SIPOLIN – Alternatif Cara Membayar Pajak Kendaraan Online

Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet terbesar di dunia. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengguna internet pada awal tahun 2016 sebesar 88,1 juta pengguna yang naik sebesar 51% (lima puluh persen) menjadi 132,7 juta pengguna pada awal tahun 2017. Hasil ini merupakan laporan yang diumumkan oleh perusahaan riset We Are Social pada akhir bulan Januari 2017 lalu. Perangkat yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengakses internet tidak mengalami perubahan yang berarti, sebanyak 69% (enam puluh sembilan persen) atau setara dengan 91,5 juta penduduk Indonesia menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet dan sisanya melalui desktop dan tablet.

Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat ‘menangkap’ kebutuhan ini dan meluncurkan program khusus untuk perangkat mobile yang diberi nama SIPOLIN (Sistem Informasi Pajak Online). SIPOLIN merupakan program khusus perangkat mobile berbasis android yang secara resmi diluncurkan pada hari Minggu (21/5/2017) di kawasan Car Free Day Dago. Sesuai dengan namanya SIPOLIN ini merupakan program yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk :
a. Melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor (PKB)
b. Melakukan pendaftaran online wajib pajak (WP)
c. Generate Kode bayar
d. Pembayaran PKB online (melalui internet banking, mobile banking)
e. Mencari lokasi kantor samsat terdekat se-Jawa Barat

Untuk dapat menggunakan program SIPOLIN ini masyarakat dapat mengunduh di google play, dengan memasukkan kata kunci SIPOLIN SAMSAT JABAR atau dapat klik tautan berikut Unduh Program SIPOLIN. Perlu diperhatikan bahwa program SIPOLIN ini memerlukan android versi 4 (Ice Cream) untuk dapat digunakan, selain itu program SIPOLIN ini juga memerlukan hak akses sebagai berikut :
1. Lokasi
a. approximate location (network-based)
b. precise location (GPS and network-based)
2. Phone
a. read phone status and identity
b. Photos/Media/Files
c. read the contents of your USB storage
d. modify or delete the contents of your USB storage
3. Storage
a. read the contents of your USB storage
b. modify or delete the contents of your USB storage
4. Camera
a. take pictures and videos
5. Wi-Fi connection information
a. view Wi-Fi connections
6. Device ID & call information
a. read phone status and identity
7. Other
a. receive data from Internet
b. view network connections
c. change network connectivity
d. connect and disconnect from Wi-Fi
e. full network access
f. read terms you added to the dictionary
g. prevent device from sleeping
h. read Google service configuration

Jadi, keputusan Anda apakah akan memberi hak akses kepada program SIPOLIN ini untuk mengakses data-data diatas atau tidak. Bila tidak Anda berikan hak akses, maka program SIPOLIN ini tidak akan dapat diinstal di perangkat mobile Anda. Setelah Anda berhasil melakukan instalasi program SIPOLIN di perangkat mobile Anda, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi. Pada halaman registrasi ini, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor KTP, password, nama, alamat, nomor HP, alamat email, provinsi, serta kota. Perlu diperhatikan untuk menggunakan alamat email dan nomor HP yang aktif karena nanti SIPOLIN akan mengirimkan kode aktivasi ke alamat email yang Anda daftarkan.

Setelah selesai melakukan registrasi dan aktivasi pengguna, maka Anda dapat masuk ke dalam program SIPOLIN menggunakan alamat email maupun nomor HP yang sudah didaftarkan sebelumnya. Setelah berhasil masuk maka Anda akan dihadapkan pada 8 (delapan) buah tombol, diantaranya adalah :

1. Informasi Kendaraan dan Pajak
Tombol ini dapat dipergunakan bila Anda ingin melakukan pengecekan informasi pajak kendaraan bermotor. Caranya cukup mudah, hanya tinggal memilih warna dasar plat nomor kendaraan (hitam, merah, kuning) dan memasukkan nomor kendaraan. Maka akan keluar informasi mengenai data kendaraan dan pajak kendaraan.

2. Pendaftaran Online
Tombol untuk melakukan pendaftaran dan generate kode bayar

3. Kode Bayarku
Tombol untuk generate kode bayar yang dapat digunakan untuk membayar melalui internet banking, mobile banking, maupun melalui e-Samsat

4. Pembayaran Online
Tombol untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online melalui internet banking

5. Bukti Bayar Ku
Tombol yang akan digunakan untuk melihat bukti pembayaran ketika wajib pajak selesai membayar pajak kendaraan bermotor secara online.

6. Pengesahan STNK
Tombol yang digunakan untuk melaksanakan pengesahan STNK dan digunakan ketika wajib pajak berada di kantor samsat untuk melaksanakan pengesahan STNK tahunan

7. Lokasi Kantor Samsat
Tombol yang digunakan untuk mencari kantor samsat terdekat, disertai dengan petunjuk arah melalui google maps.

