Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan Bermotor

Tahukah kamu apa itu Pajak Progresif Kendaraan Bermotor ? Pajak progresif merupakan pajak kendaraan bermotor untuk kepemilikan kedua dan seterusnya yang diterapkan pada kendaraan pribadi baik roda dua atau roda tiga dan roda empat dengan nama pemilik, alamat tempat tinggal, dan jenis kendaraan yang sama. Contohnya orang pribadi yang memiliki satu kendaraan bermotor roda 2 (dua), satu kendaraan roda 3 (tiga), dan satu kendaraan bermotor roda 4 (empat) masing-masing jenis kendaraan (sepeda motor dan mobil) diperlakukan sebagai kepemilikan pertama karena meskipun nama dan alamat pemilik sama namun jenis kendaraannya berbeda sehingga tidak dikenakan pajak progresif. Penerapan tarif progresif tidak berlaku bagi kendaraan bukan umum yang dimiliki oleh Badan, Pemerintah/Pemerintah Daerah/TNI/Polri dan kendaraan umum.

Pajak progresif kendaraan bermotor untuk kepemilikan kedua dan seterusnya ini mulai berlaku semenjak tanggal 1 Januari 2012. Lantas berapa tarif pajak progresif kendaraan bermotor yang berlaku di Provinsi Jawa Barat? Berikut akan dijabarkan persentase tarif pajak progresif kendaraan bermotor berdasarkan pada Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat nomor 13 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah.

1. Untuk kepemilikan Kendaraan Bermotor roda empat pertama, kedua dan seterusnya, didasarkan atas nama dan alamat yang sama sesuai tanda pengenal diri, ditetapkan secara progresif sebagai berikut :

Kepemilikan Tarif Progresif
Pertama 1,75%
Kedua 2,25%
Ketiga 2,75%
Keempat 3,25%
Kelima dan seterusnya 3,75%

2. Untuk kepemilikan Kendaraan Bermotor roda 2 (dua) atau roda 3 (tiga) pertama, kedua dan seterusnya, didasarkan atas nama dan alamat yang sama sesuai tanda pengenal diri, ditetapkan secara progresif sebagai berikut :

Kepemilikan Tarif Progresif
Pertama 1,75%
Kedua 2,25%
Ketiga 2,75%
Keempat 3,25%
Kelima dan seterusnya 3,75%

Sebagaimana diketahui bahwa dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor merupakan hasil perkalian dari 2 (dua) unsur pokok, yaitu :
1. Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang ditetapkan berdasarkan harga pasaran umum kendaraan bermotor yang diperoleh dari berbagai sumber data yang akurat pada minggu pertama bulan Desember tahun pajak sebelumnya.
2. Bobot yang mencerminkan secara relatif tingkat kerusakan jalan dan/atau pencemaran lingkungan akibat penggunaan kendaraan bermotor yang dinyatakan dalam koefisien yang nilainya 1 (satu) atau lebih besar dari 1 (satu).

Contoh Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor :
Tuan Amir memiliki dua buah motor dan 1 buah mobil, untuk menghitung Pajak Kendaraan Bermotor motor milik pertama adalah:
1. NJKB Motor sebesar Rp9.600.000
2. Bobot koefisien sebesar 1
3. Tarif pajak kepemilikan pertama sebesar 1,75%
Sehingga Pajak Kendaraan Bermotor yang harus dibayarkan adalah : Rp9.600.000 x 1 x 1,75% = Rp168.000. Jumlah tersebut belum termasuk sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) dan biaya yang termasuk ke dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang terdapat pada Peraturan Pemerintah nomor 60 Tahun 2016.

Sedangkan untuk menghitung Pajak Kendaraan Bermotor motor milik kedua adalah:
1. NJKB Motor sebesar Rp9.600.000
2. Bobot koefisien sebesar 1
3. Tarif pajak kepemilikan pertama sebesar 2,25%
Sehingga Pajak Kendaraan Bermotor yang harus dibayarkan adalah : Rp9.600.000 x 1 x 2,25% = Rp216.000. Jumlah tersebut belum termasuk sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) dan biaya yang termasuk ke dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang terdapat pada Peraturan Pemerintah nomor 60 Tahun 2016.

Untuk mobil yang dimiliki oleh Tuan Amir, tidak dikenakan tarif progresif karena Tuan Amir hanya memiliki satu buah mobil.

Oleh karena itu, bila Anda telah menjual mobil maupun motor Anda kepada orang lain sebaiknya segera mendatangi kantor samsat induk tempat kendaraan terdaftar untuk melakukan proses blokir kepemilikan sehingga terhindar dari pajak progresif kendaraan bermotor.

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.

261 balasan
  1. Rahmat
    Rahmat says:

    Mohon bantuan nya pak,
    Saya baru beli motor second thn rakitan 2008, nah ini pajak nya off dari 2013, PKB tertera di stnk 185rb, apakah bila saya urus bayar pajak di sekarang, biaya pajak (pkb) tetap mengikuti yg tertera di stnk? Motor sy 250cc. Dan apakah saat bayar pajak biaya administrasi 1x bayar plus PKB yg telat dari 2013-2017? Atau administrasi nya berkelipatan jg,.. Mohon respon nya pak. Terima Kasih

  2. Muhammad irando kodorba
    Muhammad irando kodorba says:

    Selamat sore Bapenda,
    Saya baru mutasi kendaran bermotor roda 4 dari Palembang ke Kota Bekasi, prosesnya hanya tinggal mengambil STNK baru, saya belum tau estimasi biaya untuk STNK yg baru ini, kendaraan saya Mitsubisi Kuda Diesel GLS tahun 2000, sebelumnya saya sudah mempunyai kendaraan roda 4 (1 unit) dan kendaraan roda 2 (2 unit), saya mau tau estimasi STNK kendaraan saya yang baru kira2 berapa ya…? Dan kendaraan saya ini termasuk kendaraan ke 2 atau kendaraan ke 4?
    Terima kasih.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Termasuk kendaraan ke 2 Pak.

      1. Biaya Penerbitan STNK Rp200.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp100.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp375.000

      Serta biaya Pajak kendaraan untuk satu tahun ke depan.

      Tks~Arrie

      • Muhammad irando kodorba
        Muhammad irando kodorba says:

        Yth. Pak Arrie,

        Untuk biaya BBN.KB tangan ke-2 dan Penerbitan STCK bagaimana Pak?
        Untuk mengetahui NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Mitsubishi Kuda VB5W GLS 2.4 bagaimana ya Pak?

        Thanx, Rando

  3. Bokira 1
    Bokira 1 says:

    malam mau nanya.
    kalau misalkan ayah saya sudah beli motor terlebih dahulu menggunakan ktp ayah saya, lalu saya juga ingin membeli motor menggunakan ktp saya sendiri.
    apakah terkena pajak progresif kalau masih satu alamat antara ktp saya dan ayah saya?

