E-Samsat, Efisiensi Waktu Pembayaran Pajak

Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 23.30 WIB, saatnya bagi Asep dan Deden untuk pulang ke rumah mereka masing-masing. Namun sebelum pulang mereka harus membayar tagihan kafe tempat mereka menghabiskan waktu sepulang kerja hari ini. Kali ini giliran Asep untuk membayar tagihan, Asep pun langsung menuju kasir dan menanyakan kepada kasir apakah kafe ini menerima pembayaran menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Potongan cerita diatas merupakan kejadian yang biasa kita temui dalam keseharian kita. Dimana saat ini kita dapat menggunakan kartu kredit, kartu debit dan kartu lainnya untuk melakukan pembayaran di restoran, toko, supermarket, tagihan, dan bahkan untuk melakukan pembayaran jalan tol sudah dapat menggunakan kartu pintar.

Penggunaan kartu pintar untuk melakukan pembayaran sudah dicanangkan oleh Bank Indonesia (BI) pada tahun 2014 lalu, BI mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Pencanangan GNNT ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku bisnis, dan juga lembaga-lembaga pemerintah untuk menggunakan sarana pembayaran non tunai dalam melakukan transaksi keuangan yang mudah, aman, dan efisien. Mudah karena hanya perlu menggesek, menempelkan kartu yang kita miliki dengan alat untuk membaca data pada kartu tersebut. Aman karena kita tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak, uang tunai seperti yang kita ketahui mudah hilang dan mudah rusak. Efisien karena waktu yang diperlukan untuk melakukan transaksi pembayaran lebih cepat, karena tidak perlu untuk menghitung kembali uang yang dibayarkan dan uang yang dikembalikan contohnya bila transaksi tol menggunakan uang tunai dengan uang kembalian rata-rata memerlukan waktu lebih dari 8 detik. Tapi bila menggunakan transaksi non tunai dengan kartu elektronik hanya memerlukan waktu 2,08 detik.

Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), pada tanggal 22 November 2014, tim Pembina Samsat Jawa Barat yakni Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat, Polda Jabar, PT. Jasa Raharja, Kanwil Provinsi Jawa Barat, bekerjasama dengan PT. Bank BJB meluncurkan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap bersistem elektronik (e-Samsat) , sehingga pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) dapat dilakukan menggunakan anjungan tunai mandiri (ATM) Bank BJB. Melalui e-samsat, wajib pajak kendaraan bermotor tidak perlu ribet membayar pajak. Cukup dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh bank jabar, dimana wajib pajak dapat membayar Pajak Kendaraan bermotor (PKB) tahunan miliknya diseluruh ATM Bank Jabar. Resi pembayaran dari ATM akan menjadi bukti resmi bahwa wajib pajak kendaraan telah melakukan pembayaran.

Keuntungan Menggunakan e-samsat :
1. Mempercepat proses
2. Menghilangkan praktek calo
3. Memberikan kenyamanan kepada wajib pajak
4. Menghilangkan korupsi penerimaan pajak

Namun, harus diperhatikan syarat dan ketentuan berikut sebelum Anda menggunakan e-samsat :
1. Wajib Pajak Dengan Data Kepemilikan Kendaraan yang Sesuai Dengan Data yang ada dalam server samsat Dispenda Jabar.
2. Kendaraan tidak dalam status blokir Ranmor/ blokir data kepemilikan.
3. Wajib Pajak memiliki telpon dan nomor seluler yang aktif.
4. Wajib Pajak Memiliki Nomor Rekening Tabungan dan Kartu ATM di Bank bjb dengan identitas yang sama dengan data kendaraan dimaksud.
5. Kendaraan yang bisa melakukan daftar ulang adalah yang Wajib Pajak yang NIK/No. KTP-nya telah sesuai (sama) antara yang terdaftar di server samsat dan di Rekening Bank bjb.
6. Berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang 1 (satu) tahun.
7. Tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK 5 tahun.
8. Masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari 6 bulan dari masa jatuh tempo.
9. Wajib pajak adalah perseorangan (bukan badan usaha/yayasan /badan sosial).

Bagaimana cara untuk menggunakan e-samsat ini ?
Cukup menggunakan sms dengan format : esamsat nomor rangka no ktp email
contohnya : esamsat MH1JFA116CK043xx 32042811031012xxx akyu@asepdeden.com
Lalu kirimkan sms tersebut ke nomor 0811 211 9 211

Maka Anda akan mendapatkan balasan dari sms server mengenai data yang Anda masukkan. Bila data yang Anda masukkan sesuai maka Anda akan mendapatkan kode pembayaran yang harus dilakukan di ATM bank BJB. Setelah melakukan pembayaran resi yang dikeluarkan oleh ATM bank BJB dapat Anda tukarkan dengan struk SKPD di kantor samsat.

Cara pembayaran yang jauh lebih mudah dan lebih hemat waktu jika dibandingkan Anda harus datang ke kantor samsat dan melakukan pembayaran pajak secara tunai. Memang saat ini kendalanya adalah bank yang bekerja sama dalam layanan e-samsat ini baru bank BJB, diharapkan kedepannya dapat bekerja sama dengan bank lain sehingga akan lebih memudahkan bagi wajib pajak dalam membayar PKB.

