Kabar Gembira di Musrenbang Jabar

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membuka Musrenbang Provinsi Jawa Barat dengan menyampaikan beberapa kabar gembira. Di antaranya, ekonomi yang sempat minus 2,52 persen tumbuh menjadi menjadi positif 3,74 persen melebihi rata-rata nasional yang 3,69 persen.

Hal itu ditunjang dengan capaian investasi dari target Rp 120 T, realisasinya Rp 136 T, khususnya di Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kab. Bogor tiga daerah yang tertinggi dalam pencapaian investasi.

Investasi ini berkorelasi dengan tingkat pengangguran terbuka yang menurun dari 10,46% pada 2020 menjadi 9,82% pada 2021. Juga, penurunan kemiskinan dari 8,43 persen menjadi 7,97 persen pada 2021.

“Gap-nya besar di Kota, tapi kecil di pedesaan. Ini yang harus kita pikirkan dalam Musrenbang,” kata Gubernur Ridwan Kamil.

Kepala Bapenda Jabar turut menghadiri Musrenbang 2022.

Kadisnakertrans: Bapenda Layak Menjadi Percontohan Organisasi Publik Berbasis Pelayanan

Serahkan penghargaan pada Bapenda Jabar, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Ir. Rachmat Taufik Garsadi, M.Si menilai Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat layak menjadi percontohan organisasi publik berbasis pelayanan.

“Bapenda dapat menjadi contoh organisasi publik yang berbasis pelayanan, bukan hanya oleh pemerintah, juga oleh swasta, misalnya hotel,” tutur Rachmat dalam sambutannya.

Kadinakertrans menjelaskan jika Bapenda berjasa dalam memberikan pelayanan pada ribuan pemilik kendaraan setiap harinya. Banyak di antara mereka yang terlayani ialah para pekerja di berbagai perusahaan atau instansi.

“Bapenda melakukan pelayanan pada para pemilik kendaraan. Setiap hari, ribuan orang harus dilayani secara langsung atau tidak langsung,” terang Kadisnakertrans.

Selanjutnya, Rachmat menjelaskan, pelayanan publik yang prima pada akhirnya akan berdampak pada jumlah investasi di Provinsi Jawa Barat.

“Pada akhirnya, kita berharap Jabar dapat menjadi provinsi yang menarik banyak investasi,” pungkasnya.

Penghargaan diterima oleh Sekretaris Bapenda, Maulana Indra Wibawa, S.H., M.Si dari Kepala Disnakertrans pada acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pengawasan Ketenagakerjaan tahun 2022 di Fox Harris Lite Hotel Metro Indah Bandung, Rabu (30/3/2022).

Dalam piagam penghargaan, tertulis jika Bapenda Berpartisipasi dalam Kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2022.

Apresiasi sejenis juga diberikan pada Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja, PT. PLN (Persero) UP 3 Bandung, PT. Feng Tay Indonesia Enterprises.

Selain itu, apresiasi juga diberikan pada perushaan yang berkomitmen dalam penerapan Norma Ketenagakerjaan. Mereka yang memperoleh ialah PT. Reckit Benckiser, PT. Pupuk Kujang, PT. Arnotts Indonesia, PT. Valmet Technology Center & Group Valmet Indonesia, PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia, PT. Sinar Grage Jaya, PT. Feng Tay Indonesia Enterprises, PP. Bahagia Bangunan KSO.

Acara Rakorda digelar dalam rangka sinergitas pelaksanaan Pengawasan Ketenagakerjaan di Jawa Barat. Tema yang diusung ialah “Membangun Integritas dan Profesionalisme Pengawas Ketenagakerjaan dalam Penegakkan Hukum Ketenagakerjaan”.

Kolaborasi Pemprov Jabar dan Pemkab Garut Luncurkan Bank BUMDes Permudah Masyarakat Bayar Pajak

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Garut mengenai sinergitas program intensifikasi, pengembangan layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), pembayaran pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan dan pemberdayaan masyarakat desa di wilayah Kabupaten Garut.

Salah satu bentuk kerja sama tersebut tertuang dalam acara peluncuran program Bank BUMDes bertempat di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut hari Senin 28 Maret 2022 kemarin yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum.