  4. beni rahman
    beni rahman says:

    Dari kisah pak amir, brati motor pertama dan motor kedua tetap ken aprogresif ya?

    Maaf kalo gagal faham

  5. Randi
    Randi says:

    selamat sore, saya ingin bertanya jika saya punya 1 motor dan 1 mobil dengan nama yang sama apakah saya dikenakan pajak progresif? karena setau saya tidak dikenakan pajak tersebut karena berbeda jenis kendaraan. tapi kenyataannya kenapa saya dikenakan pajak progresif? mohon informasinya. terimakasih

      • Randi
        Randi says:

        “Contohnya orang pribadi atau badan yang memiliki satu kendaraan bermotor roda 2 (dua), satu kendaraan roda 3 (tiga), dan satu kendaraan bermotor roda 4 (empat) masing-masing diperlakukan sebagai kepemilikan pertama karena meskipun nama dan alamat pemilik sama namun jenis kendaraannya berbeda sehingga tidak dikenakan pajak progresif.” mohon informasinya mengenai kalimat “meskipun nama dan alamat pemilik sama namun jenis kendaraannya berbeda sehingga tidak dikenakan pajak progresif”. terimakasih

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          Untuk yang sepeda motor terkena pajak progresif Pak karena jenis kendaraan sama. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 tidak terkena pajak progresif dikarenakan hanya memiliki satu buah saja.

          Artikel sudah diperjelas Pak. Terima Kasih atas masukannya.

          Tks~Arrie

  6. Gema Mahatma
    Gema Mahatma says:

    Permisi Bapenda
    Jadi kalau nama pemilik beda ga kena progresif yah walaupun alamatnya sama?
    Terus kalau pengurusan balik nama tapi yang ngurus bapak saya untuk balik nama atas nama saya harus pakai surat kuasa ga yah?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Betul Pak, karena didasarkan atas nama dan alamat yang sama sesuai tanda pengenal diri, ditetapkan secara progresif.

      Surat Kuasa Pak diatas materai 6000

      Tks~Arrie

  7. Arell D'radcliffe
    Arell D'radcliffe says:

    Permisi saya mau tanya.. Kalo di STNK nama ny beda tapi masih 1 kk alamat ny sama apa kena biaya progresif yaa pak ? Makasih

  8. Haris Ajah
    Haris Ajah says:

    Selamat sore saaya mau tanya. Bila kendaraan r4 yg ke 2 balik nama perhitungan pajak progresif dihitung dr pkb atau dari seluruh total biaya ? Thx

  9. Feri Frastiansyah
    Feri Frastiansyah says:

    Selamat siang. Mau minta saran kalau di STNK saya alamat nya tidak tertulis lengkap (tidak ada nama komplek dan nomor rumah) apakah nanti akan bermasalah dengan pajak progressifnya?

  10. Ryani Fajri
    Ryani Fajri says:

    Malem,, bagaimana cara menghapus pajak progresif? Apakah diperlukan stnk kendaraan yg akan di blokir nya?

  11. erlinda
    erlinda says:

    pagi. mau nanya saya punya kendaraan roda 2 (1) & roda 4 (1), jika saya mau ambil kendaraan roda 4 lagi (1) yang dikenakan pajak progesif yang kendaraan mana aja ya pak?

  12. robi
    robi says:

    met siang, mau nanya klo balik nama dan ganti plat per 5 th pindah wilayah ke jakarta pusat tetep kena pajak progresifny kah? thx

  13. Yusi
    Yusi says:

    Siang.. Mau tanya.. Apakah saat pertama kali mengambil stnk sdh membayar pajak progresif? Dan apa betul biaya pajak progresif utk mobil pertama honda brio sep 2017, kedua Xpander ..biaya pajak progresif 875rb.. Pdhl mobil pertama dan kedua beda nama dan KK, hny alamatnya saja yg sama.. Mohon pencerahannya.. Trims

  14. lisa monik
    lisa monik says:

    Pagi pak
    Saya mau tanya pajak progresif
    Ktp dan kk bekasi…punya motor 2 atas nama suami..lalu saya mau beli motor ke 3 atas nama saya ( isteri )…apakah motor yg ke 3 ini kena pajak progresif?

  15. Agus Lim
    Agus Lim says:

    Pak,bagaimana caranya untuk mengetahui apakah kendaraan yang sudah saya dijual apakah sudah diblokir atau belum agat tidak kena pajak progresif ini pak? Terima kasih

  16. Rakhmat Budiyuwono
    Rakhmat Budiyuwono says:

    Selamat sore pak, mohon info pak, kalau APV F 1045 HI a/n Rakhmat Budi Yuwono sudah dihapus apa belum ya pak. Terima kasih

  17. Khusosi
    Khusosi says:

    Maaf pak saya mau tanya, saya orang kudus beli mobil second No.pol B 8592 YX, saya cek pajaknya kok diprotek ya. Prosedur bukanya bagaimana, dan berapa biaya untuk balik nama kendaraan ke kudus jawa tengah. Terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Dibaliknamakan Pak, sehingga mendapatkan nomor baru nanti.

      estimasi pajak, denda dan tunggakan sebesar Rp3.575.500
      Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp250.000

      Untuk informasi lebih rinci silahkan hubungi loket front office di kantor samsat induk.

      Tks~Arrie

  18. satriyo budi
    satriyo budi says:

    selamat pagi Bapak/Ibu…

    mohon ijin bertanya:
    1. pada tahun 2016 saya menjual mobil dg nomor polisi B 1918 EFY a.n. istri (Herminingsih) apakah kendaraan tsb sudah dibaliknamakan oleh Pembelinya? jika belum bagaimana langkah saya supaya untuk pembelian unit mobil selanjutnya a.n. Istri supaya tidak terkena pajak progresif?
    2. pada tahun 2016 juga saya membeli mobil dg nomor polisi B 1298 EOT atas nama saya (Suami) apakah terkena pajak progresif karena satu KK dengan Istri meskipun nama yang digunakan berbeda.
    3. terkait dengan pertanyaan nomor 2 diatas, apakah pembelian 2 unit mobil di Depok atas nama : misal “AAA” untuk mobil pertama dan mobil kedua atas nama “BBB” dengan alamat yang sama dan KK yang sama apakah terkena pajak progresif?

    demikian mohon penjelasannya, terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      1. Blokir kepemilikan Pak di kantor samsat induk, dengan membawa KTP dan materai 6rb.
      2. Tidak terkena Pak.
      3. Saat ini tidak Pak, karena nama dan alamat harus sesuai.