8. Keluar
Tombol untuk keluar(logout) dari program SIPOLIN. Setelah keluar, maka untuk dapat menggunakan SIPOLIN Anda diharuskan untuk masuk(login) kembali.

Dengan adanya program SIPOLIN ini wajib pajak akan memiliki banyak pilihan untuk membayar pajak kendaraan bermotor sehingga tidak akan ada lagi alasan untuk tidak membayar pajak kendaraan bermotor.

 

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.

219 balasan
  1. Piyo Agency
    Piyo Agency says:

    Sudah download dan daftar, kemudian bisa login, tetapi cari data kendaraan tidak muncul, plat depan B, apa hanya untuk plat D saja kah? Ada saran, ditunggu, tks

      • Piyo Agency
        Piyo Agency says:

        Kendaraan kami plat B bekasi pak, cek lewat sms bapenda jabar muncul, tapi dibayar via bank atm bca sesuai nama , tapi gak bisa tuh, bgmn?

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            NIK pemilik kendaraan tidak sama dengan NIK pemilik rekening Pak, sehingga kode bayar tidak terdaftar.

            Salah satu syarat agar dapat menggunakan esamsat adalah NIK pemilik kendaraan sama dengan NIK pemilik rekening.

            Tks~Arrie

          • Piyo Agency
            Piyo Agency says:

            Jadi kalau di cek lewat hp esamsat data kendaraan kami muncul B 1845 FOH dst dg kode bayar, tetapi waktu bayar ke ATM BCA, data tidak terdaftar, salah dimana ya ?

          • Piyo Agency
            Piyo Agency says:

            Halooo Pak.Arrie bgmna? Di sipolin data kendaraan kami juga tidak muncul, keliru dimana ya ?

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            SIPOLIN saat ini khusus kendaraan yang terdaftar di Polda Jawa Barat. Bekasi masuk ke dalam wilayah hukum Polda Metro Pak.

            Tks~Arrie

          • Piyo Agency
            Piyo Agency says:

            Kami cek di polda metro jaya B 1845 FOH tdk ada pak, domisili kendaraan kami di Tambun, masuk polda mana Pak? Di Sipolin blm bisa ya? Tks infonya…

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Secara administratif Bapak masuk ke wilayah Provinsi Jawa Barat (Kabupaten Bekasi) namun secara hukum bapak masuk ke wilayah hukum Polda Metro Pak.

            Silahkan cek kembali di STNK kendaraan Bapak khususnya pada bagian tanda tangan (kanan bawah). Untuk kepala Dirlantas (Polda Metro), Kepala Bapenda (Provinsi Jabar).

            Sipolin saat ini khusus untuk kendaraan yang terdaftar di Polda Jabar Pak

            Tks~Arrie

    • Piyo Agency
      Piyo Agency says:

      Pakai kode bayar yg diterima dari sms juga data tidak ditemukan waktu transaksi di atm bca, bni, bri, ada info Gan?

  2. Piyo Agency
    Piyo Agency says:

    Kami cek di polda metro jaya B 1845 FOH tdk ada pak, domisili kendaraan kami di Tambun, masuk polda mana Pak? Di Sipolin blm bisa ya? Tks infonya…

  3. yayat sudrajat
    yayat sudrajat says:

    saya dari Jabar. udah download SIPOLIN tetep ga bisa pak.. malah balasannya selalu ( tidak ada respon dari server samsat ) seharusnya server samsat lebih mudah karena satu wilayah dan negara. di bandingkan facebook dari negara orang, satu klik nampak tuh.. mohon di perbaiki pak. supaya memudahkan masyarakat. saya mendukung sekali program ini.. kalo bisa semua BANK/indomart bisa transaksi untuk seluruh indonesia. trimakasih
    .

  4. yona wahyudi
    yona wahyudi says:

    Saya sudah instal apl sipolin dan nik saya sudah terdaftar,tapi kelanjutannya tidak muncul…..harus gimana kelanjutannya pak?

  5. cucu cahman gantina
    cucu cahman gantina says:

    Maaf pa mau nanya juga untuk pajak kawasaki ninja dengan no pol E 5682 XV berapa ya ? tidak bisa cek di aplikasi

  6. Tiara
    Tiara says:

    maaf pak, saya mau tanya.
    saya mau bayarkan pajak motor tapi di stnk a/n saudara saya, beliau tidak memiliki no rek/email/dll.
    bagaimana ya pak?
    mohon infonya, terimakasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Maksudnya ingin menggunakan layanan E-Samsat Jabar ? Salah satu syaratnya adalah NIK pemilik kendaraan harus sama dengan NIK pemilik rekening tabungan. Jadi, harus memiliki rekening tabungan di salah satu bank yang telah bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Jawa Barat

      Tks~Arrie

      • Tiara
        Tiara says:

        iya pak, ingin bayar online.
        owh jadi tidak bisa ya pak kalau pemilik kendaraan a/n Ali kemudian dibayarakan oleh rek Tiara?