Menurut Kepala P3D Wilayah Kabupaten Garut, Dadan Supyan, SE., MM sebagaimana dilansir dari laman garut.inews.id, peluncuran bank BUMDes ini merupakan bentuk kolaborasi yang baik antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten Garut.

“Ini merupakan bentuk nyata dari kolaborasi, yaitu dengan ditandatanganinya Kesepakatan bersama antara Samsat Garut (P3DW Garut, Kasatlantas Garut dan Jasa Raharja) dengan 34 Bumdes dari seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Garut,” ungkap Dadan disela-sela acara peluncuran.

Selanjutnya Dadan menerangkan bahwa Program bank BUMDes ini bertujuan untuk mempermudah WP yang ada di Kabupaten Garut dengan memfasilitasi pembayaran pajak daerah termasuk PKB melalui Payment Point Online Bank (PPOB) dari bank bjb.

Tentunya selain untuk memberikan kemudahan kepada WP dalam melakukan pembayaran pajak, bank BUMDes ini juga dapat menjadi alternatif usaha bagi BUMDes yang ada di Kabupaten Garut karena untuk setiap transaksi pembayaran yang dilakukan BUMDes akan mendapatkan keuntungan berupa biaya transaksi.

Lebih lanjut, Dadan berharap BUMDes dapat menjadi alternatif pembayaran pajak bagi WP serta mampu membantu mensosialisasikan pentingnya membayar PKB kepada masyarakat.

“Dengan demikian diharapkan Bumdes mampu menjadi mitra PPOB untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor, menjadi alternatif pilihan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan, mampu mensosialisasikan pentingnya pembayaran pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat luas.

Mempunyai komitmen dan integritas dalam memfasilitasi pembayaran PKB serta memberikan alternatif solusi pembayaran PKB (bisa dicicil, bisa bayar menggunakan barang/hasil tani dll),” terang Dadan.

WUJUDKAN KOLABORASI PELAYANAN DENGAN PEMERINTAH KOTA BANDUNG

Kolaborasi dalam Peningkatan Pendapatan dilaksanakan oleh Bapenda Jabar dengan Pemerintah Kota Bandung.

Salah satu upaya yang dilaksanakan Pemerintah Kota Bandung adalah dengan Akselerasi Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan, Launching Qris dan Lomba RW Berkreasi yang dilaksanakan di Summarecon Bandung, Senin (28/3).

Kepala Bapenda Jabar, Dr. Dedi Taufik, M.Si beserta jajaran turut menghadiri Kegiatan Launching ini. Selain itu pula hadir Direktur Pendapatan Daerah Kemendagri RI, Sekda Kota Bandung, Perwakilan bank bjb beserta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyatakan bahwa apresiasi ini mudah2an dapat memotivasi penerima untuk bekerja lebih maksimal,
dan menjadi inspirasi bagi para Camat dan Lurah lainnya untuk meraih prestasi yang sama.

“Rebus ubi cilembu asli,
Kreasikan jadi keripik.
Teruslah berinovasi,
Wujudkan pelayanan terbaik” pungkas Yana.

SALAM KOLABORASI,
SALAM SEHAT,
SALAM TANGGUH.

Samdeci Siap Layani, Wajib Pajak Ciamis Tinggal Duduk Manis

Tim Pembina Samsat Kabupaten Ciamis melahirkan inovasi pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bagi Wajib Pajak (WP) yang ada di Kabupaten Ciamis yang diberi nama Samsat Delivery Ciamis (Samdeci).

Melansir dari laman samdeci.id, Samdeci merupakan salah satu upaya dari Tim Pembina Samsat Kabupaten Ciamis dimasa pandemi Covid-19 untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19 dan mensosialisasikan gerakan #dirumahaja.

Ada empat alasan mengapa WP di Kabupaten Ciamis harus memanfaatkan Samdeci untuk membayar PKB, yaitu :
1. Mudah
WP tinggal isi formulir, tunggu kurir Samdeci untuk menjemput dokumen ke tempat WP.
2. Aman
Layanan ini merupakan layanan resmi dari Samsat Ciamis, jadi tak perlu khawatir.
3. Cepat
Layanan Samdeci menghadirkan layanan satu hari beres (One-Day-Service).
4. Tracking
WP yang sudah mendapatkan nomor resi dari petugas, dapat melakukan tracking / pelacakan status dokumen kendaraannya.