      Tks~Arrie

  19. Dian Eka Oktaviani
    Dian Eka Oktaviani says:

    Selamat malam pak, maaf sya mau tanya. Beberapa hari yang lalu sy habis bayar pajak dari kantor samsat. Kebetulan sy bayar pajak mobil Suzuki pick up, mobil tersebut sy beli dr tetangga, namun tetangga sudah beli mobil baru sehingga mobil yg sy beli di blokir, ykarena blm balik nama akhirnya sy buka blokir duengan biaya 50rb, dan kemudian sy kena pajak progressif sebesar 2.7% karena keterangannya kepemilikan 3 kendaraan, sedangkan setelah sy konfirmasi ke tetangga sy, beliau hanya punya 2 mobil dan 1 motor saja a/n beliau. Nah yang saya ingin tanyakan apakah progresif berlaku untuk mobil dan motor atau hanya berdasarkan jenis roda aja? Terus, jika hanya berdasarkan jenis roda, kenapa bisa pajak progressif saya ke 3 sedangkan tetangga saya hanya punya 2 mobil, mohon masukannya ya pak. Makasih

  20. Moch Gungun
    Moch Gungun says:

    Mau tanya pa, klo penentuan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) didasarkan pada apa ? Ada kemungkinan harga jual riil lebih rendah dibandingkan NJKB yg ditetapkan pemerintah ?

      • Moch Gungun
        Moch Gungun says:

        Sy mau beli mobil second tp ternyata dgn unit yg sama tahun sama PKB tahunan nya berbeda jauh, sepertinya gara2 NJKB nya yg berbeda pa. Bahkan ada unit yg sama tahun lebih muda lebih murah PKB nya. Itu knp bs spt itu pa ? Apa sy bs mengajukan penyesuaian NJKB ?

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          Banyak faktor yang menentukan NJKB Pak, misalnya modifikasi kendaraan, Jenis kendaraan, besarnya CC.

          Mohon informasi nopol kendaraan yang Bapak sebutkan unit dan tahun yang sama namun PKBnya berbeda,

          Tks~Arrie

          • Moch Gungun
            Moch Gungun says:

            D 341 DA, D 1402 AY. Tahun kendaraan sama selisih PKB nya lumayan besar. Apakah akan ada penyesuaian atau spt apa perlakuan nya ?

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            dari jenis kendaraan sudah berbeda Pak, yang D 1402 AY (jenis kendaraan serena 2.0 AT CBU 1997cc) sedangkan D 341 DA berjenis serena 2.0 2WD AT.

            Selain berbeda jenis kendaraan, ditambah pula kendaraan dengan nopol D 1402 AY terkena pajak progresif ke 3. Sehingga terdapat perbedaan yang cukup besar dalam pokok pajak kendaraan bermotor.

            tks~Arrie

          • Moch Gungun
            Moch Gungun says:

            Iya tp klo fisik unitnya antara D 1402 AY dan D 341 DA itu sama CBU pa. Yg jd pertanyaan sy knp NJKB nya berbeda ? Apakah Krn kesalahan input di sistem, satu CBU dan satu lg tidak CBU. Padahal fisik unitnya sama CBU.

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami, silahkan kendaraan dibawa ke kantor samsat induk untuk melakukan cek fisik ulang dan setelah hasil cek fisik divalidasi dapat diceritakan kepada petugas di front office untuk masalah ini dan bila diperlukan dilakukan pembaharuan data kendaraan sesuai hasil cek fisik.

            Tks~Arrie

  21. Iqbaldoiq Tkci
    Iqbaldoiq Tkci says:

    mau tanya , saya beli mobil bekas sedan civic fd1 2008 .
    Pas kemarin mau bayar pajak , ternyata sudah d blokir oleh penjual nya .
    Jumlah biaya pajak 4.303.000
    Perkiraan saya habis berpa buat urus2 mutasi dan balik nama ?

  22. Muhammad Ikhsan
    Muhammad Ikhsan says:

    Saya memiliki mobil dengan STNK menggunakan KTP alamat lama, saat ini saya sudah pindah domisili di KTP baru dan berencana akan membeli mobil. Apakah saya terkena pajak progresif ?
    jika membaca penjelasan diatas pajak progresif didasarkan atas nama dan alamat yang sama, sementara untuk case saya ini, nama sama dan alamat berbeda. mohon informasinya. Tks

  23. purnomo sidik
    purnomo sidik says:

    min mau nanya dong, saya mau balik nama mobil karimun wagon r tahun 2014 kira kira total habis berapa? pkb tahun sebelumnya 1323000. terima kasih

          • Bapenda Jabar
            Bapenda Jabar says:

            Biaya PNBP yang terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut :

            a. Untuk Kendaraan Roda 2 atau Roda 3
            1. Biaya Penerbitan STNK Rp100.000
            2. Biaya Penerbitan TNKB Rp60.000
            3. Biaya Penerbitan BPKB Rp225.000
            4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp150.000

            b. Untuk Kendaraan Roda 4 atau lebih
            1. Biaya Penerbitan STNK Rp200.000
            2. Biaya Penerbitan TNKB Rp100.000
            3. Biaya Penerbitan BPKB Rp375.000
            4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp250.000

  24. Ahmad Muhaemin
    Ahmad Muhaemin says:

    Mau tanya min, saya beli motor vixion nopol F6476CU ,terus saya mau balik nama atas nama saya, saya sudah punya motor Revo nopol F6877BL, kira kira biaya keseluruhannya berapa ya, dan bayar pajak pertahun nya kisaran berapa kalau kena pajak progresif, makasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi pajak sebesar Rp433.250 (progresif ke 2)
      estimasi BBN sebesar Rp177.000

      Biaya PNBP yang terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut :

      Untuk Kendaraan Roda 2 atau Roda 3
      1. Biaya Penerbitan STNK Rp100.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp60.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp225.000
      4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp150.000

      untuk informasi lebih rinci silahkan hubungi loket front office di kantor samsat induk

      Tks~Arrie

  25. Ahmad Muhaemin
    Ahmad Muhaemin says:

    Assalamu’alaikum
    Min mau nanya, bapak saya belum punya motor atas nama dia, tapi ibu saya sudah punya motor, bapak saya sekarang beli motor terus mau balik nama, kira kira bakal kena biaya progresif engga ya, makasih min

  26. setyo budhi
    setyo budhi says:

    saya pernah beli motor 3x sama sekrang, yg pertama hilang dan saya lupa nopol ya, untuk yg ke 2 di beli sama teman, dan skrng kata dealernya nanti akan kena pajak progresif, itu gmn ya buat gak kena pajak progresifnya,

  27. dewey
    dewey says:

    Min.. mau tanya.
    saya baru menikah dan pindah domisili namun butuh motor asap (Beli Yamaha XRIDE DEC 2017 lalu), shg proses beli motor an nama Kakak yg domisili di Jaksel. Kakak sy sdh berkeluarga dg KTP dan KK yg sama spt mertuanya, Kakak ipar sy memiliki 1 buah mobil.
    nah ternyata beitu STNK Motor jadi,kami kena pajak progressive dan diinformasikan yg pajak progressive ke-dua.

    saya mau blokir bisa kan ya? syaratnya KK dan KTP sesuai STNK?
    harus ke kantor samsat jaksel?
    bagaimana terkait balik nama? jika dok KTP dan KK pribadi sy jadi mau dibalik nama an saya.