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          Untuk e-Samsat Jabar tidak bisa Bu. Kecuali Ibu menggunakan Sipolin, namun dengan syarat kendaraan terdaftar di wilayah hukum Polda Jabar dan nasabah bank bjb. Ketika selesai membayar PKB menggunakan Sipolin, maka ketika menukarkan struk / bukti pembayaran dengan STNK/SKPD asli harus menggunakan e-KTP asli pemilik kendaraan.

          Tks~Arrie

  7. muri
    muri says:

    mohon bantuannya untuk check estimasi pajak untuk D 1597 AB, saya sudah coba SMS tapi tidak ada balasan. nuhun

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Rinciannya sebagai berikut Pak (bila pajak tahun depan akan dibayarkan):

      1. PKB : Rp203.000
      2. SWDKLLJ : Rp35.000
      3. Denda PKB : Rp48.800
      4. Denda SWDKLLJ : Rp32.000
      5. Tunggakan PKB : Rp203.000
      6. Tunggakan SWDKLLJ : Rp35.000
      7 Pengesahan STNK : Rp25.000

      Total yang harus dibayarkan Rp581.800

      Untuk informasi lebih rinci silahkan datangi loket informasi di kantor samsat induk.

      Tks~Arrie

      • Lkp Khanah Busana
        Lkp Khanah Busana says:

        Haaa?
        Tambah banyaknya aja nih, tadi total 270.000
        Sekarang malah 581.800
        Saya kan TANYA kenapa ada DENDA SWDKLLJ?
        Kan sudah ada pokok swdkllj mengapa ada dendanya juga?

        Untuk tahun ini?
        Padahal pajak kan september bulan depan!

        Kurang jelas informasinya!

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          Mohon maaf atas ketidakjelasan dari Penjelasan saya.

          Ada denda karena pajak kendaraan untuk tahun 2016 belum dibayarkan, sehingga untuk PKB dan SWDKLLJ terkena denda.

          Pada aplikasi datanya belum terupdate karena masih dalam proses sinkronisasi. Bila Bapak ke Loket informasi di kantor samsat maka akan lebih jelas perihal denda tersebut.

          Tks~Arrie

          • Lkp Khanah Busana
            Lkp Khanah Busana says:

            Oke terimakasih penjelasannya, walaupun kurang jelas.
            Maaf saya ada pertanyaan:
            1. Kalau ada denda baru dua bulan, bisa di bayar di samsat keliling?

            2. Apakah boleh dibayarakan oleh saya (suami), kendaraan pribadi milik istri saya.

            Dan mohon info jadwal untuk samsat keliling kabupaten cirebon.
            Terimakasih..

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Mohon maaf sebelumnya apabila masih belum jelas, saya dapat mengirimkan foto layar dari info pajak untuk lebih jelasnya agar Bapak dapat melihat detil dari item yang dibayarkan.

            Menjawab pertanyaan Bapak :
            1. Bisa Pak.
            2. Boleh Pak, Namun persyaratan harus tetap dibawa (KTP istri, STNK, dan SKPD).

            Untuk jadwal Samsat Keliling, dapat dilihat di https://bapenda.jabarprov.go.id/jadwal-samsat-keliling/ atau melalui linimasa media sosial kami (facebook dan twitter).

            Tks~Arrie

          • Lkp Khanah Busana
            Lkp Khanah Busana says:

            https://uploads.disquscdn.com/images/47bcc8732ab71c23ad03ea377938675914d84343879a477c850bdcf50a000351.jpg SKPD itu apa?
            Kemarin saya ke outlet samsat grage city mall cirebon, untuk bayar pajak kendaraan saya thunder en125.
            Tapi di notice tersebut motor saya progresif kedua.
            Padahal, tahun kemarin di samsat ciledug cirebon sudah saya klarifikasi, kalau kendaraan yang pertama itu bukan nama dan alamat saya.
            Memang, di desa saya ada dua nama sama tetapi beda blok dan RT, yang jelas beda orang juga.
            Tapi kenapa tahun ini masih muncul lagi?
            Tolong dong kroscek nama alamat yang teliti.
            Butuh waktu dan tenaga untuk melunasi pajak kendaraan, bukan hanya uang.
            Terimakasih, berikut saya lampirkan foto notice.

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Pak.

