Sosialisasi Internalisasi Dokumen Rencana Kerja Reformasi Birokrasi

Mewujudkan Reformasi Birokrasi tidak bisa secara instan, namun harus melalui proses terencana yang bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

Hal inilah yang sedang dilaksanakan di lingkungan Bapenda Jabar dengan Sosialisasi/Internalisasi dokumen Rencana Kerja Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan di Aula Bapenda Jabar, Senin (29/8/2022).

 

Sekretaris Bapenda Jabar memimpin Sosialisasi/Internalisasi Dokumen Rencana Kerja Reformasi Birokrasi

Sosialisasi diikuti oleh pegawai di lingkungan Bapenda Jabar

Samsat Keliling Hadir di Ajang Cycling de Jabar Geopark Ciletuh

Samsat Keliling (Samling) Pusat Pengelolaan Pendapatan (P3D) Wilayah Kabupaten Sukabumi II Palabuhan Ratu hadir di acara Cyling de Jabar Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi Sabtu (27/8/2022).

Selain pelayanan Samling, dilaksanakan juga sosialisasi Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2022 kepada masyarakat yang hadir di ajang tersebut.

Cycling de Jabar merupakan ajang pariwisata berbasis olahraga atau sport tourism yang berlangsung selama dua hari, 27 sampai 28 Agustus 2022 yang dibagi menjadi dua etape. Etape pertama dimulai dari Pantai Palangpang, kawasan Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi dan berakhir di Pantai Ranca Buaya, Kabupaten Garut. Sedangkan etape kedua akan berlangsung pada hari Minggu, 28 Agustus 2022, dimulai dari Pantai Ranca Buaya hingga Pantai Pangandaran.

Gubernur Jawa Barat melepas para peserta Cycling de Jabar di Pantai Palangpang Geopark Ciletuh

Pemberian cinderamata kepada wajib pajak yang membayar Pajak Kendaraan

Sosialisasi Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2022 kepada pengunjung ajang cycling de Jabar

Bayar Pajak Kendaraan Lebih Dekat Di MPP Kota Bandung

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bandung telah diresmikan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa mewakili Plt. Menteri PANRB Moh. Mahfud MD bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Wali Kota Bandung Yana Mulyana, di Kota Bandung, Selasa (23/08/2022).

MPP Kota Bandung ini merupakan MPP ke-64 di Indonesia dan menjadi MPP ke-8 yang ada di Jawa Barat. MPP ini merupakan salah satu bukti keseriusan pemerintah dalam memberikan kemudahan pelayanan publik kepada masyarakat.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat melalui Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan turut berpartisipasi dengan menyediakan layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan kepada wajib pajak yang ada di kota Bandung.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Jawa Barat menyampaikan Gubernur Jawa Barat menginginkan Jawa Barat menjadi provinsi terdepan dengan inovasi-inovasi dalam pelayanan masyarakat.

“Gubernur Kita ingin Jawa Barat adalah selalu inovasinya terdepan dalam melayani masyarakat”, ungkap Uu.

Lebih lanjut UU mengajak masyarakat untuk taat membayar pajak karena pembangunan di Jawa Barat memerlukan biaya, yang dananya datang pajak yang dibayarkan oleh masyarakat.

“Pembangunan di Jawa Barat terus berjalan sesuai dengan permohonan dari masyarakat. Tetapi ingat pembangunan butuh uang. Salah satu pemasukan pemerintah adalah dari Pajak. Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk taat bayar pajak tepat pada waktunya.” terang Uu di sela acara peresmian.

Kepala P3DW Kota Bandung II Kawaluyaan (kiri), mendampingi Wakil Gubernur Jawa Barat dan Kepala P3DW Kota Bandung III Soetta

Kolaborasi Dengan Pedagang Tahu Bulat Tingkatkan Jangkauan Sosialisasi

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat terus melakukan inovasi guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu cara yang digunakan kali ini adalah bekerja sama dengan pedagang tahu bulat untuk mensosialisasikan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor kepada masyarakat.

“Beragam cara dilakukan oleh kami dalam menyosialisasikan pembayaran pajak. Dari mulai bekerja sama dengan instansi pemerintah hingga berkolaborasi dengan pedagang tahu bulat. Kami juga menggelar operasi simpatik beberapa bulan lalu bersama kepolisian dan TNI,” kata Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik, Minggu (21/8).