    Mohon informasiinya

  28. Tia
    Tia says:

    Min,mau tanya, estimasi biaya pajak dan balik nama mobil BRV dengan nopol B 200 WAN dr jaktim ke tangerang kota berapa? dan rencana balik nama atas nama suami, sementara suami sudah punya motor, apakah itu kena pajak progesif?

  29. Rahmalia Eka Rahayu
    Rahmalia Eka Rahayu says:

    Pak mau tanya, saya pernah jual motor dan belum saya blokir pajaknya, orangnya juga di Jawa tengah skrg, kalau saya mau blokir bisa ga? sedangkan saya dah ga megang STNK atau fotokopi nya. Saya mau beli motor atas nama saya tapi alamat nya beda dengan STNK pertama, kira2 kena pajak progresif gak? Itu dibayar diawal atau PKB nya aja yg tinggi?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Sebaiknya dilakukan blokir kepemilikan saja. dengan membawa materai 6rb dan nanti mengisi formulir blokir kepemilikan.

      Tidak terkena Bu, karena alamat dulu dan sekarang berbeda.

      Tks~Arrie

  30. Oki Handoyo
    Oki Handoyo says:

    Min mau tanya biaya mutasi dari B Depok (cinere) Ke kabupaten bogor kendaraan Karimun wagon R tahun 2014 estimasi berapa?

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          estimasi pajak sebesar Rp1.355.800
          estimasi BBN sebesar Rp693.000

          Biaya PNBP yang terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut :

          Untuk Kendaraan Roda 4 atau lebih
          1. Biaya Penerbitan STNK Rp200.000
          2. Biaya Penerbitan TNKB Rp100.000
          3. Biaya Penerbitan BPKB Rp375.000
          4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp250.000

          untuk informasi lebih rinci silahkan hubungi loket informasi di kantor samsat induk asal maupun tujuan.

          Tks~Arrie

  31. Riza Rinzani
    Riza Rinzani says:

    Maaf min mau tanya, saya mau mutasi dari bandung ke kab tasikmalaya, tapi mobil D 1273 BV kena blokir oleh pemilik lamanya. Kira2 kena berapa yaa min ? Makasi

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Estimasi pajak sebesar Rp824.625
      Estimasi denda dan tunggakan sebesar Rp2.099.900
      estimasi BBN sebesar Rp389.500

      Biaya PNBP yang terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut :

      Untuk Kendaraan Roda 4 atau lebih
      1. Biaya Penerbitan STNK Rp200.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp100.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp375.000
      4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp250.000

      Untuk informasi lebih rinci silahkan hubungi loket front office di kantor samsat induk

      Tks~Arrie

  32. Abdul Malik
    Abdul Malik says:

    Saya punya dua motor. Yg lama motor tua grand th 1995, awal tahun 2018 ini aq beli motor vario. Alamat sama. Yg saya tanyakan… apa saya thn depan udah terkena pajak progresif? Sedang saat ini di struk pajak nya blm tertera pajak progresif yg ke:….(msih kosong)

  33. Afnani Arfan
    Afnani Arfan says:

    Saya baru beli motor dan baru dapat STNK hari ini kemudian di infokan bahwa saya kena pajak progresif dan ini motor kedua saya di STNK. Padahal ini motor pertama dengan atas nama saya, kenapa bisa kena progresif? Posisi di Cikarang, Kab. BEKASI

    Mohon di cek
    Motor NMAX nopol. B 4582 FMW
    an Fifi Sri Ratu Afiyati
    Mohon penjelasan atau solusinya

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami bu,

      menurut hemat kami sebaiknya Ibu menghubungi pihak dealer yang mengurus pendaftaran kendaraan atau Ibu dapat langsung ke kantor samsat Cikarang ke bagian progresif untuk informasi lebih lengkap dan rinci.

      tkx~Arrie

  34. Yuningrat Ari
    Yuningrat Ari says:

    Untuk pajak progresif kota cimahi, apakah dikenakan berdasarkan nama dan alamat saja atau berdasarkan nama dan/atau ? Saya baru bayar minggu kmrin, pajak R. 4 tahun ke 2, tpi PKB naiknya hampir 5 kali dari pajak tahun 1. Kenapa bisa berbeda di tahun ke 1 dgn tahun 2. Mohon pencerahannya Admin. Thanks.

  35. A.R Harahap
    A.R Harahap says:

    Ijin Tanya ;

    1. Pajak Progresif khususnya di Kota Bekasi dan Umumnya Jawa Barat apakah berdasarkan NIK atau mesipun nama Beda tetapi satu KK ?

    2. Mobil pertama a.n Istri dan rencana mobil kedua a.n Suami (KK yg sama), apakah mobil kedua nantinya kena Pajak Progresif ?

    Tks Admin.

  36. Posman P
    Posman P says:

    HALO Bapenda
    Sy mau tanya info biaya mutasi kendaraan bermotor roda dua no.plat B3187KSP
    dari kota bekasi ke kabupaten bekasi.. mohon infonya.. trims

  37. topan prabowo
    topan prabowo says:

    Selamat Malam Bapenda,
    Saya ingin membayar pajak dan denda untuk motor saya yang telat sejak februari 2017 (mati pajak). Mohon info berapakah biaya total yg harus saya siapkan jika saya ingin membayar di bulan ini? Dengan informasi Stnk sbb :
    – PKB : Rp 308.000
    – SWDKLLJ : Rp 35.000
    Terimakasih sebelumnya..

  38. citra
    citra says:

    pak saya mau tanya besarnya pajak kendaraan mobil saya D/1127/ABO berapa nominalnya?terimakasih

  39. jo gunawan
    jo gunawan says:

    Saya punya motor dengan nopol Z 2586 EM skrg sedang proses mutasi dan balik nama. Dari Garut ke kota Cirebon.
    PKB: 171.500
    SWDKLLJ: 35.000
    ADM STNK: 25.000
    Berapa total biaya yg harus dibayar?
    Karena masa berlaku pajak tahunan sd 06 feb 2018. Sedangkan proses cabut berkas dilakukan sebelum sebelum tgl 06 feb 2018.
    Apakah saya kena denda pajak? Kena biaya brp?
    Terima kasih sebelumnya

  40. Saudin Oce
    Saudin Oce says:

    Mau tanya admin, saya memiliki motor jupiter z tahun 2008 alamat yang dulu di plumbon kab cirebon dan saya membeli motor baru lagi tahun 2018 alamat yang baru di Depok kab cirebon, nomor kependudukan/NIK di KTP sama dan nama yang sama tapi alamat nya berbeda, kena pajak progresif tidak ?