            Untuk selanjutnya berbekal keterangan dari loket progresif menuju ke ruangan RC (Ruang Kontrol) untuk meminta bagian RC memisahkan data tersebut sehingga tidak terkena pajak progresif.

            Tks~Arrie.

          • Lkp Khanah Busana
            Lkp Khanah Busana says:

            Saya sudah dari pagi hubungi samsat ciledug di nomor 0231-662704 sampai saat inI tidak pernah diangkat telponnya.
            Ini sudah kedua kalinya tercatatat sebagai pajak pfogresif.
            Tahun kemarin 2016 padahal sudah saya konfirmasikan, tetapi kenapa masih belum berubah datanya.
            Gimana ini mau taat pajak aja susah..

          • Lkp Khanah Busana
            Lkp Khanah Busana says:

            SKPD itu apa?
            Kemarin saya ke outlet samsat grage city mall cirebon, untuk bayar pajak kendaraan saya thunder en125.
            Tapi di notice tersebut motor saya progresif kedua.
            Padahal, tahun kemarin di samsat ciledug cirebon sudah saya klarifikasi, kalau kendaraan yang pertama itu bukan nama dan alamat saya.
            Memang, di desa saya ada dua nama sama tetapi beda blok dan RT, yang jelas beda orang juga.
            Tapi kenapa tahun ini masih muncul lagi?
            Tolong dong kroscek nama alamat yang teliti.
            Butuh waktu dan tenaga untuk melunasi pajak kendaraan, bukan hanya uang.
            Terimakasih, berikut saya lampirkan foto notice. https://uploads.disquscdn.com/images/47bcc8732ab71c23ad03ea377938675914d84343879a477c850bdcf50a000351.jpg

  8. Fathur Anwar
    Fathur Anwar says:

    Permisi min , saya mau tanya kalau saya beli motor secondhand yang dimana nama STNK dengan saya berbeda trus saya mau bayar pajak tahunan , apakah bisa ??

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Salah satu syaratnya adalah adanya Identitas pemilik kendaraan (KTP/KK) sesuai dengan di STNK. Bila hal tersebut dapat terpenuhi maka bisa.

      Namun, bila hal tersebut tidak dapat terpenuhi maka menurut hemat kami akan lebih baik jika kendaraan dibaliknamakan sehingga sesuai dengan pemilik saat ini.

      Tks~Arrie

  9. didin mulyana
    didin mulyana says:

    sore min, mau tanya kalo mau bayar pajak tahunan plat Z 4477 CA. Daerah bekasi, samsat online terdekat dmn ya? tks

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Harus ke daerah yang sama wilayah hukumnya Pak, misalnya karawang, bogor.

      Karena Bekasi, Depok dan Cikarang masuk ke dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya berbeda dengan kendaraan Bapak yang masuk ke wilayah hukum Polda Jabar.

      Tks~Arrie

  10. Benn
    Benn says:

    mohon bantuannya untuk estimasi pajak D 1440 PJ apakah blokir atau tidak ? seandainya blokir apa yang harus WP lakukan untuk memperpanjang nya ? karena dalam aplikasi sipolin tidak ada keterangan blokir / tidak .. terima kasih

  11. mario maurer
    mario maurer says:

    selamat siang pak /ibu . mohon di infokan status kendaraan mobil HITAM B 1660 EVJ terimakasih sedetail mungkin ya pak hehehe ..

  12. rizki
    rizki says:

    maaf mau tanya info pajak kendaraan nopol D 1211 DY rincian biaya plus balik nama ,terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi pajak sebesar Rp2.100.100

      Biaya PNBP yang terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut :
      Untuk Kendaraan Roda 4 atau lebih
      1. Biaya Penerbitan STNK Rp200.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp100.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp375.000
      4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp250.000

      Balik nama ke mana Pak, mohon di informasikan.

      Tks~Arrie

  13. Muhamad Rudiansyah
    Muhamad Rudiansyah says:

    saya mau tanya… gmn klo status kendaraan masih di leasing namun diharuskan balik nama karena sudah berbeda kepemilikannya?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Silahkan di koordinasikan dengan pihak leasing mengenai hal tersebut. Karena salah satu syarat untuk balik nama adalah adanya BPKB asli kendaraan yang dilampirkan ketika akan melaksanakan proses balik nama.

      Tks~Arrie

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Bisa Bu, namun ketika melakukan penukaran struk dengan STNK dan SKPD asli diharuskan membawa KTP elektronik pemilik kendaraan sebagaimana tertera di STNK.