Layanan Samdeci ini dapat dinikmati WP di Kabupaten Ciamis setelah melakukan pendaftaran melalui formulir yang ada di website https://samdeci.id/ dan aplikasi Samdeci yang dapat diunduh di Google Play.

EVALUASI KINERJA UNTUK TINGKATKAN KOLABORASI

Kolaborasi menjadi salah satu kunci penting dalam pelaksanaan Program Kerja. Sesuai dengan arahan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat untuk melaksanakan Team of Teams.

“Saya apresiasi kinerja teman-teman. Di bulan Ramadhan juga harus tetap meningkatkan kinerja, salah satunya dengan membuka Outlet yang berkolaborasi dengan Disparbud Jabar”, ungkap Kepala Bapenda Jabar, Dr. Dedi Taufik, M.Si dalam Rapat Evaluasi Kinerja di Pusat Pengelolaan Pendapatan Wilayah (P3DW) Kabupaten Indramayu I, Jumat (25/3).

Kegiatan dihadiri pula oleh Sekretaris, para Kepala Bidang dan Kepala P3DW se-Jawa Barat beserta Mitra dan jajaran.

Selain melaksanakan Evaluasi Kinerja dari masing-masing Bidang dan P3DW, juga dilaksanakan penyerahan Piagam Penghargaan oleh Kepala Bapenda Jabar kepada Wajib Pajak Korporasi Pertamina Balongan PT. Prima Armada Raya.

GERCEP.
GEBER.
GASPOL.

Agenda Kegiatan 23 Maret 2022 dan 24 Maret

Waktu & Tempat Pelaksanaan
23 Maret 2022 s/d 24 Maret 2022
Jakarta Convention Center

Dihadiri Oleh
Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat

Perihal
Pameran Kerajinan Terbesar Asia Tenggara

TINGKATKAN SILATURAHIM & DISIPLIN MELALUI APEL PAGI

Salah satu cara untuk meningkatkan silaturahim dan kedisiplinan,
adalah dengan Apel Pagi.

“Mobilisasi Kita dalam proses pelayanan harus lebih ditingkatkan untuk lebih memudahkan masyarakat” ujar Kepala Bapenda Jabar, Dr. Dedi Taufik, M.Si pada Apel Pagi Virtual, Senin (21/3).

Kita harus mengambil langkah-langkah yang lebih baik lagi, seperti halnya beberapa kegiatan di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah dengan adanya Samsat Weekend, Samsat Sore, Samsat Nite dan kerjasama dengan BumDes.

Apel dilaksanakan oleh seluruh Pejabat Struktural dan Pelaksana di Lingkungan Bapenda Jabar.

GEBER.
GERCEP.
GASPOL.

Samsore Siap Jemput Bola Melayani Wajib Pajak di Sabtu Sore

Masyarakat Kabupaten Bandung khususnya yang sibuk bekerja pagi sampai siang hari sekarang tak perlu khawatir tidak dapat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Tahunan karena Samsat Soreang Sore (Samsore) siap melayani wajib pajak mulai pukul 17.00 sampai dengan 20.00 WIB setiap hari Sabtu bertempat di Warsun Gading Tutuka Soreang.

Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik mengatakan Samsore ini hadir untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pembayaran PKB.

“Ini adalah cara kita untuk bagaimana memberikan ruang pelayanan yang memudahkan wajib pajak” ungkap Dedi sebagaimana dikutip dari laman prfmnews.

Lebih lanjut Dedi mengatakan sebagai permulaan, layanan Samsore dimulai dari kawasan Soreang, Kabupaten Bandung dengan menerapkan gaya jemput bola, yaitu mobil layanan pembayaran PKB yang menghampiri masyarakat.

“Pantauan hari ini, ada warga yang datang dari Ciwidey dan Bandung Barat. Artinya masyarakat memang butuh layanan seperti ini karena masyarakat butuh kemudahan bayar pajak,” pungkas Dedi Taufik di sela peluncuran layanan Samsore, Sabtu (19/3/22) di Warsun Gading Tutuka Soreang.

Kepala Bapenda Jabar, Dr. Dedi taufik, M.Si memberikan sambutan di Samsore

Agenda Kegiatan 19 Maret 2022

Waktu & Tempat Pelaksanaan
19 Maret 2022
Samsat Soreang

Dihadiri Oleh
Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat

Perihal
Launching Samsat Soreang Sore / Samsore