  41. Nano Suryono
    Nano Suryono says:

    Pak mo tanya besarnya nominal pajak mobil dengan nopol B 1199 KYC dgn dendanya brp ya? trimakasih.

  42. jhony deph
    jhony deph says:

    misi pak, mau nanya..
    kendaraan dg nopol B 3093 KAQ pajaknya berapa?
    apakah terkena pajak progresif?
    karena saya mau beli motor itu…

  43. Riski Ade Putra Utama
    Riski Ade Putra Utama says:

    saya mau cek dong min
    B 3977 KJF.
    a.n Akhmad Muhamad
    honda verza 150 2013 kota bekasi.
    tahun lalu PKB 215 dgn kepemilikan 1: 1,75%
    Lalu tahun ini gmn?

  44. Radix wisnoe hardjadinata
    Radix wisnoe hardjadinata says:

    apakah di bekasi kota dan bekasi kabupaten sudah berlaku tarif pajak kendaraan progresif?

  45. Ray Syuli
    Ray Syuli says:

    Salam Bapenda jabar.. Tolong bisa cek untuk pajak motor dg plat B 3178 EXT a.n. RAY SYULI… apabila pajak telat 18 bln bisa kah bayar di samsat keliling.. Terimakasih jawabany

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      estimasi sebesar Rp604.900

      Untuk ke depannya, Anda dapat mengunduh aplikasi SAMBARA di Google Play Store untuk mengetahui informasi pajak kendaraan.

      Bisa, selama tidak bersamaan dengan proses 5 tahunan.

      Tks~Arrie

  46. Ardiansyah
    Ardiansyah says:

    Selamat pagi Pak/Ibu, saya mau tanya saya punya 2 unit KBM. kendaraan Pertama saya beli Second & belum di BBN sedangkan yg ke 2 beli baru ats nama sendiri. pembayaran pajak tahunan/ 5 tahunan yg urus paman, saya baru lihat pada kolom kepemilikan di STNK kbm Pertama (2nd) sudah masuk ke tangan ke 2 setelah membaharui pajak tahunan, yg mana sesuai ketentuan terkena pajak progresif. saya rasa sebelum”ny kepemilikan yg tertera masih tangan 1. [1.] Yang saya tanyakan adalah, apakah si pemilik dahulu belum mencabut berkas/ blokir kbm ke-1 nya & sekarang beliau sudah/ memiliki kendaraan baru lagi dan menjadikan kbm yg saya beli 2nd ini masuk ke kepemilikan ke-2 atas nama beliau? [2.] Misal dalam 1 Keluarga dgn alamat yg sama punya 3 kbm (1 Mobil & 2 Motor) berbeda nama kepemilikan namun masih 1 alamat, otomatis terkena pajak progresif kah? Maaf bila panjang pertanyaannya, Terimaksih sblmny, mohon informasinya Tks.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      di Jawa Barat masih berdasarkan NIK dan jenis KBM yang sama Pak.

      Bila pihak pertama telah melakukan blokir kepemilikan maka kendaraan tidak dapat dilakukan pengesahaan tahunan dan harus dibaliknamakan.

      Tks~Arrie.

  47. raka
    raka says:

    Selamat siang Pak Arrie..
    izin bertanya saya memiliki mobil dgn nopol B1374 KZO, dan saya sudah cek estimasi pajaknya di Sambara (aplikasinya bagus sekali)
    Saya berencana untuk melakukan balik nama dan mutasi ke Jakarta Barat.
    Pertanyaan saya, untuk cek fisik dan cabut berkas bisakah saya datang ke Samsat Polda yang di Gatot Subroto Jakarta?atau harus ke samsat Bekasi kota?

    Terima kasih Pak

  48. Wulan Tri Nugraha
    Wulan Tri Nugraha says:

    Selamat malam.. Salam Bapenda Jabar.. Mohon di cek pajak kendaraan nopol F 1465 HD. Tahun 2017 besaran total pajak 2,6.. Tahun 2018 meningkat menjadi 3,8an.. Mohon pencerahan.. Terima kasih..

  49. Marsuki
    Marsuki says:

    Pak tolong cek nopol B4987FGU THN 2017 bln 5 apakah sudah ada pajak pregrepro nya..maksih

  50. Saudi B
    Saudi B says:

    Mau tanya Min,
    Jika mobilpertama STNK atas nama IStri, danmobilkedua atas nama suami,kena pajak progressive kah, Terimakaish

      • Saudi B
        Saudi B says:

        tanya lagi min, utk mobil kedua kalau ga salah dari dealer didaftarkan sebagai mobil kepemilikan kedua karena sianggap satu kk, padahal mobil pertama atas nama istri dan mobi kedua atas nama suami dengan kk yang sama, apakah penentuan pajak progresif ini ditentukan dari info pendaftaran (seperti dari dealer) atau berdasarkan data yang ada di samsat/Bapeda? Terimakasih

  51. Ika yudhi
    Ika yudhi says:

    Untuk wilayah bekasi kota pajak progresif 2018 apakah sama dengan wilayah jakarta

  52. Rio
    Rio says:

    Selamat pagi bapenda…
    saya punya kbm F 6218 FAQ kena pajak progresif ke-2. Mohon infonya tentang kbm yang pertama agar saya bisa melakukan proses blokir karena kbm sebelumnya ada 2 kendaraan.
    Mohon pencerahannya..
    Terima Kasih.

  53. Djykstra -
    Djykstra - says:

    mohon info biaya rinci keseluruhan biaya balik nama dan tunggakan pajak motor B 3897 AZ dari kota tangerang ke kota depok. terima kasih.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Mohon maaf Pak, untuk kendaraan diluar Provinsi Jawa Barat kami tidak dapat memberikan estimasi besaran pajak serta tunggakan karena kami tidak memiliki data dimaksud.

      Tks~arrie

  54. WEH
    WEH says:

    Mau tanya Min,
    Jika motor pertama STNK atas nama Ayah, dan motor kedua atas nama Anak, dengan alamat yg sama dan KK yg sama. Apakah kena pajak progresif? Terimakasih.

  55. Erma Jimmy F.H
    Erma Jimmy F.H says:

    Assalamualaikum permisi min mau tanya aku dapet kendaraan B 1056 ZEP kalo gak salah kena pajak progresif dari pemilik sebelumnya bisa gak ya kalo misal aku balik nama pajak progresifnya langsung hilang minta pencerahannya min makasih wassalamualaikum

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Selama pemilik baru belum memiliki kendaraan dengan jenis yang sama tidak akan terkena Pak. Namun, apabila pemilik baru telah memiliki kendaraan dengan jenis yang sama maka akan terkena pajak progresif.