      Tks~arrie

  14. Rahmat Saleh
    Rahmat Saleh says:

    pak estimasi pajak tahunan berikut biaya mutasi dari samsat cimareme pindah ke samsat kawaluyaan kira kira biaya yang saya keluarkan berapa pa? platnya D 3931 XT.terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi pajak sebesar Rp232.800
      estimasi BBN sebesar Rp113.000
      Biaya PNBP yang terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut :

      a. Untuk Kendaraan Roda 2 atau Roda 3
      1. Biaya Penerbitan STNK Rp100.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp60.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp225.000
      4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp150.000

      Untuk informasi lebih rinci silahkan hubungi front office di kantor samsat induk asal maupun tujuan.

      Tks~Arrie

  15. budi
    budi says:

    maaf saya mau tanya kemarin hari jumat saya bayar pajak kendaraan bermotor di samsat kota banjar. keterangan yg di berikan oleh petugas kendaraan yg mau saya bayar pajaknya di blokir. untuk membuka blokir dia bilang harus bayar Rp.2.700.000 pdahal setelah dibayar yg Rp.700.000 tidak masuk dlm kuitansi pembayaran yg tertera justru Rp.2.167.000. yang mau saya tanyakan kemana uang yg 700.000 tersebut?

  16. rina wati
    rina wati says:

    Mapaf mau tanya kalou bayar pajak telat satu tahun apakah bisa lewat aplikasi sipolin ini dan langsung bayar 2 tahun. Soalnya yg tahun 2016 blom bayar dan jatuh tempo pada bulan september jadi mau sekalian bayar sama yg tahun 2017. Terus pembayaran nya bisa lewat bank apa saja. Kalou ke kantor pos bisa gak? Sama tolong cek flat ini D 5066 SAT Tolong bantuan nya makasih

  17. rina wati
    rina wati says:

    Maaf mau tanya cara mau ngehapus nama kita dari kepemilikan motor Gimana soalnya motor itu sudah tidak di saya lagi alias sudah pindah tangan.

    Sarat” yg di butuhkan apa saja.

    Sebelumnya terimakasih

  18. Hideaki Takizawa
    Hideaki Takizawa says:

    maaf kang, saya mau bayar pajak 2 tahun, rincian biaya yg di aplikasi sipolin tertera satu tahun, bisa minta info pajak seluruhnya, no pol Z 5126 BI. dan apakah bisa dibayar online dengan sipolin? hatur nuhun.

  19. Didih
    Didih says:

    Aslmkum mohon informasinya pak, stnk dan plat no motor saya bentar lagi habis, motor saya matic th 2012 atas nama saudara saya status Kotamadya Bandung dan rencananya saya ingin mutasi ke Kab.Bandung atas nama pribadi saya. Yang saya tanyakan adalah …
    1. Persyaratan apa saja dan Berapa biaya jika motor saya dimutasikan sekaligus balik nama ?
    2. Persyaratan dan berapa biaya jika motor saya tanpa mutasi tetap dengan nama saudara saya ?

    Terima Kasih sebelumnya..

  20. dwiki
    dwiki says:

    Maaf kang saya mau tanya untuk pembayaran pajak sekaligus balik nama tapi beda kecamatan kira – kira berapa ya untuk nopol F 4617 UP dan apa saja persyaratannya.
    Mohon pencerahannya
    Tks

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi pajak (denda dan tunggakan) Rp769.200
      estimasi BBN sebesar Rp89.000

      Biaya PNBP yang terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut :

      Untuk Kendaraan Roda 2 atau Roda 3
      1. Biaya Penerbitan STNK Rp100.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp60.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp225.000

      Untuk informasi lebih rinci silahkan hubungi loket front office di kantor samsat induk

      Tks~Arrie

  21. Adi Solahudin
    Adi Solahudin says:

    Maaf kang, untuk pembayaran pajak apa bisa secara manual? Karena waktu itu saya disuruh membuat rekening bank bjb saat mau membayar pajak, karena biasanya saya membayar pajak di bank bjb..

  22. Ine Puspita Dewi
    Ine Puspita Dewi says:

    Selamat siang, maaf mau tanya perihal info pajak kendaraan dengan nopol E 2730 YAD, mohon infonya terimakasih

  23. Bayu Pratama
    Bayu Pratama says:

    Maaf mau tanya, untuk kendaraan dari Depok tidak bisa ya? saya cari selalu hasilnya “data tidak ditemukan”

  24. Triyono Henricus
    Triyono Henricus says:

    Siang, mau tanya info estimasi pajak untuk mobil B 1694 KMG plat hitam dan mobil B 1647 KIW plat hitam. Terima kasih.

  25. Triyono Henricus
    Triyono Henricus says:

    Sore Kang, kendaraan saya terdaftar di Bekasi Kota, tapi dicari di Sipolin ini data tidak ditemukan. Apakah data yg di server belum semua diinput?