168 balasan
  1. Muhammad Bahroni
    Muhammad Bahroni says:

    Tadi mencoba e-SAMSAT lewat BNI setelah mendapat SMS konfirmasi dan ada no referensi … tapi gagal bayar … nomor referensi dianggap salah … kira-kira apa ya penyebabnya ? Padahal seingat saya Nama dan KTP di BNI sudah sama (sudah pernah update data juga di BNI-nya)

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Ada ketidakcocokan pada NIK(KTP) bapak antara di server Samsat dan Server BNI, apabila NIK yang di Bank dirasa sudah betul coba bapak cocokan di lembar STNK pada kolom NIK/No HP karena sering juga terjadi salah penulisan NIK pada saat penerbitan STNK.
      Bila memang ada kesalahan bapak bisa mendatangi Samsat terdekat untuk perbaikan NIK ini.
      Terima kasih atas perhatiannya.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, ada sedikit gangguan dari provider untuk mengirimkan SMS balasan eSamsat ini karena banyaknya SMS yang masuk, saat ini kami sedang berusaha memperbaikinya.
      Sekali lagi mohon maaf dan terima kasih atas perhatiannya

  2. Heru Muhtono
    Heru Muhtono says:

    sudah request kode bayar sejak 2 jam yang lalu, tetapi hingga saat ini belum mendapatkan respon atau balasan.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, ada sedikit gangguan dari provider untuk mengirimkan SMS balasan eSamsat ini karena banyaknya SMS yang masuk, saat ini kami sedang berusaha memperbaikinya.
      Sekali lagi mohon maaf dan terima kasih atas perhatiannya.

  3. Dadang Hermawan
    Dadang Hermawan says:

    Selamat siang pak, mohon bantuannya. Saya melakukan reques kode bayar, tetapi kode bayar yg diterima hanya 6 digit saja (321190) bagaimna itu pak? terimakasih,

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Kepada Bapak Dadang,
      Mohon maaf sebelumnya, untuk saat ini mulai dari tanggal 28 Des sampai dengan 31 Des eSamsat Jabar tidak bisa digunakan karena ada perbaikan system.
      Terima Kasih

      • Dadang Hermawan
        Dadang Hermawan says:

        Baik terimakasih pak informasinya.
        Satu lagi ini pak, stnk motor saya kan expired ny 13/12/2017, tapi pada saat registrasi esamsat untuk pmbayaran pajak, dengan format sms ini :

        eSAMSAT MH354P00BCJ460946 3210022810890081 dadangmyid@gmail.com

        Ada balasan dri esamsat seperti ini :

        STNK 5 TAHUN MASA BERLAKU HABIS, PEMBAYARAN HARUS DILAKUKAN DI SAMSAT INDUK.

        Padahal kan stnk motor saya masih berlaku sampai 13/12/2017, Mohon dibantu ya pak., Terimakasih

  4. Jarot Marhaendro
    Jarot Marhaendro says:

    Malam Pak, saya baru saja kirim sms minta kode bayar ke 0811 211 9 211 tapi selalu gagal, apa sedang ada masalah?

  5. Andi Wibowo
    Andi Wibowo says:

    Yth. Admin Bapenda Provinsi Jabar
    Selamat Pagi,

    Saya ingin bertanya tentang aturan yang menjelaskan pembayaran pajak paling cepat sebelum jatuh tempo sesuai himbauan Admin terkait pembayaran pajak sebelum jatuh tempo pada artikel yang dishare di web ini. Pengalaman kurang mengenakkan saya rasakan kemarin, Selasa 3 Januari 2017 saat saya ingin memperpanjang pajak motor saya di Samsat Outlet ITC Depok. Terlihat jelas petugas tidak dapat mengantisipasi antrian yang sangat ramai karena sehabis libur tahun baru, sehingga kondisi sangat tidak kondusif meskipun outlet berada di Mall. Akibatnya saya harus mengantri lebih dari 4 Jam dan berkas saya pun dikembalikan dengan nada ketus petugas menyampaikan bahwa Pajak Saya belum bisa dibayar karena belum jatuh tempo (17 Maret 2017), tidak ada penjelasan batasan aturan tsb maupun perkataan maaf. Sia-sia saya mengantre lebih dari 4 jam panas dan gerah hanya untuk mendapatkan keterangan yang tidak enak tersebut. Saya tidak memanfaatkan e-samsat karena sms gateway dari provider sepertinya ada gangguan.

    Di saat pemerintah sedang giat-giatnya meningkatkan penerimaan negara baik pajak maupun PNBP untuk peningkatan pelayanan dan infrastruktur, alangkah naifnya langkah yang dilakukan oknum petugas Samsat Outlet ITC depok terhadap wajib pajak yang menolak melayani pembayaran pajak 2,5 bulan sebelum jatuh tempo. Kekesalan saya mungkin dapat terobati apabila admin berkenan membagi tentang aturan yang membatasi pembayaran pajak kendaraan sebelum masa jatuh tempo habis, karena apabila itu menghalangi penerimaan negara, saya rasa perlu ada kajian untuk menderegulasi aturan tersebut, jangan terkesan kalo telat bayar diberi denda dan ada amnesty nya sedangkan yang taat pajak dipersulit dan cenderung kurang dilayani meskipun yang kami bayarkan cuma di angka ratusan ribu.

    Demikian saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kritik yang kurang berkenan, saya rasa petugas frontline di Outlet Samsat ITC Depok perlu diberi refreshment tentang pelayanan publik agar mereka memiliki mental melayani dan pengayom masyarakat yang baik.