      Tks~Arrie

  56. Gitty
    Gitty says:

    Selamat siang. Saya mau tanya bagaimana cara utk blokir stnk kendaraan yg telah kita jual? agar tidak terkena pajak progresif. dan apa saja persyaratannya? Terimakasih

      • taufik
        taufik says:

        Saya sudah terima STNK, tapi kenapa kena tarif progresif ke-2. padahal mobil 1 sudah dijual.
        Apakah bisa dicek status mobil 1?

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          Sebelum membayar pajak di Kantor Pelayanan Samsat, pasti di cek terlebih dahulu pak untuk pajak progresifnya, untuk mengecek ulang dan melakukan perbaikan data silahkan bapak datang kembali ke Samsat dimana kendaraan bapak terdaftar.
          tks~Hendra

          • taufik
            taufik says:

            untuk blokir STNK yang dimasukkan data mobil 1 atau 2? Kalau mobil 1, bagaimana saya bisa dapat informasinya?

  57. afamuz
    afamuz says:

    Selamat malam pak …
    Sya punya 2 kndaraan roda 2(motor) dgn nama orang lain(pemilik prtama). Krena sya beli bekas . Cma mau chek(salah satu) plat T 5461 BU . apakah sdah dlakukan pemblokiran blum oleh pmilik prtama itu. Sya sdah tak ada komunikasi lagi.. trimakasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      belum Pak, namun sudah saatnya ganti plat nomor.

      Untuk selanjutnya silahkan unduh aplikasi SAMBARA di Google Play untuk informasi pajak kendaraan

      tks~Arrie

  58. Irvian
    Irvian says:

    Sore, pak mau tanya kalau STNK Depok mobil 1 an orang tua trs saya beli mobil an. saya data masih 1 KK dan 1 alamat. kena pajak progresif gak pak?

    Dan kalo boleh tau untuk wilayah Kel. Kedungwaringin Kec. Bojong Gede itu masuk samsat Depok ya?

    Mohon bantuan jawabannya pak. terimakasih banyak

  59. irawan
    irawan says:

    Mohon info untuk proses mutasi kendaraan roda 4 dari Depok ke luar provinsi jabar, dokumen apa sj yang harus kami siapkan…terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Syarat Mutasi Kendaraan :

      1. BPKB (asli dan fotokopi)
      2. STNK (asli dan fotokopi)
      3. Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan dikantor cek fisik dikantor Samsat terdekat)
      4. Kwitansi Jual Beli (materai 6000)
      5. KTP pemilik daerah yang akan dituju (asli dan fotokopi)
      6. (Untuk badan hukum ): Salinan akte pendirian + 1 lembar foto copy, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.

      Tks~Arrie

      • irawan
        irawan says:

        Mohon info utk biaya cabut berkas dan proses nya berapa hari. Apa nanti ada notifikasi via SMS jika berkas sudha bisa di ambil

        Terima kasih

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          mohon diinformasikan nopol kendaraannya Pak. Tidak ada sms Pak, namun akan diberikan tanggal untuk pengambilan berkas oleh petugas.

          Tks~Arrie

          • irawan
            irawan says:

            Kemarin siang mendapat SMS dari Samsat Cinere..berkas sudah sy ambil pagi ini..terima kasih atas kerja samanya

  60. Aanglutfy Hakim
    Aanglutfy Hakim says:

    Mohon pencerahan min.. saya membeli kbm baru unit sudah turun, surat2 blm turun, tp dialamat ktp yg lama saya masih ada nama dikbm juga, Apakah bisa saya tutup ktp agar tidak terkena progresif meski surat2 sudah dalam proses?solusinya terbaik gmn? Terimakasih

  61. Agous Agouy Syamsudin
    Agous Agouy Syamsudin says:

    siang pak, mau tanya untuk cabut berkas mau mutasi dr bogor kota ke tangerang kabupaten F 1408 CC, untuk biaya cabut berkas brp yah? dan tahapannya apa saja? tks

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Syarat Mutasi Kendaraan :

      1. BPKB (asli dan fotokopi)
      2. STNK (asli dan fotokopi)
      3. Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan dikantor cek fisik dikantor Samsat terdekat)
      4. Kwitansi Jual Beli (materai 6000)
      5. KTP pemilik daerah yang akan dituju (asli dan fotokopi)
      6. (Untuk badan hukum ): Salinan akte pendirian + 1 lembar foto copy, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.

      Untuk intansi pemerintah ( termasuk BUMN & BUMD ) : surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan.

      Tata Cara Mutasi Kendaraan :

      1. Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tempat kendaraan terdaftar untuk melakukan Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin).
      2. Menuju gudang arsip untuk mengambil berkas kendaraan.
      3. Menuju Bagian Loket Mutasi (menyerahkan BPKB+KTP daerah yang dituju beserta fotokopi).
      4. Menunggu Berkas keluar dengan waktu tertentu. (mendapat surat jalan sementara).
      5. Kebagian Fiskal. Mendapatkan berkas mutasi keluar.
      6. Setelah Berkas keluar, Lapor ke samsat daerah tujuan. (menyerahkan berkas-berkas yang diterima ke bagian mutasi).
      7. Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tujuan untuk melakukan Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin).
      8. Kembali ke samsat daerah tujuan (menyerahkan berkas-berkas dan mendapat surat jalan sementara).
      9. Menunggu STNK + Plat Nomor.
      10. Kembali ke samsat induk tujuan untuk mengambil STNK + Plat Nomor baru.
      11. Menunggu BPKB yang di-update dengan waktu tertentu.
      12. Mengambil BPKB yang telah di Update.
      13. Selesai.

      estimasi pajak sebesar Rp655.100
      Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp250.000

      Untuk lebih jelasnya silahkan datang ke kantor samsat induk asal maupun samsat induk tujuan.

      Tks~Arrie

      • Agous Agouy Syamsudin
        Agous Agouy Syamsudin says:

        Pak maaf, mau tnya, klo utk kendaraannya wajib dihadirkan atau tidak? Tks

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          iya, untuk cek fisik. atau bisa menggunakan cek fisik bantuan untuk cabut berkas. untuk pendaftaran mutasi masuk ke kantor samsat induk tujuan kendaraan sebaiknya dihadirkan.

          tks~Arrie

  62. Dede Yusuf Supriadi
    Dede Yusuf Supriadi says:

    di stnk saya tertera
    bbnkb= 1310000
    pkb= 229300
    swdkllj= 35000
    biaya adm stnk= 100000
    baya adm tnkb= 60000
    jadi total 1734300
    pertanyaannya apakah saat membayar pajak nanti saya harus membayar segtu?
    motor saya matic 110cc
    tangan pertama
    tahun 2017
    f 3241 fbh

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Tidak Pak, karena untuk pajak tahunan biaya ADM STNK dan TNKB serta BBNKB tidak ada.

