Dispenda Jabar Sukses Gelar Rakernas yang Kedua kalinya di Bandung

Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Jawa Barat sukses menggelar Rapat Kerja Nasional yang ke-2 di Bandung. Sebagai tuan rumah untuk kali kedua ini, selama tiga hari sebanyak 16 Dispenda tingkat provinsi se-Indonesia melakukan berbagai pembahasan terkini untuk kemajuan bersama.

”Alhamdulilah dapat dilaksanakan untuk kali kedua. Diharapkan, dari raker ini dapat terus terjalin sinergitas dalam pelaksanaan pungutan pajak daerah. Jadi salah satu juannya acara ini adalah untuk meningkatkan koordinasi antar provinsi dengan simultan,” kata Plt Kepala Dispenda Jabar, Iwa Karniwa, Kamis (8/5).

Iwa mengatakan, salah satu poin yang dibahas dalam acara tersebut adalah, menyangkut, pungutan pajak untuk kendaraan TNI/Polri, pembayaran pajak melalui e-Samsat, gugatan wajib pajak melalui pengadilan pajak, dan lain-lain.

Bahkan, hasil rapat kerja itu diharapkan dapat menjadi bahan persamaan persepsi untuk rekomendasi review Undang-Undang No 28/2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Sehingga, semua provinsi bisa memiliki pandangan yang sama.

”Melalui kerja sama ini, saya yakin optimalisasi pajak dan pendapatan semua provinsi nantinya bisa optimal,” ucapnya.***