    Salam,

    Andi

  6. Adi Bagus Malik
    Adi Bagus Malik says:

    Yth Dispenda Jabar.

    Saya sudah menerima sms nomor pembayaran esamsat. Tetapi pada saat bayar di ATM BCA selalu gagal. Apakah ada kendala di server?

    Apabila terlambat bayar samsat 1 bulan masih bisa membayar melalui esamsat?

    Terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Kepada Bapak Adi,
      Apakah kode bayar yang bapak peroleh sebelum jatuh tempo atau sesudah, dikarenakan ada perbedaan jumlah yang harus dibayar karena ada denda dan lain sebagainya, bisa bapak coba lagi dengan mengirimkan sms untuk meminta kode bayar yang baru.
      Mohon diperhatikan untuk Nama dan Identitas pemilik rekening BCA harus sama dengan Nama dan Identitas yang tertera di STNK.
      Terima kasih.

      • Adi Bagus Malik
        Adi Bagus Malik says:

        Kode bayar sebelum jatuh tempo

        Saya sudah coba mengirim sms lagi setelah jatuh tempo, tetapi sampai saat ini belum ada balasan, dan terkadang tidak terdelivered smsnya

        Saya sudah membuat rekening bca sama dengan nama dan identitas di STNK

        Domisili KTP dan STNK Depok Jabar

        Terima kasih

  7. Ornela Kinaliya
    Ornela Kinaliya says:

    Yth Dispenda Jabar.

    Sampai sekarang sms no esamsat gagal terus terkirimnya, padahal sudah mendekati jatuh tempo tgl 20 bulan ini, dan saya lagi di luar kota, mohon kesiapannya program ini dirilis dengan baik sebelum dijalankan agar mengurangi kendala yg tidak diinginkan, trims

  8. Sekar
    Sekar says:

    Pak mau tanya, saya sms ke nomor esamsat selalu tidak ada balasan. Apakah bisa saya minta tolong untuk cek kode bayar? Terima kasih.

  9. Julius
    Julius says:

    pagi.. saya coba kirim sms ke e-samsat dengan format diatas tapi tidak
    ada tanggapan atau respon sama sekali..apakah memang sedang bermasalah ?

    Mohon konfirmasinya. Terima kasih

  10. Albie Saputra
    Albie Saputra says:

    Maaf mau tanya, saya udah 3 hari transaksi untuk kode bayar lewat atm tapi slalu tidak dapat diproses, padahal nama bank dan stnk sama,

      • Albie Saputra
        Albie Saputra says:

        D 4163 UCL
        ATM Bank BRI
        3 hari berturut turut slalu gagal terus transaksiny
        Kemaren saya Coba sms ulang ke esamsat dan saya dapat balasan kode bayar lagi, cuma kode bayarny beda
        Pada tanggal 6 Apr 2017 14:52, “Disqus” menulis:

      • Albie Saputra
        Albie Saputra says:

        Saya coba transaksi lagi ke atm dengan memasukan kode yang baru, tapi tetap sama slalu gagal

        Mohon bantuannya dan kenapa bisa slalu gagal
        Pada tanggal 6 Apr 2017 23:38, “Albie Saputra” menulis:

        D 4163 UCL
        ATM Bank BRI
        3 hari berturut turut slalu gagal terus transaksiny
        Kemaren saya Coba sms ulang ke esamsat dan saya dapat balasan kode bayar lagi, cuma kode bayarny beda
        Pada tanggal 6 Apr 2017 14:52, “Disqus” menulis:

      • Albie Saputra
        Albie Saputra says:

        Kode bayar pertama
        eSAMSAT : D 4163 UCL HITAM AKO MLK KE: 1 HONDA X1B02N04L0 A/T THN 2016 PKB POK Rp.190800 PKB DEN Rp.3900 SWD POK Rp.35000 SWD DEN Rp.32000 JML Rp.286700 BRLK : 04-04-2017 KD BYR: 3212300504170004

        Kode bayar kedua
        PKB POK Rp.190800 PKB DEN Rp.3900 SWD POK Rp.35000 SWD DEN Rp.32000 JML Rp.286700 BRLK : 04-04-2017 KD BYR: 3212300504170005
        Pada tanggal 6 Apr 2017 14:52, “Disqus” menulis:

          • Albie Saputra
            Albie Saputra says:

            Ko bisa gitu ya pak,
            Padahal nama STNK dan atm bri atas nama dan KTP yang sama
            Pada tanggal 7 Apr 2017 13:47, “Disqus” menulis:

          • Albie Saputra
            Albie Saputra says:

            Kalo kantor samsat di bandunh barat yang terdekat di mana pak? Sabtu minggu buka ap nutup, soalny kalo ke bank harus hari senin
            Pada tanggal 7 Apr 2017 3:07 PM, “Disqus” menulis:

  11. Julius
    Julius says:

    saya coba kirim sms ke e-samsat dengan format diatas tapi tidak
    ada tanggapan atau respon sama sekali..apakah memang sedang bermasalah ?

    Mohon konfirmasinya. Terima kasih

      • Julius
        Julius says:

        tahun lalu saya sudah menggunakan fasilitas ini kok.. NOPOL B 1781 KBB…masuk ke bekasi..

