Kolaborasi Pemprov Jabar dan Pemkab Garut Luncurkan Bank BUMDes Permudah Masyarakat Bayar Pajak

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Garut mengenai sinergitas program intensifikasi, pengembangan layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), pembayaran pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan dan pemberdayaan masyarakat desa di wilayah Kabupaten Garut.

Salah satu bentuk kerja sama tersebut tertuang dalam acara peluncuran program Bank BUMDes bertempat di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut hari Senin 28 Maret 2022 kemarin yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum.

Menurut Kepala P3D Wilayah Kabupaten Garut, Dadan Supyan, SE., MM sebagaimana dilansir dari laman garut.inews.id, peluncuran bank BUMDes ini merupakan bentuk kolaborasi yang baik antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten Garut.

“Ini merupakan bentuk nyata dari kolaborasi, yaitu dengan ditandatanganinya Kesepakatan bersama antara Samsat Garut (P3DW Garut, Kasatlantas Garut dan Jasa Raharja) dengan 34 Bumdes dari seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Garut,” ungkap Dadan disela-sela acara peluncuran.

Selanjutnya Dadan menerangkan bahwa Program bank BUMDes ini bertujuan untuk mempermudah WP yang ada di Kabupaten Garut dengan memfasilitasi pembayaran pajak daerah termasuk PKB melalui Payment Point Online Bank (PPOB) dari bank bjb.

Tentunya selain untuk memberikan kemudahan kepada WP dalam melakukan pembayaran pajak, bank BUMDes ini juga dapat menjadi alternatif usaha bagi BUMDes yang ada di Kabupaten Garut karena untuk setiap transaksi pembayaran yang dilakukan BUMDes akan mendapatkan keuntungan berupa biaya transaksi.

Lebih lanjut, Dadan berharap BUMDes dapat menjadi alternatif pembayaran pajak bagi WP serta mampu membantu mensosialisasikan pentingnya membayar PKB kepada masyarakat.

“Dengan demikian diharapkan Bumdes mampu menjadi mitra PPOB untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor, menjadi alternatif pilihan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan, mampu mensosialisasikan pentingnya pembayaran pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat luas.

Mempunyai komitmen dan integritas dalam memfasilitasi pembayaran PKB serta memberikan alternatif solusi pembayaran PKB (bisa dicicil, bisa bayar menggunakan barang/hasil tani dll),” terang Dadan.