Bapenda Provinsi Jawa Barat, lanjut Dedi Taufik, menggandeng pedagang tahu bulat yang biasa berkeliling hingga ke pemukiman warga menggunakan mobil dan pengeras suara.

“Jadi setelah nyanyian tahu bulat yang khas, diselipkan imbauan mengenai kewajiban dan pentingnya membayar pajak serta informasi mengenai beragam program dari Bapenda Jabar,” kata dia.

Dia mengatakan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menyosialisasikan pembayaran pajak merupakan bagian dari implementasi kolaborasi yang kerap disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Pak Gubernur selalu menekankan pentingnya kolaborasi dan inovasi. Kami terus lakukan itu, menerjemahkannya dengan berbagai cara. Tujuannya kan ada peningkatan pendapatan,” kata dia.

“Pedagang tahu bulat ini biasanya mendatangi rumah-rumah dengan pengeras suara. Jadi, bisa lebih luas lagi jangkauan sosialisasinya,” lanjut Dedi Taufik.

Dia mengatakan ada ratusan pedagang tahu bulat yang diajak berkolaborasi di semua daerah Jawa Barat dan mereka sudah bergerak menjelang peringatan hari kemerdekaan hingga satu pekan ke depan.

“Kami memahami bahwa saat ini masih tahap pemilihan ekonomi setelah kedaruratan pandemi COVID-19. Tapi kami yakin target yang ditetapkan bisa terealisasi,” kata dia.

 

Sumber : antaranews.com

OPTIMALISASI PENERIMAAN PAJAK

Sebagai bentuk Evaluasi Implementasi Perjanjian Kerja Sama (PKS), Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) dilaksanakan Konsinyering Optimalisasi Penerimaan Pajak Pusat dan Pajak Daerah di Hotel Crowne Plaza Bandung, Senin (22/8/2022).

“Bapenda Jabar menjadi Badan Pendapatan yang Terinovatif dari Pemerintah Pusat yang membawa hasil peningkatan yang luar biasa” ungkap Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum dalam sambutannya.

Pajak adalah sebagai sumber utama dalam penerimaan Negara dan untuk Pembangunan. Disinilah diperlukannya adanya inovasi dan akselerasi dalam Pembayaran Pajak.

Kegiatan Konsinyering ini bertujuan untuk terbangunnya komunikasi yang baik antar lembaga untuk Optimalisasi Penerimaan Pajak.

Foto bersama Wakil Gubernur Jawa Barat didampingi Kepala Bapenda Jabar

Kepala Bapenda Jabar Jadi Nara Sumber pada School of Millenial Leaders (SMILE)

Kepala Bapenda Jabar Dr. Dedi Taufik, M.Si, hadir sebagai nara sumber pada School of Millenial Leaders (SMILE), Forum OSIS Jawa Barat yang diselenggarakan di Gedung Telkom University, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Sabtu (20/08).

Dalam paparannya Kepala Bapenda Jabar menyampaikan berbagai potensi yang dimiliki Jawa Barat, mulai dari keberagaman etnik hingga potensi ekonomi dan wisata.

Kepala Bapenda Jabar juga menyampaikan sumber Pendapatan Asli Daerah yang dikelola Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat serta berbagai inovasi layanan yang mempermudah masyarakat Jawa Barat untuk memenuhi kewajiban membayar pajak daerah.

 

Bapenda Jabar Turut Meriahkan Festival Kuliner di HUT Jabar ke 77

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar festival kuliner dalam ranga memeriahkan HUT Jabar yang ke 77. Festival kuliner ini melibatkan 27 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat dengan membagikan 77.777 porsi makanan tradisional kepada masyarakat Jawa Barat di 77 titik di seluruh Jawa Barat dengan pusat pembagian ada di Gedung Sate.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat turut berpartisipasi memeriahkan festival tersebut dengan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menyiapkan nasi tutug oncom dan wajik ketan masing-masing sebanyak 1.010 porsi.

Selain itu, Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) se-Jawa Barat pun turut berpatisipasi dengan mempersiapkan makanan tradisional untuk dibagikan kepada wajib pajak yang datang ke layanan Samsat induk pada hari Jumat (19/8/2022).