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          Mohon maaf Pak, dikarenakan adanya pemeliharaan sehingga untuk kendaraan di wilayah Polda Metro belum dapat menggunakan layanan esamsat dan kendaraan Bapak termasuk didalamnya.

          Terima kasih

          • Julius
            Julius says:

            kira2 kapan ya bisa diakses kembali…? tapi bukannya bekasi masuk samsat jabar ya ?

  12. Syifa mulyani
    Syifa mulyani says:

    Mohon bantuannya untu cek pajak untuk nopol B 8354 yo, saya sudah kirim sms sesuai dengan format tapi balasannya perbaiki nik anda ke samsatitu kenapa ya? Terima kasih

  13. Anastasia Hariztin
    Anastasia Hariztin says:

    mohon bantuannya cek pajal no pol B 1271 KIJ soalnya saya kirim sms belum dibalas

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi sebesar Rp3.776.200

      Mohon untuk ke depannya dapat mengirimkan pesan singkat (SMS) dengan format sebagai berikut :
      info B/1271/KIJhitam

      Keterangan :
      B = Kode Plat Kendaraan (B/D/E/F/T/Z) Wilayah Provinsi Jawa Barat
      1234 = Nomor Polisi
      abc = Kode Seri Plat Kendaraan
      hitam = Warna Plat Kendaraan (HITAM/KUNING/MERAH)
      kirimkan SMS dengan format diatas ke nomor : 0811 211 9211

      • Anastasia Hariztin
        Anastasia Hariztin says:

        saya kirim sms untuk dapat kode bayar kok belum dapat balasan ya? formatnya esamsat nochasis ktp kan?

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          Mohon maaf Pak, untuk saat ini wajib pajak yang kendaraannya terdaftar di wilayah hukum Polda Metro Jaya belum dapat menggunakan layanan esamsat dikarenakan adanya pemeliharaan

          Terima Kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi sebesar Rp996.200

      Mohon untuk ke depannya dapat mengirimkan pesan singkat (SMS) dengan format sebagai berikut :

      info B/1271/KIJhitam

      Keterangan :
      B = Kode Plat Kendaraan (B/D/E/F/T/Z) Wilayah Provinsi Jawa Barat
      1234 = Nomor Polisi
      abc = Kode Seri Plat Kendaraan
      hitam = Warna Plat Kendaraan (HITAM/KUNING/MERAH)
      kirimkan SMS dengan format diatas ke nomor : 0811 211 9211

  14. Tribuana Tunggal Sukma
    Tribuana Tunggal Sukma says:

    Apakah struk eSamsat bisa ditukar SKPD di Samsat Depok 2?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Selama masih dalam wilayah hukum yang sama bisa, misalnya kendaraan Polda Metro maka SKPD bisa ditukarkan di samsat yang berada di wilayah hukum Polda Metro.

      • Tribuana Tunggal Sukma
        Tribuana Tunggal Sukma says:

        Sy sdh coba byr di atm BCA, tp kenapa muncul pesan “kode bayar tidak terdaftar”. Sy sdh coba SMS ulang & dpt kode bayar baru tp tetap tdk bs. Tolong dicek, nomor plat sy B 1748 EOM, kode bayar terakhir yg sy dpt 3210100205170032.

        • Tribuana Tunggal Sukma
          Tribuana Tunggal Sukma says:

          NIK/KTP & nama pemilik rekening sdh sesuai dng di STNK, tp knp ttp tdk bs? Alamat kena denda deh. Pajak terakhir hari ini. Huh…

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Untuk kendaraan yang terdaftar di wilayah hukum Polda Metro Jaya saat ini belum dapat menggunakan layanan esamsat dikarenakan adanya pemeliharaan Pak.

  15. Antonius Haryo Ardianto
    Antonius Haryo Ardianto says:

    saya sudah dapat kode pembayaran dari sms tapi waktu saya bayar di atm BCA tidak bisa. Kode pembayaran tidak terdaftar, tertulis begitu. jadi bagaimana solusinya ya, sudah dicoba berulang kali

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Mohon di infokan nopol kendaraan beserta NIK pemilik Pak serta mohon dipastikan persyaratan untuk menggunakan layanan esamsat telah terpenuhi.

      Terima kasih

      • Antonius Haryo Ardianto
        Antonius Haryo Ardianto says:

        eSAMSAT MH1JBG119DK103078 3216000000000065 rita0376@gmail.com

        eSAMSAT : B 3571 FLU HITAM HELDA HELINA KUSUMAH MLK KE: 2 HONDA NF12A1CF M/T THN 2013

        PKB POK Rp.270000 PKB DEN Rp.10800 SWD POK Rp.35000 SWD DEN Rp.32000 JML Rp.372800 BRLK : 01-04-2017 KD BYR: 3210900305170003(waktu dimasukan kode ini di atm bca keluar tulisan “kode pembayrn tdk terdaftar”

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          Mohon maaf Pak,

          saat ini kendaraan yang terdaftar di wilayah hukum Polda Metro Jaya tidak dapat menggunakan layanan esamsat dikarenakan adanya pemeliharaan.

          Terima kasih ~ Arrie

  16. Florencius Sinaga
    Florencius Sinaga says:

    Pak saya baru saja coba beberapa kali di atm bca namun tidak bisa. Transaksi tidak dapat dilakukan. Saya sudah memasukkan kode bayar sesuai sms yang saya terima, tapi tidak bisa ada transaksi.
    Nopol saya B1789KIG. Terimakasih.
    Selain itu saya sebelumnya coba di atm bni malah tidak ada menu eSAMSAT. Terimakasih.

