Kapolda dan Aher

Kapolda Harapkan Banyak dari E-Samsat

Kepala Polda Jabar Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan mengharapkan banyak hal dari terobosan e-Samsat yang baru dirilis akhir pekan lalu.

Menurut dia, layanan daring ini memudahkan banyak hal bagi warga Jabar pemilik kendaraan seperti memudahkan masyarakat mengatahui jumlah pajak yang harus dibayar.

Jadi, manfaatnya merata baik bagi publik, Dispenda, maupun kepolisian
“Keuntungan antara lain dapat memangkas birokrasi, juga menghentikan pungutan liar dan praktik percaloan,” katanya di Bandung, baru-baru ini.

Selain itu, sambung mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat ini, keberadaan e-Samsat juga akan membantu keberadaan drive thru, outlet, dan Samsat keliling yang sudah ada.

Pasalnya, meski ada drive thru, kadang masih terjadi antrean panjang yang menyebabkan kemacetan. Dengan adanya e-Samsat, kata Iriawan, dapat mempercepat layanan sekaligus mengurangi hal itu.

Direktur Komerial bank bjb Muhammad Irfan menambahkan, sistem e-Samsat adalah sebuah inovasi yang berbasis pada pemanfaatan sistem pelayanan online perbankan.

Dia menjelaskan, cara pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui ATM bank bjb, melalui ‘SMS INFO’. Formatnya, ‘esamsat_nomor rangka_nomor KTP_alamat email’ lalu dikirim ke nomor 0811211921.

’’Pastikan nomor KTP yang tercantum pada STNK merupakan yang terdaftar saat pembukaan rekening bank bjb,’’ imbuhnya. ***