanjeng Oegik
    Kanjeng Oegik says:

    Kode bayar tdk bisa dimasukan ke atm BRI..
    Dgn pesan
    Maaf transaksi anda tdk dpt di proses
    Padahal masa berlakunya masih ada

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Apakah sudah dicoba pada mesin BRI yang lain Pak? dan mohon untuk dipastikan mesin ATM merupakan mesin ATM BRI bukan mesin ATM Link atau ATM Bersama

      Tks~Arrie.

  12. Kanjeng Oegik
    Kanjeng Oegik says:

    PKB POK Rp.1194400 PKB DEN Rp.0 SWD POK Rp.143000 SWD DEN Rp.0 PNBP Rp.50000 JML Rp.1387400 BRLK : 08-07-2017 KD BYR: 3210200807170025

    Kode bayar dr esamsat tp transaksi tidak bisa di proses di atm BRI,mohon pencerahannya terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Apakah sudah dicoba pada mesin BRI yang lain Pak? dan mohon untuk dipastikan mesin ATM merupakan mesin ATM BRI bukan mesin ATM Link atau ATM Bersama.

      Tks~Arrie.

      • Kanjeng Oegik
        Kanjeng Oegik says:

        sudah kami coba 3 lokasi yang berbeda
        1. di atm BRI Cibinong , Jl. Mayor Oking
        2. Di ATM Sentul City (Giant)
        3. Di ATM Kementerian Keuangan Jl. Wahidin No1 Jakarta Pusat
        semuanya tidak bisa dengan pesan ” MAAF TRANSAKSI ANDA TIDAK DAPAT DIPROSES”

        akhir nya saya mengajukan secara manual, dengan resiko kena denda

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Apakah nomor F 1462 R sudah benar pak ?

            Bisa mohon di informasikan nomor rangka atau nomor mesin kendaraan untuk kami lakukan pengecekan.

            Tks~Arrie

          • Kanjeng Oegik
            Kanjeng Oegik says:

            Sudah benar pak….
            F-1462-R
            Nomor rangka : KNAUP7523Y6126765

            No Mesin : K5013161

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Pada data kami untuk nopol diatas belum ada tanda telah melakukan transaksi E-Samsat. Mohon dipastikan bahwa mesin ATM nya milik BRI bukan mesin BRI Link Pak.

            Tks~Arrie

          • Kanjeng Oegik
            Kanjeng Oegik says:

            Iya memang betul kami belum transaksi ke E-samsat

            Justru itu yang kami tanyakan …knapa kami tdk bisa masuk ke Aplikasi di ATM, padahal kami sdh dapat kode bayar via SMS, dan ketika saya masukkan ke ATM BRI (Bukan ATM yang lainnya) tdk bisa, bahkan kami sampai 3 lokasi ATM BRI semuanya tdk bisa( sdh sy jelaskan pada uraian diatas, perlu diketahui waktu itu tgl 6 Juli 2017 sdh kami lakukan sampai dengan mengirim SMS dengan fornat yg sdh ditentukan,

            beberapa kali SMS juga dikatakan no NIK salah, tapi akhirnya berhasil karena sy kirim ber ulang ulang, nah setelah mendapatkan kode bayar baru kami lakukan pembayaran melalui ATM BRI( 1 ATM sy lakukan berkali2, sampai pindah2 ATM) hasilnya tetap tdk bisa dengan pesan ” MAAF TRANSAKSI ANDA TIDAK DAPAT DIPROSES”

            dan kami sempat putus asah , harapan saya wkt menggunakan pembayaran online agar tdk terlambat dan praktis tdk antri …..tapi di kenyataannya ATM di BRI selalu gagal, akibatnya kami lakukan pembayaran secara manual dan terkena DENDA,

            semua data waktu terima SMS sdh benar, dan kami punya foto di ATM BRI nya, mungkin itu sekedar koreksi di ATM BRI nya mengapa hal itu bisa terjadi, mohon maaf apabila ada kata2 yg tdk berkenan, ini semua demi kelancaran sistem di ATM BRInya

  13. Iman Nurzaman
    Iman Nurzaman says:

    Saya sudah kirim sms dan mendapat kode bayar. Tapi di atm BRI kode bayar tidak terdaftar.
    Sudah coba kirim sms lagi dan mendapat kode bayar lain, tetap dikatakan tidak terdaftar.
    Sudah coba mesin atm BRI yang lain, masih tetap dikatakan tidak terdaftar.

