Men PAN-BR Apresiasi E-Samsat

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Yuddy Chrisnandi apresiasi langkah inovatif yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Jawa Barat, Polda Jabar, Jasa Raharja dan Bank bjb yang membuat program e-samsat.

Ia mengaku bangga karena Samsat telah melakukan pembenahan-pembenahan. Hal itu sebagai kesadaran bahwa tuntutan publik yang besar untuk pelayanan pajak kendaraan ini semakin meningkat. Apabila tuntutan publik ini tidak segera diakomodir, maka akan menimbulkan ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.

“Unit-unit pelayanan publik seperti Samsat ini membenahi sendiri dan melakukan inovasi-inovasi yang baik. Dari mulai pelayanan drive-thru Samsat, pembayaran pajak kendaraan ini sudah berjalan di beberapa tempat,” ucap Yuddy, Sabtu (22/11).

Diakui dia, inovasi e-Samsat yang diprakarsai tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat ini merupakan hal yang luar biasa. Inovasi seperti ini, lanjut Yuddy masih langka ditemui. Akan tetapi, e-Samsat ini harus memiliki efektivitas dan efisiensi yang tinggi untuk menjawab harapan masyarakat dalam melakukan registrasi pajak kendaraan tahunan.

“Ini mampu memangkas birokrasi yang berbelit-belit dan mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan. Karenanya, apa yang sudah dilakukan e-Samsat di wilayah Polda Jabar ini, akan menjadi contoh yang dapat diterapkan di provinsi-provinsi lain di Indonesia,” ungkapnya. ***