  26. Ahmad Lisanudin
    Ahmad Lisanudin says:

    Mau nanya biaya cabut berkas nopol F 1717 ET mau saya mutasi ke kudus jawa tengah,kira2 hbis pajaknya brp ya,biar bisa ngira2 bawa uang nya soalnya posisi jauh,mohon di jawab,makasih

  27. Adam
    Adam says:

    Mohon informasinya kenaraan atas no B 6653 KQJ estimasi untuk balik nama di bekasi bapak/ibu

    • Benny
      Benny says:

      pajak dan plat mati Pak. Saat ini mobil sedang berada di Kepri. Pengurusan nya bisa via samsat di Kepulauan Riau nga ya PaK?

  28. atep supriatna
    atep supriatna says:

    Mohon bantuannya untuk cek estimasi biaya balik nama kendaraan dgn nomer plat D 1494 RP, dari samsat Bandung tengah ke samsat Soreang, terimakasih

  29. Herlambang Dedi Arifianto
    Herlambang Dedi Arifianto says:

    Mau tanya info pajak dan dendanya untuk kendaraan dengan nopol b 6750 fmb dan rincian biaya mutasi keluar daerah

  30. NANAK
    NANAK says:

    pak mau nanya mumpung ada pemutihan di lampung .motor dg plat B 6912 EBA kira biayanya hbs brp pak… dan bisa di mutasi ga pak

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi pajak sebesar Rp1.358.500
      Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp150.000

      bisa dimutasi tapi pajak sama dendanya dilunasi dulu di samsat induk asal.

      Tks~Arrie

  31. Setiawan Deni
    Setiawan Deni says:

    No D 3973 TM samsat kota tolong pajak nya berapa sama balik nama supaya bisa menyiapkan uangnya. Balik nama ke wilayah bdg kabupaten samsat soreang. Terimakasih mohon respon secepatnya

  32. Didin Misbahudin
    Didin Misbahudin says:

    Mohon Info pajak dan denda mobil nopol Z 1281 NC.
    Saya sudah coba masuk lewat Sipolin android, tapi tidak ada respon. Terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      PKB : Rp 178.500
      SWDKLLJ : Rp35.000
      ADM STNK : Rp100.000
      ADM TNKB : Rp60.000

      Denda PKB : Rp50.100
      Denda SWDKLLJ : Rp40.000
      Tunggakan PKB : Rp178.500
      Tunggakan SWDKLLJ : Rp35.000

      Tks~Arrie

  33. Wandy Siswandy
    Wandy Siswandy says:

    Mohon info untuk pajak motor D 2783 SAK
    Saya sudah coba via Sipolin tapi Tidak Ada Respon dari Server Pajak Samsat
    Tks

  34. Rivan Sapta
    Rivan Sapta says:

    mohon infonya kenapa aplikasi sipolin “Tidak ada respon dari server pajak samsat” terus.

  35. atep supriatna
    atep supriatna says:

    Mohon bantuannya untuk cek pajak beserta estimasi biaya balik nama kendaraan dgn nomer plat D 1494 RP, dari samsat Bandung tengah ke samsat Soreang, terimakasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi pajak sebesar Rp1.045.000
      estimasi denda dan tunggakan sebesar Rp1.468.700
      estimasi BBN sebesar Rp328.000

      Biaya PNBP yang terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut :

      b. Untuk Kendaraan Roda 4 atau lebih
      1. Biaya Penerbitan STNK Rp200.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp100.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp375.000
      4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp250.000

      Untuk informasi lebih rinci silahkan hubungi loket informasi di kantor samsat induk

      Tks~Arrie

  36. Muhammad Rizqi Aditya
    Muhammad Rizqi Aditya says:

    maaf mau tanya info pajak kendaraan nopol Z 1806 YB rincian biaya plus balik nama , terima kasih. karena akan saya mutasi ke wilayah jawa tengah

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi pajak sebesar Rp368.500
      Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp250.000

      Untuk informasi lebih rinci silahkan hubungi loket informasi di kantor samsat induk

      Tks~Arrie

      • Muhammad Rizqi Aditya
        Muhammad Rizqi Aditya says:

        Berarti tidak ada biaya lain untuk mutasi ? Maaf samsat induk jawa tengah atau samsat terdekat atau samsat induk banjar patoman ? Karna plat z banjar patoman. Terimakasih

  37. arty
    arty says:

    saya sudah dapet kode bayar tapi pada saat layar pilihan metode pembayaran saya pilih atm muncul beberapa pilihan bank tapi pada saat saya pilih salah satu bank tidak muncul layar apapun yang mucul hanya tulisan cara pembayaran bank BNI setelah itu hilang lagi, harus gimana nextnya?tolong secepatnya di balas karena saya perlu banget

  38. arif
    arif says:

    Maaf mau minta bntuanya. Sya lupa bayar pajak karena tidak cek stnk. Tolong minta hitungkan estimasi pajak dan dendanya buat motor saya D 5746 VBA. Terimakasih

  39. Intan S
    Intan S says:

    mohon bantuan, saya sudah coba pake aplikasinya, saat cari data outputnya informasi: tidak ada respon dari server pajak. apakah harus mencoba kembali beberapa waktu atau ada solusi lainnya? terima kasih, salam.