    Mohon bantuannya.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Biasanya NIK pemilik kendaraan yang terdaftar di samsat berbeda dengan NIK pemilik rekening tabungan yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran Pak.

      Silahkan dikonfirmasikan kepada customer service Bank BRI NIK pemilik rekening.

      Tks~Arrie

      • Iman Nurzaman
        Iman Nurzaman says:

        NIK di Samsat dan rekening sudah sama, Pak.

        Setelah mencoba lagi ATM di 6 lokasi berbeda, tetap saja, “Kode Bayar Tidak Terdaftar”.
        Mungkin ada faktor X. :D
        Akhirnya, antri manual di Samsat juga.

        Terima kasih atas inovasi dan responnya. Semoga nantinya dapat lebih lancar.

  14. Novianto wisnu
    Novianto wisnu says:

    PKB POK Rp.155800 PKB DEN Rp.0 SWD POK Rp.35000 SWD DEN Rp.0 PNBP Rp.25000 JML Rp.215800 BRLK : 12-07-2017 KD BYR: 3210101007170003

    “Transaksi tidak dapat dilakukan” via atm bca, mohon bantuannya. Terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Apakah sudah dicoba di mesin ATM lain? dan mohon dipastikan NIK pemilik rekening sama dengan NIK pemilik kendaraan yang terdaftar di kantor samsat.

      Tks~Arrie

      • Novianto wisnu
        Novianto wisnu says:

        Sudah saya coba dibeberapa mesin atm bca dan tetap tidak bisa.rekening bca dan stnk atas nama saya sendiri

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          Nomor Induk Kependudukan yang tertera di KTP pak, apakah sudah sama antara data di samsat dengan data di bank ?

          Mohon di informasikan Nopol kendaraan untuk kami cek NIK nya.

          Tks~Arrie

  15. ester nugraheni
    ester nugraheni says:

    Saya mohon info nya untuk duplikasi no rangka maksudnya gimana ya? Estimasi biaya untuk B2042SKU no rangka MHKM5EA2JGK002819, berapa? Supaya bisa byr online harus namapemilik nik ya? Terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      NIK pemilik kendaraan yang terdaftar di samsat harus sesuai dengan NIK pemilik rekening tabungan Bu. Sebaiknya ke kantor samsat induk untuk memperbaharui data Bu. Bu apakah kendaraan dalam proses mutasi atau dalam proses balik nama ?

      Tks~Arrie

  16. ester nugraheni
    ester nugraheni says:

    Rencana mutasi tapi masih ktedit apakah bisa? Samsat induk di jakarta? Terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Tidak bisa bu karena salah satu persyaratan adalah disertakannya BPKB.

      untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi loket informasi di kantor samsat induk

      Tks~Arrie

  17. ian faisal
    ian faisal says:

    Mohon bantuannya saya sudah mengirim sms dan mendapatkan kode bayar namun setelah saya ingin melakukan pembayaran di atm BCA, namun muncul “Transaksi tidak dapat dilakukan”
    saya sudah cek NIK di rekening BCA sama dengan NIK yang terdaftar di kendaraan , dan saya sudah coba di 3 mesin ATM yang berbeda, dan melakukan transaksi di jam 12.00 saat sistem tidak istirahat, bagaimana solusinya?
    berikut NIK yang terdaftar 3275024604890010

  18. Gandi Prabu Menara
    Gandi Prabu Menara says:

    Bisakah saya mengajukan penggantian NIK secara online? Kalo bisa kemana?
    untuk kendaraan R2 saya, NIK di samsat tertulis NIK milik ayah (padahal di STNK dan BPKB tertera jelas nama saya).
    Terlalu lama prosesnya kalo harus datang ke samsat, mungkin cukup kirim soft file NIK saya.

  19. Riko Permana
    Riko Permana says:

    Saya berniat mengajukan penggantian NIK yang terdaftar di samsat agar sama dengan NIK KTP dan NIK yang terdaftar di Bank BCA. Apakah memungkinkan untuk dilakukan secara online?
    Jika bisa, apa saja softfile yang harus saya lampirkan? Mohon bantuannya, terima kasih.