      Untuk informasi pajak kendaraan silahkan unduh aplikasi SAMBARA di Google Play Store.

      Tks~Arrie

      • Okky Firmansyah
        Okky Firmansyah says:

        Total pajak di aplikasi sambara itu untuk pertahun apa hitungan total pak? Misalkan saya cek kendaraan telat bayar pajak 5 tahun, di sambara itu total nya untuk pertahunnya apa total 5 tahun? Trima kasih.

  63. Kemal
    Kemal says:

    Saya baru beli motor bekas f 5234 mk, saya tidak memiliki motor lain. Saya ingin membayar pajak tapi saya kaget kenapa nilainya besar sekali karena kepemilikan ke 4 Dr pemilik motor sebelumny. apakah kalau saya balik nama pajak progresif akan hilang. Mohon bantuannya saya ingin taat pajak tapi ga mau bayar progresif orang lain. Berapa nilai yg harus say bayarkan terima kasih

  64. Masud
    Masud says:

    siang pa
    saya maun tanya, kalau kita punya 2 motor tapi beda jenis dan type nya cara perhitungan PKB, NJKB DAN PAJAK PROGRESIF bagiamana pak.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Saat ini pajak progresif berdasarkan NIK atas jenis kendaraan yang sama Pak.

      Silahkan cek menggunakan aplikasi SAMBARA yang bisa diunduh di google play store

      tks~Arrie

      • masud suparman
        masud suparman says:

        tapi kemarin saya mendapatkan SMS dari dealer,
        kata dia STNK atas nama “”” mendapatkan pajak progresif pak.
        motor pertama honda beat 2012 dan motor kedua honda new vario 2018 atas nama NIK yang sama , berarti tidak kena pajak progresif ya pak

  65. Arie Agung
    Arie Agung says:

    Kalau sebelumnya punya 2 kendaraan yg kena pajak progresif, lalu salah satu kendaraan dijual dan dibalik nama, apakah kendaraan yg sebelumnya kena progresif 2 jadi 1?

  66. Ahin Hawkinz
    Ahin Hawkinz says:

    Salam semua,sy vario 150 thn 2017,kendaraan ke 2,motor pertama sudah jual,vario motor ke 2,kenapa ya pajak tahunan saya sampai 2jt gitu

  67. Hadiana
    Hadiana says:

    pak admin, biaya administrasi STNK di samsat jabar masih ditagihkan atau sudah dihapus sesuai putusan Mahkamah Agung? nuhun

  68. Handri Yusandi
    Handri Yusandi says:

    Awalnya saya punya 2 kendaraan roda empat,yg satu sdh saya jual dan sdh balik nama.apakah yg mobil kedua ini kena pajak progresif ??

  69. ira hardiyanti
    ira hardiyanti says:

    siang pa.. mau tnya new R15 nopol T 5826YR Bulan depan mau byr pajak apa kena pajak progresif ?? kirakira berapa byar nya .. mohon info nya

  70. endang lestari
    endang lestari says:

    Selamat Siang,

    Pak saya mempunyai 2 buah motor atas nama sendiri, yang satu sayang blm bayarkan pajaknya, kira2 sudah telat 5 bulan, sedangkan motor kedua saya baru beli ..dan saat pembuatan STNKnya kena progresif 75rb. yang ingin saya ketahui brp besar pajak yang harus saya bayarkan untuk motor pertama? nopol D3831EK. Terima kasih

  71. Nugraha Rahmat
    Nugraha Rahmat says:

    motor bapak saya sudah diblokir yg pertama. tapi di motor yg kedua kena pajak progresif D 6944 XY. Mohon penjelasannya

  72. hari hary
    hari hary says:

    Maaf ganggu…
    Saya baru membeli motor 1 dan saat mau ambil plat nomer ke dealer pihak dealer bilang kena pajak progresif padahal noKK saya baru noKTP baru dan saya baru pindah dibogor dan

  73. irawan
    irawan says:

    Selamat siang..mohon info utk kendaraan dengan nopol B 312 NIN, proses cabut berkasnya apa sudah selesai dan bisa kami ambil di SAMSAT Cinere ?

    Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

    Salam

  74. Phety octa
    Phety octa says:

    Mau tanya pak. Saya baru beli motor tapi di STNK nya tertulis kepemilikannya kedua padahal baru pertama punya motor atas nama sendiri. Kalo dengan alamat yg sama memang ada tapi atas nama suami dan adik ipar. Bukannya kepemilikan kedua kalo atas nama dan alamat yang sama, yang benar seperti apa pak, Mohon pencerahannya terima kasih.

  75. Rian saeful
    Rian saeful says:

    Selamat malam pak,
    Saya mau tanya dulu saya pernah beli motor atas nama saya.
    Namun hilang baru 4 hari,belum ada stnk.
    Skrg saya beli lagi motor atas nama saya,apa nanti motor saya akan terkena pajak progresif pak ?
    Terima kasih.

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Apabila belum di registrasikan maka tidak akan terkena. Namun apabila yang pertama sudah diregistrasikan maka akan terkena.

      tks~Arrie

  76. ridwan
    ridwan says:

    selamat siang pak. dahulu saya punya motor honda beat. tapi motor tersebut telah di curi . lalu 2016 saya membeli motor dan 2017 saya membayar motor dan terkena pajak progresif . apakah bisa memblokir motor yg hilang? tetapi dokumen2 motor trsenut tlah di ambil pihsk leasing.

  77. Oki
    Oki says:

    Selamat malem pak . mau nanya .apakah kena pajak progesif jika saya sudah punya kendaraan roda 2 dan rencana saya akan beli roda 4 dan di bbn an saya sendiri .
    Mohon infonya
    Terima kasih

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Pajak progresif diterapkan pada kendaraan pribadi dengan nama pemilik, alamat tempat tinggal, dan jenis kendaraan yang sama.
      tks~Hendra

  78. Endin Saepudin
    Endin Saepudin says:

    Assalamualaikum pak, mobil stnk nya an. saya, kemudian anak saya berniat beli motor, stnk nya an. anak, dg alamat yg sama.
    Apakah motor terkenal pajak progresif?
    (Nama berbeda alamat sama)

  79. Eva Simanjuntak
    Eva Simanjuntak says:

    Saya berdomisili di Bekasi, Ayah Saya sudah memiliki mobil dan Saya mempunyai mobil juga (Nomor plat on progress). Apakah Saya terkena pajak progresif?
    dalam kondisi kami 1 Kartu Keluarga, Alamat yang sama dan jenis kendaraan yang sama yaitu roda 4. Namun nama pemilik kendaraan berbeda, karena kami sudah mempunyai perbedaan penghasilan.