    • Florencius Sinaga
      Florencius Sinaga says:

      Kode bayar yang tidak bisa dibayar di atm:
      Mohon bantuannya Pak.

      PKB POK Rp.1561900 PKB DEN Rp.31300 SWD POK Rp.143000 SWD DEN Rp.100000 JML Rp.1886200 BRLK : 05-04-2017 KD BYR: 3210800405170002

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Mohon maaf, untuk kendaraan yang terdaftar di wilayah hukum Polda Metro saat ini belum dapat menggunakan layanan esamsat dikarenakan adanya pemeliharaan.

      Terima kasih

      • Florencius Sinaga
        Florencius Sinaga says:

        Lalu apa saya bisa mengurus di samsat mana saja? Di Jakarta apakah bisa? Terimakasih

  17. Ale Doang
    Ale Doang says:

    untuk kendaraan yang ganti plat, ga bisa bayar lewat atm yah min?kalau
    bayar pajak tahunan bisa 6 bulan sebelum jatuh tempo, kalau untuk yang
    ganti plat berapa bulan sebelum jatuh tempo?soalnya untuk sementara
    domisili saya agak jauh dari jawa barat. rencana pas mudik mau bayar
    pajak tahunan plus ganti plat

  18. Deden Suwega
    Deden Suwega says:

    Mohon penjelasan, tadi siang hingga malam ini saya coba bayar PKB sepeda motor an isteri saya via BCA kode pembayaran sesuai SMS esamsat balasan menggunakan rek BCA isteri juga dicoba dgn rek BCA saya tapi transaksinya gagal terus,
    Malah saya coba beberapa kali kirim ulang esamsat dgn kode pembayaran baru pun tetap gagal transaksi, kenapa gagal terus.
    bukti balasan esamsatnya sbb:
    eSAMSAT : D 4235 VBE HITAM NENENG SRI RAHAYU MLK KE: 1 HONDA NC11BF1D A/T THN 2013
    PKB POK Rp.168000 PKB DEN Rp.0 SWD POK Rp.35000 SWD DEN Rp.0 JML Rp.228000 BRLK : 22-05-2017 KD BYR: 3212402205170012
    eSAMSAT : D 4235 VBE HITAM NENENG SRI RAHAYU MLK KE: 1 HONDA NC11BF1D A/T THN 2013
    PKB POK Rp.168000 PKB DEN Rp.0 SWD POK Rp.35000 SWD DEN Rp.0 JML Rp.228000 BRLK : 22-05-2017 KD BYR: 3212402205170013
    Mohon penjelasan terima kasih

      • Deden Suwega
        Deden Suwega says:

        bagian cs bca nya antriannya panjang jadi belum sempat di cek, akhirnya pembayaran via samsat mobile

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Mohon diperiksa NIK pemilik rekening bank Pak. Karena salah satu persyaratan untuk dapat menggunakan e-Samsat adalah NIK pemilik rekening sama dengan NIK pemilik kendaraan.

      Biasanya kesalahan terjadi karena perbedaan NIK antara bank dan samsat.

      Tks~Arrie

  19. BUDI SAM
    BUDI SAM says:

    Saya sudah SMS ke 08112119211 dengan format yang sesuai petunjuk :
    esamsat No rangka No KTP (sudah benar No KTP nya sesuai aslinya), tapi dijawab NIK SMS = nomor sekian-sekian ….NIK SAMSAT = SEKIAN-SEKIAN…. PERBAIKI DATA NIK ANDA KE SAMSAT sampai saya ulang dan dijawab NO KTP TIDAK BENAR… sebaiknya kami harus bagaimana ? Mohon petunjuknya. Terima kasih.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      sebaiknya ke kantor samsat induk Pak dengan membawa BPKB, STNK, dan KTP. Untuk melakukan update data karena data KTP di samsat berbeda dengan data KTP yang Bapak masukkan ketika SMS.

      Tks~Arrie

  20. irham maulana
    irham maulana says:

    lalu bagai mana jika pemilik kendaraan yg tidak memiliki rekening, kemudian mau melakukan pembayaran pkb lewat atm?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Untuk saat ini ada alternatif menggunakan aplikasi SIPOLIN SAMSAT JAWA BARAT Pak, Bapak dapat menggunakan rekening bank bjb teman, saudara ataupun kerabat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan.

      Salah satu syaratnya adalah KTP pemilik kendaraan harus sudah e-KTP

      Tks~Arrie

  21. Masbudi Way
    Masbudi Way says:

    Sepeda Motor saya Honda Revo 100cc tahun 2007, Nopol F3303KN atas nama Hendrato (Adik Ipar saya). Saya berniat akan memutasi kendaraan tersebut ke wilayah hukum Polda Jateng ( Kota Surakarta ) pertanyaannya,: berapakah estimasi biaya yang harus saya bayarkan di Samsat Kab. Bogor.? Mohon keterangannya, Terimakasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi Rp588.100

      biaya diatas belum termasuk Biaya PNBP yang terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut :

      a. Untuk Kendaraan Roda 2 atau Roda 3
      Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp150.000

      untuk rincian biaya silahkan datangi loket informasi di kantor samsat induk.