Festival kuliner di Kantor induk samsat Ciledug Kabupaten Cirebon

Festival kuliner di Kantor induk samsat Ciamis

Festival kuliner di Kantor induk samsat Cibinong Kabupaten Bogor

HUT Ke-77 RI, Ridwan Kamil: Warga Jabar Antusias Sambut Peringatan Hari Kemerdekaan

Gubernur Jawa Barat membuka konvoi klub kendaaraan bermotor dalam rangka HUT RI ke-77

Foto bersama Kepala Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat dengan Ibu Atalia Ridwan Kamil

Seluruh warga Jabar menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia dengan meriah. Pelaksanaan upacara pengibaran merah putih tahun ini pun dapat digelar secara luring.

Hal tersebut dikemukakan Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, ketika ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (17/8/2022).

“Warga Jabar sangat antusias menyambut peringatan Hari Kemerdekaan. Hal tersebut karena warga dapat merayakan Hari Kemerdekaan dengan tetap menggunakan masker,” kata Gubernur.

“Alhamdulillah seluruh wilayah Jawa Barat, saya pantau hari ini, begitu meriah melaksanakan kegiatan peringatan ulang tahun kemerdekaan. Saya pantau dari berbagai daerah di desa-desa, di kampung-kampung, di kota, semua meriah. Mungkin ini karena pertama kali kita melaksanakan lebih normal kegiatan upacara bendera,” imbuhnya.

Menurut Gubernur, dengan antusiasme masyarakat dalam menyambut HUT RI ini menandakan, sesuai dengan semangatnya, kita harus pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Kang Emil bersama seluruh jajaran Forkopimda Jabar mengikuti berbagai rangkaian HUT Ke-77 RI. Sekitar pukul 08.00 WIB, ia melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di Lapangan Gasibu, Kota Bandung. Kepada para peserta upacara yang hadir, Gubernur berpesan agar menyiapkan diri untuk melawan tantangan global di masa mendatang.

“Ada tiga potensi krisis yaitu krisis keuangan, krisis energi dan krisis pangan. Semua direspons oleh masyarakat Jawa Barat dengan berbagai upaya-upaya agar kita bisa selamat. Kemudian, mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif, kita masih belum sempurna masih ada komentar-komentar yang belum dan tidak mensyukuri nikmat kemerdekaan ini,” ucapnya.

“Tidak ada sebuah situasi yang sangat sempurna. Jadi kalau kita belum sempurna, mari kita sempurnakan dan kita syukuri nikmat berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.

Momen HUT ke-77 RI tahun ini, menurut Gunernur, harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menghadirkan prestasi dan menghasilkan dampak positif bagi masyarakat.

“Pesan dari saya tentunya mari isi rayakan hari istimewa ini dengan prestasi kepada masyarakat Jawa Barat,” katanya.

“Pertahankan khususnya Pemda Provinsi Jabar yang juara investasi, juara kinerja PNS-nya, sehingga bisa membanggakan tinggal di tempat yang istimewa ini,” tuturnya.

Setelah prosesi upacara di Lapangan Gasibu, Gubernur melanjutkan kegiatan dengan menyaksikan upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka, Jakarta, secara virtual dari Aula Timur Gedung Sate.

“Kemudian jam 10 kita mengikuti detik-detik proklamasi di Istana Merdeka bersama Presiden Jokowi dan tentunya kita bangga dengan semangat hari ini ada pengibaran lewat helikopter, ada lintas pesawat jet, ada pengibaran 77 bendera di bawah laut,” pungkasnya.

sumber : jabarprov.go.id

Momentum Untuk Melaksanakan Perubahan

Kita mengisi kemerdekaan dengan melakukan perubahan:

1. Kunci perubahan dimulai dari diri sendiri
2. Perkuat soliditas
3. Konsolidasi fiskal yg berkualitas yg diawali dari sisi Pendapatan
4. Peningkatan kepatuhan Wajib Pajak
6. Optimalisasi pemanfaatan aset
7. Inovasi layanan yg memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

Semua untuk pembangunan di Jawa Barat.

 

Kepala Bapenda Jabar bertindak sebagai pembina upacara 17 Agustus lingkup Bapenda Jabar

Upacara bendera memperingati HUT RI ke 77 tingkat Bapenda Jabar

Agenda Kegiatan 17 Agustus 2022

Waktu & Tempat Pelaksanaan
17 Agustus 2022
Lapang Upacara Bapenda Jabar

Dihadiri Oleh
Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat

Perihal
Upacara Peringatan Hut RI ke 77