  80. leideno eerstyano
    leideno eerstyano says:

    Assalamualaikum admin bapenda jabar
    Saya mau BBN motor 2 silinder dari Jakarta timur ke Bekasi kena berapa ya untuk motor Kawasaki Z250 tahun 2016 dengan pendaftaran motor 11/2017. Mohon bantuannya terima kasih perkenan dan bantuannya

  81. Ferdinand Putra
    Ferdinand Putra says:

    Saya baru saja membeli motor dan ternyata saat STNK turun saya terkena pajak progresif dari motor saya sebelumnya yg sudah saya jual tahun 2016, bila sudah terkena pajak progresif seperti ini apakah bisa saya blokir STNK dari sekarang? Dan apakah di tahun depan saya masih terkena pajak progresif? Terima kasih sebelumnya

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Silahkan lakukan pemblokiran di Kantor Samsat Induk pak, untuk pembayaran pajak kendaran biasanya sebelum melakukan pembayaran bapak akan diarahkan dahulu ke bagian Pajak Progresif untuk dicek terlebih dahulu status pajaknya, bila ada kendaraan yg sudah tidak atas nama bapak lagi bisa dilakukan proses pemblokiran disana.

  82. rangga
    rangga says:

    malam min
    saya baru saja melakukan pembayaran pajak motor dan ganti plat nomor baru. sy kaget kok dikenakan pajak progresif pemilikan ke 2. padahal kondisinya adalah :
    1. saya tidak pernah memiliki motor atas nama saya sebelumnya, pernah memiliki mobil itu pun sudah sy jual sekitar th 2014
    2. tahun tahun sebelumnya 2013-2017 tidak dikenakan pajak progesif.

    sy sudah terlanjur bayar dgn tarif progesif, krn diurus biro jasa.
    mohon penjelasan nya min bagaimana itu bisa terjadi dan apakah lebih bayar tsb bisa refund? dan apa yang harus sy lakukan..

    terima kasih

  83. Dedy Damanik
    Dedy Damanik says:

    Selamat sore admin bapenda,
    Saya mau tanya apakah benar kendaraan sepeda motor adik saya dgn plat B 4628 BEP. Nik 3173012507890010 kena pajak progressif? Dan kalau memang kena pajak progresif, brp biaya yg harus dibayar ya?
    Mohon infonya ya. Tx

  84. Recky Hafid
    Recky Hafid says:

    Selamat pagi pak/bu Admin,
    Bagaimana cara untuk menentukan kendaraan pertama, kedua dan seterusnya? Apakah dari waktu pembelian, mana yang lebih dahulu dimiliki?
    Terima kasih.

  85. Hezliciaevzhi
    Hezliciaevzhi says:

    Pak kira kira kalo pajak motor sekitar 300rb kalo nah kalo motor nya kena progresif jadi brpa ya

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Dihitung dari NJKB nya pak (Nilai Jual Kendaraan Bermotor)
      Ch:
      Motor 1 NJKB 10jt Pajaknya 10jt x 1.75% = 175.000
      Motor 2 NJKB 10jt (motor type, tahun & merk sama) 10jt x 2.25% = 225.000
      begitu kurang lebih perhitungannya pak

  86. Indah Pebri
    Indah Pebri says:

    mau tanya apakah untuk progresif di bekasi itu berdasarkan KK ? mislany dlama satu KK sudah ada yg memiliki motor, sehingga begitu sya beli motor dengan KTP berbeda tpi satu KK di kenakan progresif dan kepemilikan kedua?

    • Bapenda Jabar
      Bapenda Jabar says:

      Pajak progresif kendaraan dikenakan berdasarkan NAMA kepemilikan (bukan berdasarkan KK) dan JENIS kendaraan yang sama
      ch:
      – Pemilik A punya 2 motor, kena progresif
      – Pemilik B punya 1 motor dan 1 mobil, tidak kena progresif

  87. Delila
    Delila says:

    Bulan agust ini ada bebas bea balik nama.. apakah termasuk bebas mutasi juga pak? Kalau mutasi dari jakarta ke kota depok misalnya?

  88. Hardiansyah Rude
    Hardiansyah Rude says:

    1 NIK tetapi berbeda kendaraan apa terkena pajak progresif, Mobil sudah memakai nama saya…
    Kali ini motor baru (Pertama) saya jg memakai nama saya, apa kena pajak progresif ?

  89. Oki
    Oki says:

    Mobil gran max 2018,,tapi di plat nopol 25,,,,,kok bisa…. Seharusnya kan 23,,,,mohon pencerahannya..?

  90. Nana Supriyanto
    Nana Supriyanto says:

    Mau tanya..
    Untuk pajak progresif pengambilan kendaran baru ke 2 apakah dikenakan biaya ya dan dibayarkan di dealernya langsung…
    Atau bayar nya pas bayar pajak saja..

    • Tim Artikel
      Tim Artikel says:

      Untuk kendaraan baru, pengurusan biasanya dibantu oleh dealer. Oleh karena itu, apabila terkena tarif progresif kepemilikan ke 2, akan diinformasikan oleh dealer. Silakan cek di SKKP yang diberikan oleh dealer untuk nominal PKB yang dikenakan.

      tks~stv

  91. Bang Enjen
    Bang Enjen says:

    Mohon maaf pa saya mau tanya,2010 saya punya kendaraan roda 2 dan sudah saya jual ke sodara saya bahkan sudah di balik nama.tapi ketika saya beli lagi saya kena pajak progresif kalo seperti itu gimana ya?

  92. arifzulhamArif
    arifzulhamArif says:

    Selamat pagi pak/bu Admin,
    Berapa biaya balik nama kendaraan B1338 KJF dari bekasi kota ke Depok ?
    Terima atas jawabanya

    • Tim Artikel
      Tim Artikel says:

      Untuk bea balik nama sebesar Rp2.930.000
      bea balik nama diatas belum termasuk biaya PNBP serta Pajak Kendaraan Bermotor.

      Biaya PNBP yang terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri adalah sebagai berikut :
      Untuk Kendaraan Roda 4 atau lebih
      1. Biaya Penerbitan STNK Rp200.000
      2. Biaya Penerbitan TNKB Rp100.000
      3. Biaya Penerbitan BPKB Rp375.000
      4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp250.000

  93. arieyansah
    arieyansah says:

    Saya beli kendaraan dg nopol Z 1583 WN. Kepemilikan ke 5, status terprotek *sumber sambara.
    Untuk balik nama,berapa biaya yang harus di siapkan?
    Dan mohon rinciannya.
    Hatur nuhun admin

Comments are closed.