      Tks~Arrie

  22. Dwi Asmoro
    Dwi Asmoro says:

    Hari ini saya kirim sms jam 9.15 AM, tapi sampai sekarang 11:30 AM belum ada balasan dari no 08112119211.
    Masa berlaku pajak saya hari ini 5 Juni.
    Mohon bantuannya. Terima kasih.

    • Dwi Asmoro
      Dwi Asmoro says:

      Pajak untuk motor Honda GL Pro 160cc tahun 2004 dengan nopol D 3309 DH.

  23. Budi Wijayanto
    Budi Wijayanto says:

    Ko balesannya “DUPLIKASI NO RANGKA, LAKUKAN PEMBAYARAN DI SAMSAT INDUK”. itu maksudnya apa ya pak?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Silahkan membawa persyaratan seperti KTP asli, STNK dan SKPD asli, serta BPKB asli ke kantor samsat induk dimana kendaraan terdaftar untuk melakukan pemeriksaan dan update data kendaraan Pak.

      Tks~Arrie

  24. nur yusuf
    nur yusuf says:

    saya coba kirim SMS sudah dapat kode bayar tapi saat bayar di ATM “data tidak ditemukan”, sudah di coba di beberapa ATM BNI termasuk di deket kantor cabang BNI. kenapa ya?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Biasanya karena NIK pemilik kendaraan yang terdaftar di kantor samsat berbeda dengan NIK pemilik rekening yang akan digunakan untuk membayar pajak.

      Silahkan di konfirmasikan dengan customer service pihak BNI untuk melakukan pengecekan NIK pemilik rekening, karena bila sudah mendapatkan kode bayar maka NIK di samsat sudah sesuai dengan NIK yang dikirimkan melalui SMS.

      Tks~Arrie

      • nur yusuf
        nur yusuf says:

        karena saya sedang diluar kota dan tidak ada orang dirumah yang bisa dimintain tolong, kalau terlambat 5-20 hari dendanya berapa ya?

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          untuk PKB dendanya sebesar 2% per bulan Pak, Untuk SWDKLLJ terkena denda sebesar 25%

          Untuk informasi lebih rinci silahkan hubungi loket informasi di kantor samsat.

          Tks~Arrie

  25. andrie guruh
    andrie guruh says:

    maaf, tolong minta di cek, mau bayar pajak no. pol. D 1746 DS perkiraan bayar pajak berapa? terima kasih…

  26. Bayu Bramastyo Dewandono Putro
    Bayu Bramastyo Dewandono Putro says:

    maaf, sy dimintai tolong kakak yg sudah lama di Bangka krn tgs kerja pindahan dr Yogya, asal jakarta. Motor ada di Yogyakarta, minta di cek, mau bayar pajak no. pol. B 6986 TYT perkiraan bayar pajak berapa? terima kasih…

  27. m syaifuddin
    m syaifuddin says:

    Pak mau nanya. Motor saya plat no.pol nya jawa timur, tapi saya tinggal di bandung. Apa bisa melakukan pembayaran PKB di samsat bandung?

  28. Harry Wirahman
    Harry Wirahman says:

    Pak, ini kan saya mau bayar pajak kendaraan saya, masalahnya, kedua pajak kendaraan saya terhubung dengan NIK yang salah, dan diminta oleh SMS untuk mengupdate NIK tersebut di Samsat, dikarenakan sekarang ini saya bekerja di Surabaya, apakah bisa update data dilakukan melalui cara lain, selain mendatangi kantor Samsat di area Jawa Barat. seandainya bisa bagaimana caranya?

    Apabila tidak bisa, apakah bisa diwakilkan update data di samsatnya? dan bagaimana caranya?

    Untuk pembayaran pajaknya jadinya gimana ya Pak? kalau saya proses dengan NIK yang salah, apakah bisa dijalankan proses pembayarannya?

  29. Ardiyanto Ramadhan
    Ardiyanto Ramadhan says:

    Saya mendaftarkan diri dengan cara ketik sms ke Samsat Jabar no 08112119211 dengan format:
    esamsat (spasi) no. rangka (spasi) NIK KTP. Setelah dapat balasan, ternyata NIK yg tercatat di Samsat salah input dg NIK yg sebenarnya. Cara perbaiki NIK yg salah diinput oleh Samsat bagaimana ya? Dan syaratnya harus bawa dokumen apa ya? Bisa online ubah datanya?

  30. Felix Suteja
    Felix Suteja says:

    Maaf pak, saya sudah pindah domisili ke Jkt (KTP Jkt) tapi surat2 kendaraan saya belum diurus.
    Dan sekarang apakah saya masih bisa bayar ke esamsat ini pak ?
    Saya coba kok muncul tulisan NIK SAMSAT = PERBAIKI DATA NIK ANDA KE SAMSAT

    Itu apa ya pak ?

    Mohon info pak total tagihan untuk mobil D1570GQ berapa ?
    Dan apakah saya bisa bayar via ATM atau harus ke mana ?

    Terimakasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Tidak bisa Pak, karena nanti ketika menukarkan Struk ATM dengan STNK dan SKPD asli harus melampirkan KTP pemilik dengan domisili yang sama dengan yang tertera di STNK.

      estimasi pajak sebesar Rp3.719.000

      Tks~Arrie

  31. Renjer Hitam
    Renjer Hitam says:

    Permisi, sy di Magelang barusan beli motor second komplit plat D kabupaten. Jika mau membayar pajak bisakah lewat Samsat disini? Sekalian mau tanya pajak utk D 4137 ZI yg harus dibayar.