  20. arya
    arya says:

    Selamat pagi pak,saya sudah pernah coba SMS untuk mengetahui besaran PKB yang harus saya bayar tetapi blm dpt balasan hingga sekarang . Boleh tolong dibantu untuk Honda CBR 150 R No Polisi F 2616 BY , berapakah besar nya pajak yang harus saya bayar berikut dengan denda dll ? Terima kasih bantuan nya dan mohon jika berkenan segera di balas . salam

  21. Heny Christianti
    Heny Christianti says:

    apakah no pemilik nomer tlp yang aktif harus wajib pajak yang bersangkutan? karena tadi sudah di coba via ATM BCA dan ada keterangan “TAGIHAN SUDAH TERBAYAR”, padahal saya baru dpt sms untuk jumlah yang harus dibayar. mohon bantuanya..

  22. Ima Mustaqima
    Ima Mustaqima says:

    Pak, tadi saya mau bayar via ATM BNI saya sudah masukan kode provinsi+kode bayar sudah di cek berulang kali tapi akhirannya “maaf data tidak tersedia”. Saya request sms lagi biar dapet kode bayar baru tetep aja data tidak tersedia. Masalahnya dimana ya pak?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Apakah kendaraan terdaftar di wilayah Polda Metro Jaya (bekasi, cikarang dan Depok)? Bila ya, mohon maaf selain nasabah bank bjb saat ini tidak dapat menggunakan layanan E-Samsat jabar.

      Tks~Arrie

  23. Rabiatul Addawiyah
    Rabiatul Addawiyah says:

    Pak mau tanya, saya mau bayar pajak tahunan, sudah sms untuk mendapatkan kode bayar, setelah mendapatkam kode bayar, saya mau melakukan transaksi dengan e-banking bjb, namun setelah saya ketik disitu tertulis “Tidak Ada Tagihan” itu kenapa ya pak?

  24. Bulan Wajar Ayu
    Bulan Wajar Ayu says:

    Pak saya mau tanya, baru saja saya mau bayar pajak tahunan di atm bca. Tetapi ketika saya masukan kode bayar ada keterangan “transaksi ini tidak dapat dilakukan” saya tanya ke teller katanya code billing nya ga terdaftar. Itu kenapa ya pak? Mohon secepatnya di infokan ya. Terimakasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Apakah kendaraan terdaftar di wilayah Polda Metro (Bekasi, Cikarang, dan Depok) ? Bila iya, mohon maaf saat ini hanya nasabah bank bjb saja yang dapat menggunakan layanan e-Samsat Jabar.

      Tks~Arrie

  25. Irwin Simanjuntak
    Irwin Simanjuntak says:

    Mohon bantuannya bapak bapak ibu ibu untuk penjelasannya, karna baru saja mencoba dan gagal, lalu membaca beberapa komentar di bawah, jadi apakah untuk wilayah bekasi tidak bisa menggunakan fasilitas ini?

      • Irwin Simanjuntak
        Irwin Simanjuntak says:

        baik Pak, saya bayar langsung saja ke samsat bekasi yang baru.. :)
        Mohon pemberitahuannya pada websitenya pak supaya calon pembayar tidak bingung Pak.
        Juga pemberitahuan bila nanti nasabah Bank lain sudah bisa membayar melalui layanan e-samsat ini. Tks

  26. I Made Sugi Ardana
    I Made Sugi Ardana says:

    Saya sudah mendapatkan kode bayar: 3210110310170001 tetapi tidak bisa pada saat dicoba di ATM BCA

  27. Firman
    Firman says:

    Saya sudah membayar pajak melalui atm BRI, transaksi berhasil, tapi strucknya tidak keluar, apakah bisa dicetak ulang strucknya, dan apabila saya mau menukar dengan SKPD asli, bisakah dilakukan di Outlet samsat Mall BTM.

  28. Hanief Primantya
    Hanief Primantya says:

    Mohon ijin..kalau tidak memiliki rekening bank diatas apa tidak bisa mengurus melalui e-samsat?

Comments are closed.