Wagub: Setelah E-Samsat, Diharapkan Ada Lagi

Wagub Jabar H Deddy Mizwar mengapresiasi inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh tim pembina Samsat di Jawa Barat dengan sistem e-Samsat yang memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Diharapkan ke depan tidak hanya e-Samsat, tapi juga bisa untuk proses bea balik nama kendaraan dan lainnya,” ujarnya di Bandung, belum lama ini.

Menurut dia, E-Samsat juga diharapkan memberikan kemudahan sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak daerah, khususnya pajak kendaraan bermotor yang akan membantu dalam percepatan pembangunan daerah.

“Jadi, siapa pun dan dimanapun pemilik kendaraan bermotor berplat nomor wilayah Jabar bisa membayar pajaknya melalui ATM Bank BJB,” katanya.

Deddy menambahkan, saat ini Jabar yang medeklarasikan sebagai provinsi siber (cyber province) telah memiliki 42 jaringan pemerintahan elektronik, yakni sistem layanan elektronik di SKPD. Dengan tambahan e-Samsat yang dirilis 22 November lalu, maka telah hadir 43 jaringan.

“Sebagai cyber province, maka Jabar terus meningkatkan jaringan layanan elektronik, dengan tambahan e-Samsat, maka Pemprov Jabar saat ini menjadi memiliki 43 jaringan layanan publik elektronik yang terintegrasi,” kata Deddy. ***