  40. Eko Yunianto
    Eko Yunianto says:

    Bertanya dong…ini all Jawa barat kan ya… berarti Cikarang bisa ya… soalnya kan plat B

  41. Ebi Ebot Kenari
    Ebi Ebot Kenari says:

    Mohon penjelasan data pajak kendaraan nopol D 4233 FU, di coba di sipolin ga bisa akses
    Terima kasih

  42. Abdul Latip
    Abdul Latip says:

    Mohon di cek pajak motor yamaha rxk plat Z 4398 HB.
    Kira2 biaya brpa ya?
    Mati dari 2003, kaleng dari 2006.
    Thanks.
    Klo lebih dari 10thn apakah ada pemutihan?

  43. Dadan
    Dadan says:

    Info Pajak dan atau denda motor nouvo z E4366VS berapa ya? Sudah pernah sms tapi tidak ada konfirmasinya, terimakasih

  44. namidira 2012
    namidira 2012 says:

    Mohon info… Saat ini saya dinas di palembang sedangkan plat mobil saya D (bandung),apa bisa pembayaran pajak stnk nya dilakukan via aplikasi sipolin?..

  45. Mochamad Giri Akbar
    Mochamad Giri Akbar says:

    Dear Aa/teteh
    mohon infonya udah request via aplikasi dan SMS ke 08112119211 belum ada balasan, mohon dibantu F 1743 IO.. hatur nuhun

  46. Bagus Taufik
    Bagus Taufik says:

    Mohon informasi dan bantuannya saya membeli motor skywave pkb D 4340 GA pajaknya kosong lama mau di urus sekalian balik nama dari kodya bandung ke kab.bandung. estimasi biayanya berapa? Terimakasih sebelumnya.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi pajak sebesar Rp274.300
      estimasi denda dan tunggakan sebesar Rp1.728.000
      estimasi BBN sebesar Rp87.000

      Biaya PNBP yang terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut :

      a. Untuk Kendaraan Roda 2 atau Roda 3
      1. Biaya Penerbitan STNK Rp100.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp60.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp225.000
      4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp150.000

      Untuk informasi lebih rinci silahkan hubungi loket front office di kantor samsat induk asal maupun tujuan.

      tks~arrie.

  47. Deni Mulyana Sasmita
    Deni Mulyana Sasmita says:

    Mohon informasi estimasi pajak mobil d 2321 im. Maaf soalnya lwt sms ga ada jawaban.. Terima kasih…

  48. Deni Mulyana Sasmita
    Deni Mulyana Sasmita says:

    Mohon informasi pajak mobil d 1321 im. Maaf soalnya lwt sms ga ad jawaban.. Terima kasih..

  49. Danies Permana
    Danies Permana says:

    Assalamualaikum. Setelah selesai pembayaran secara online disipolin. Bawa stnknya dmn?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      waalaikum salam.

      bisa ditukarkan di loket pelayanan samsat Bu. Jangan lupa membawa persyaratan seperti KTP pemilik sesuai data di STNK, STNK dan SKPD kendaraan.

      tks~Arrie

  50. Danies Permana
    Danies Permana says:

    Satu lagi pak kalau yg terdaftar dipajak ktp yg lama, sedangkan ktp yang lama sudah berakhir berlakunya dan ktp yg barunya nomer ktpny berbeda, berarti kita bawa ktp yang mana?

  51. Togar Gultom
    Togar Gultom says:

    Saya hanya memiliki foto KTP asli pemilik, bukan KTP asli nya. Apakah bisa digunakan untuk membayar pajak kendaraan ?

  52. Andi Susilo
    Andi Susilo says:

    Kalau propinsi lain hanya memasukan plat nopol saja.. disitu langsung muncul jumlah pajak yg harus dibayar.. tanpa sms.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Mohon doanya Pak, semoga tahun ini dapat terealisasi.

      untuk ke depannya, info pajak dapat diketahui dengan mengunduh aplikasi SAMBARA di google Play Store.

      Tks~Arrie

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi pajak sebesar Rp249.000

      untuk ke depannya, info pajak dapat diketahui dengan mengunduh aplikasi SAMBARA di google Play Store.

