SIPOLIN – Alternatif Cara Membayar Pajak Kendaraan Online

Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet terbesar di dunia. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengguna internet pada awal tahun 2016 sebesar 88,1 juta pengguna yang naik sebesar 51% (lima puluh persen) menjadi 132,7 juta pengguna pada awal tahun 2017. Hasil ini merupakan laporan yang diumumkan oleh perusahaan riset We Are Social pada akhir bulan Januari 2017 lalu. Perangkat yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengakses internet tidak mengalami perubahan yang berarti, sebanyak 69% (enam puluh sembilan persen) atau setara dengan 91,5 juta penduduk Indonesia menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet dan sisanya melalui desktop dan tablet.

Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat ‘menangkap’ kebutuhan ini dan meluncurkan program khusus untuk perangkat mobile yang diberi nama SIPOLIN (Sistem Informasi Pajak Online). SIPOLIN merupakan program khusus perangkat mobile berbasis android yang secara resmi diluncurkan pada hari Minggu (21/5/2017) di kawasan Car Free Day Dago. Sesuai dengan namanya SIPOLIN ini merupakan program yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk :
a. Melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor (PKB)
b. Melakukan pendaftaran online wajib pajak (WP)
c. Generate Kode bayar
d. Pembayaran PKB online (melalui internet banking, mobile banking)
e. Mencari lokasi kantor samsat terdekat se-Jawa Barat

Untuk dapat menggunakan program SIPOLIN ini masyarakat dapat mengunduh di google play, dengan memasukkan kata kunci SIPOLIN SAMSAT JABAR atau dapat klik tautan berikut Unduh Program SIPOLIN. Perlu diperhatikan bahwa program SIPOLIN ini memerlukan android versi 4 (Ice Cream) untuk dapat digunakan, selain itu program SIPOLIN ini juga memerlukan hak akses sebagai berikut :
1. Lokasi
a. approximate location (network-based)
b. precise location (GPS and network-based)
2. Phone
a. read phone status and identity
b. Photos/Media/Files
c. read the contents of your USB storage
d. modify or delete the contents of your USB storage
3. Storage
a. read the contents of your USB storage
b. modify or delete the contents of your USB storage
4. Camera
a. take pictures and videos
5. Wi-Fi connection information
a. view Wi-Fi connections
6. Device ID & call information
a. read phone status and identity
7. Other
a. receive data from Internet
b. view network connections
c. change network connectivity
d. connect and disconnect from Wi-Fi
e. full network access
f. read terms you added to the dictionary
g. prevent device from sleeping
h. read Google service configuration

Jadi, keputusan Anda apakah akan memberi hak akses kepada program SIPOLIN ini untuk mengakses data-data diatas atau tidak. Bila tidak Anda berikan hak akses, maka program SIPOLIN ini tidak akan dapat diinstal di perangkat mobile Anda. Setelah Anda berhasil melakukan instalasi program SIPOLIN di perangkat mobile Anda, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi. Pada halaman registrasi ini, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor KTP, password, nama, alamat, nomor HP, alamat email, provinsi, serta kota. Perlu diperhatikan untuk menggunakan alamat email dan nomor HP yang aktif karena nanti SIPOLIN akan mengirimkan kode aktivasi ke alamat email yang Anda daftarkan.

Setelah selesai melakukan registrasi dan aktivasi pengguna, maka Anda dapat masuk ke dalam program SIPOLIN menggunakan alamat email maupun nomor HP yang sudah didaftarkan sebelumnya. Setelah berhasil masuk maka Anda akan dihadapkan pada 8 (delapan) buah tombol, diantaranya adalah :

1. Informasi Kendaraan dan Pajak
Tombol ini dapat dipergunakan bila Anda ingin melakukan pengecekan informasi pajak kendaraan bermotor. Caranya cukup mudah, hanya tinggal memilih warna dasar plat nomor kendaraan (hitam, merah, kuning) dan memasukkan nomor kendaraan. Maka akan keluar informasi mengenai data kendaraan dan pajak kendaraan.

2. Pendaftaran Online
Tombol untuk melakukan pendaftaran dan generate kode bayar

3. Kode Bayarku
Tombol untuk generate kode bayar yang dapat digunakan untuk membayar melalui internet banking, mobile banking, maupun melalui e-Samsat

4. Pembayaran Online
Tombol untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online melalui internet banking

5. Bukti Bayar Ku
Tombol yang akan digunakan untuk melihat bukti pembayaran ketika wajib pajak selesai membayar pajak kendaraan bermotor secara online.

6. Pengesahan STNK
Tombol yang digunakan untuk melaksanakan pengesahan STNK dan digunakan ketika wajib pajak berada di kantor samsat untuk melaksanakan pengesahan STNK tahunan

7. Lokasi Kantor Samsat
Tombol yang digunakan untuk mencari kantor samsat terdekat, disertai dengan petunjuk arah melalui google maps.

8. Keluar
Tombol untuk keluar(logout) dari program SIPOLIN. Setelah keluar, maka untuk dapat menggunakan SIPOLIN Anda diharuskan untuk masuk(login) kembali.

Dengan adanya program SIPOLIN ini wajib pajak akan memiliki banyak pilihan untuk membayar pajak kendaraan bermotor sehingga tidak akan ada lagi alasan untuk tidak membayar pajak kendaraan bermotor.