  32. She Jhon
    She Jhon says:

    Pak maaf mau tanya.koq tiap saya mau bayar pajak stnk lewat atm selalu gagal y?bisa kasih petunjuk?

  33. Daniel Gunawan
    Daniel Gunawan says:

    Selamat siang pak, saya mau coba membayar pajak kendaraan sepeda motor melalui esamsat, saya sudah smske no. tujuan, saya mendapat “balasan duplikasi no. rangka lakukan pembayaran di samsat induk”. Apakah saya tidak dapat membayar via ATM ? Berhubung saya kerja sampai sabtu, tidak sempat mengurus ke samsat induk. Apakah saya tetap harus membayar di samsat induk? Apakah saya tidak bisa membayar via ATM? Terima kasih.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Ke kantor samsat induk untuk memperbaharui data kendaraan Pak.

      Untuk informasi lebih rinci silahkan hubungi loket informasi di kantor samsat induk

      Tks~Arrie

  34. Erfin Feluzy
    Erfin Feluzy says:

    Selamat siang pak, saya sudah dikirimkan sms balasan untuk kode bayar. KTP depok sudah sesuai dengan rekening BRI. namun sejak kemarin 21 agustus sampai hari ini 22 agustus coba di ATM BRI selalu gagal. apakah sistem masih dapat digunakan?

  35. Dra Piero
    Dra Piero says:

    selamat siang admin Bapenda Jabar, saya mau tanya jika sudah melakukan pembayaran melalui ATM,untuk penukaran struk bukti pembayaran menjadi SKPD prosesnya bagaimana?apakah ada loket khusus atau no antrian khusus untuk menukar struk,atau antri seperti membayar pajak manuaL??
    kemudian saya coba cek melaui e-samsat nopol F 2633 UAA JML Rp.536.000 itu sudah terpasuk pajak progresif atau blm ya??

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      saat ini saya cek jumlahnya ada di Rp545.000 (termasuk denda dan progresif ke 2)

      Bila ke kantor samsat induk, ada loket khusus untuk menukarkan struk e-Samsat Jabar Pak.

      Tks~Arrie

      • Dra Piero
        Dra Piero says:

        Min saya coba di ATM bjb tetapi responnya “Data tidak ditemukan tanggal pajak atau NIK tidak sesuai?padahal kode bayar sudah sesuai,Knp ya?

  36. Heti Hartati
    Heti Hartati says:

    malam Admin, saya sudah dapat sms balasan, tapi saya tidak bisa bayar lewat atm bri gagal terus,bisa mohon dicek kenapa ya.?
    eSAMSAT : F 4841 MN

    thanks admin

  37. Dharmawan Dharma
    Dharmawan Dharma says:

    Min saya selalu gagal melakukan pembayaran pajak di atm BRI.padahal Nik disamsat dan rekening BRI sudah sama.apa penyebabnya?mohon di cek B 1093 KRT masuk wilayah polda mana?

  38. isri syakiroh
    isri syakiroh says:

    kalau mau bayar via atm,tapi nama pemilik rekening bukan nama yang ada di STNK,apakah bisa?,,saya mau bayar kendaraan atas nama orang tua saya,dan rekening nya atas nama saya sendiri..

  39. Bayu Pratama
    Bayu Pratama says:

    Selamat sore, saya ingin tanya apakah benar saat ini layanan eSamsat Jawa Barat hanya bisa melayani nasabah BJB saja?
    Saya sejak setahun lalu selalu menggunakan eSamsat (kebetulan saya nasabah BNI) untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Dan sejak bulan lalu saya ingin melakukan pembayaran selalu gagal dan pada saat saya tanyakan ke petugas samsat mereka memberi tahu bahwa esamsat saat ini hanya melalui BJB saja. Mohon jawabannya -terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Untuk wajib pajak di wilayah hukum Polda Metro Jaya betul Pak, sementara untuk nasabah bank bjb.
      Menunggu Perjanjian Kerjasama Ditandatangani kembali karena ada penyesuaian.

      Tidak ada pemutusan kerjasama dengan pihak bank lain Pak, karena di wilayah hukum Polda Jabar nasabah bank selain bank bjb juga masih dapat menggunakan layanan eSamsat Jabar.

      Tks~Arrie.

  40. Sarah Rizka
    Sarah Rizka says:

    maaf, tolong minta di cek, mau bayar pajak no. pol. B 3686 KFR perkiraan bayar pajak berapa? terima kasih…

  41. Rahmad Misin
    Rahmad Misin says:

    Bisa bayar pajak hari ini via e-samsat tapi SKPD ditukar bulan desember?
    karena lagi di luar pulau.

  42. Erner Domu
    Erner Domu says:

    Maaf mau bertanya, apakah bisa apabila saya mau bayar pajak 5 tahunan tapi 1 minggu sebelum jatuh tempo ?

    Karena apabila yg bayar pajak tahunan bisa 1 bulan sebelum jatuh tempo. Tolong informasinya. Terimakasih.

  43. Dede Andriansyah (Conde Andria
    Dede Andriansyah (Conde Andria says:

    Maaf mau tanya, kalo mau merubah NIK KTP yg ada diBPKB, apa persyarartannya??
    soalnya waktu pembelian motor itu saya memberikan aplikasi termasuk KTP yg lama, dan pas saya sudah pegang eKTP nik nya berubah..