      Tks~Arrie

      • Tantowi Mizar
        Tantowi Mizar says:

        Klo itu sudah termasuk denda ? Atau biaya pokok ajh ? Soalnya saya mau bayar pajak tpi takut kena blokir sedangkan uangnya pas pasan

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          saat ini jumlah pajak kendaraan sebesar Rp509.700

          untuk ke depannya, info pajak dapat diketahui dengan mengunduh aplikasi SAMBARA di google Play Store.

          Tks~Arrie

  53. Angwar away
    Angwar away says:

    Selamat pagi pak maaf saya mau tanya saya kan udah pernah daftar akun sipolin tapi lupa no hp nya.. saya mau daftar lagi pake ktp saya gak bisa katanya sudah digunakan mohon bantuanya terima kasih

  54. Despian Pratama
    Despian Pratama says:

    Mohon info pajak motor supra x hitam f 5927 kz
    Saya sudah sms ke nomor 0811 211 9211 tidak ada balasan sudah seminggu lebih, dan sudah coba aplikasi sipolin tetap tidak bisa karena aplikasi error tidak dpt terhubung ke server..
    Mohon bantuannya.

  55. Fahmi Ilhami
    Fahmi Ilhami says:

    Mohon informasi denda pajak dan nilai pembayaran pajaknya untuk kendaraan motor honda win D 5344 CO plat hitam. Terimakasih

  56. Azalea Khaliqa
    Azalea Khaliqa says:

    Mohon info untuk denda dan biaya pajak motor legenda F 4144 c
    Terimakasih

  57. Deden setiawan
    Deden setiawan says:

    Mohon bantuannya info untuk denda dan pajak motor yamaha mio soul D 4056 SGF

  58. Taufan Aprianto
    Taufan Aprianto says:

    Kok nopol saya tidak terdeteksi ya ,saya mau cek pajak nya nopol B 3809 EGJ

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Sipolin khusus kendaraan yang terdaftar di Polda Jabar. Silahkan coba menggunakan aplikasi SAMBARA untuk kendaraan di Provinsi Jawa Barat

      tks~Arrie

  59. Danies Permana
    Danies Permana says:

    Mau tanya stnk dan bpkb saya dulunya salah alamat kemudian sudah saya benerin, tapi pas kemaren ngisi pajak di e samsat pas dicetak stnk saya kembali lagi ke alamat yg salah, apa perlu saya urus kembali ke samsat atau bisa di e samsat soalnya? Mohon solusinya soalnya nyari waktu kosong dijam kerja agak bingung soalnya kerjanya jauh. Bisa dicek alamat yg terdaptar yg mana D 6485 ZCP.

  60. Wisnuwardhana
    Wisnuwardhana says:

    App sipolin tidak bisa dibuka.Server tidak memberikan respon.Kenapa ya

  61. Adoel
    Adoel says:

    Siang pak
    Di aplikasi sipolin no induk KTP saya tidak terdaftar saat masuk pembayaran online. Mohon petunjuknya

  62. Dea nurul f
    Dea nurul f says:

    Maaf sebelum nya kemarin saya balik nama hari sabtu pagi tgl 14-07-18,saya baca dari intrnt katanya balik nama grtis ya??
    Ko saya abis 8rts lbih ya..
    Saya bayar yang k bank 351.000 ini ada bukti rincian pmbayarnnya
    Yg 375.000 langsung di minta di loket pembyaran,yg mnta trsbut memkai seragam polisi?
    Lalu saya tanya itu untuk apa yg 375.000 trus kenapa bayarnya tidak ke bank langsung sprti yg di atas yg 351.000.
    (Mr.A) polisi trsbut bilang ini yg 375.000 untuk ganti BPKB..
    Apakah benar ya BPKB 375.000?? Dari pengalaman teman saya BPKB hanya 225.000 .
    Apakah itu yg d sebut pungli pak??
    Ini terjadi di samsat garut,oknum yg meminta uangnya langsung di loket pendftrab memakai seragam polisi,, inisial (A)
    Tolong untuk bapeda harus di tindak lanjut karna itu merugikan buat kami!! Terimakasih

  63. Sri Zanuar
    Sri Zanuar says:

    Saya sudah mengurus mutasi masuk di indramayu.. sudah sy laksanakan sesuai petunjuk petugas samsat indramayu 1. Bagian terakhir dapat stnk baru kemudian ke bag.mutasi kemudian ambil bpkb di POLRES. setelah itu tdk ada instruksi lagi. Seharusnya sudah beres kan? saya lihat2 lagi dirumah, ternyata pengesahan stnk mash kosong. Apa mereka pengen saya balik lg ke samsat? Kenapa ga ada yg bilang misalkan habis ni ke pengesahan ya bu gitu.. padahal loket bagian yg ngeprint stnk tu bagian pengesahan juga. Saya kira beres. Aduuhh.. ongkos lagi waktu lagi

Comments are closed.