Perangi Korupsi, Dispenda Gelar Kapita Selecta

Korupsi ataupun kejahatan perbankan menjadi musuh yang terus diperangi oleh semua pihak, termasuk Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Jawa Barat. Seluruh kepala cabang dan TU/Tata Usaha di lingkungan Dispenda Jabar diberi pengarahan pada acara Kapita Selekta.

Acara yang berlangsung di Aula Dispenda Jabar, Senin (09/2) tersebut menghadirkan tiga narasumber, yakni perwakilan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), akademisi, dan peneliti transaski keuangan.

Dalam pemaparannya, ketiga narasumber tersebut membeberkan apa, bagaiamana, dan seperti apa dampak jika merugikan negara. Bahkan, beberapa contoh tindak pidana pencucian uang pun disampaikan kepada peserta yang hadir.

“PPATK akan dapat dengan mudah mendata aliran dana semua PNS se- Indonesia. Kita bica mengecek rekening-rekening yang mencurigakan,” kata perwakilan dari PPATK, Firdaus Saleh, dalam pemaparannya.

Tidak hanya dapat mengakses rekening, pihaknya pun mempunyai data base harta kekayaan pejabat maupun calon pejabat di negeri ini. Maka tidak terlalu sulit untuk mengendus pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan, termasuk perkembangan modus yang terjadi saat ini.

“Kita juga pelajarai pola karakter PNS, karena mayoritas setiap bulannya, uang masuk dan langsung ada penarikan. Itu karakter kebanyakan PNS. Kita juga mempunyai profilnya sampai dengan istri dan anak, apakah berwirasuasta atau tidak dan lainnya,” bebernya. ***

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.