  44. Doni
    Doni says:

    Selamat pagi Admin.
    Saya sudah melakukan sms ke nomor center untuk pembayaran pajak tahunan.
    Namun saya terkendala bahwa balasan dari center adalah Data NIK KTP saya tidak sama dengan data yang ada di Samsat.
    Padahal dari dulu NIK KTP tidak pernah berubah dari KTP lalu beralih ke eKTP.
    Bagaimana solusinya Min?
    Soalnya saya mau bayar pajak melalui online.
    Terlampir attachment, terimakasih.

  45. Hikmah Tazkia
    Hikmah Tazkia says:

    Saya sdh mendptkan kode pembayaran begitu mau dibayar knp ya kok transaksi anda tdk dpt dilakukan terus? Tdk ada mslh dg saldo bank. Kira2 knp ya?

  46. Yopi Triyana
    Yopi Triyana says:

    Selamat pagi admin Bapenda Jabar, Untuk pembayaran e-samsat dari ATM kenapa gagal terus ya. Padahal saya ketika SMS ke No 0811 2119 211 sudah mendapatkan kode bayar tetapi ketika melakukan pembayaran selalu gagal. Di screen ATM muncul “Gangguan System”. Saya tanyakan ke Bank bahwa di tolak oleh system E-Samsat, Mohon bantuan pengecekan. Nopol saya T 1558 TW. Saya menggunakan ATM BCA dan ATM BNI sama gagal juga.

  47. Grace
    Grace says:

    Mohon info jika tidak punya waktu ke Samsat Induk apakah bisa diwakilkan dengan keluarga dan apabila stnk sedang dititipkan untuk diubah apakah fotokopi STNK aman untuk dibawa dan bisa menjadi alternatif saat sedang menguruskan Pajak?.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      jangan lupa membawa surat kuasa bermaterai 6rb Pak. Untuk aman tidaknya hal tersebut kewenangan pihak kepolisian (satlantas) bukan kewenangan kami di Badan Pendapatan Daerah.

      tks~Arrie

  48. Kurniawan
    Kurniawan says:

    Selamat Malam Admin Bapeda Jabar..

    Sore ini saya saya sudah mengirimkan SMS ke nomor 0811 211 9 211 untuk melakukan pembayaran pajak tahunan namun saya mendapat balasan bahwa NIK saya tidak sama dengan NIK yang terdaftar diSamsat sementara NIK yang saya kirimkan sudah sesuai dengan NIK yang tertera pada KTP saya.
    Dimana kendalanya ya sementara saya akan diluar kota hingga akhir bulan ini dan Pajak yang harus saya bayarkan sudah mendekati waktunya.
    Mohon sarannya untuk saya dapat menunaikan kewajiban tersebut

    Terima kasih

  49. Ikhsan 'enha
    Ikhsan 'enha says:

    Pak admin mohon informasinya.. Apakah no sms pelayanan esamsat 08112119211 sudah ganti?
    Karena sms ke no tsb untuk mendapatkan no bayar gagal terus.. Padahal pulsa ada..

  50. yusrizal meiramdhoni charant
    yusrizal meiramdhoni charant says:

    Maaf min, kalo pajak mati 3 tahun apa bisa bayar lewat e-samsat, soalnya waktunya gak sempat karena kantor Samsat jauh

  51. Grisselda
    Grisselda says:

    Maaf mau nanya, kenapa setiap saya mau bayar secara online lewat BCA/BNI setelah memasukan nomor tagihan malah terdapat keterangan “Proses tidak dapat di lakukan” atau “proses gagal” ada apa ya?

  52. Yulie
    Yulie says:

    saya sudah dapat kode pembayaran dari sms tapi waktu saya bayar di atm BCA tidak bisa. Kode pembayaran tidak terdaftar, tertulis begitu. jadi bagaimana solusinya ya, sudah dicoba berulang kali

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Untuk kendaraan plat B (Bekasi, Cikarang, Depok. dan Cinere) hanya nasabah bank bjb saja yang dapat menggunakan layanan esamsat.

      Mohon informasinya nopol kendaraan.

      Tks~Arrie

  53. Wary
    Wary says:

    selain pakai ATM BJB, apa bisa langsung ke Teler BJB langsung untuk transaksi pembayarn pajak motornya
    ?

  54. Tisna
    Tisna says:

    Saya sudah dapat sms kode bayarnys,tapi pas di atm BRI transaksinya gagal terus,solusinya?

  55. Supriadi Kartadarma
    Supriadi Kartadarma says:

    Sudah 2 minggu coba bayar pajak motor ke esamsat jabar lewat atm bni gagal terus…kyanya harus antri ke samsat lg ini mah..

  56. Bobby Adi
    Bobby Adi says:

    Domisili sy di Bekasi Barat, Samsat terdeakat dimana ya?Bila telah berhasil bayar via atm, adakah loket khusus untuk penukaran SKPD di Samsat? dokumen apa saja yg harus dibawa?

    Trims,
    Bobby

  57. imansantoso
    imansantoso says:

    Mengapa pembayaran pajak kendaraan ayah saya gagal, karena meski menggunakan akun BCA saya, tapi saya telah berhasil membayar pajak kendaraan om saya dengan, menggunakan tokopedia dari rekening saya

Comments are closed.