Sensus KTMDU Juga Digencarkan di Depok

Jajaran Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat Wilayah Depok II/Cinere pada awal tahun ini juga gencar berupaya mengejar jumlah kendaraan yang tidak melakukan daftar ulang (KTMDU).
Pasalnya jumlah KTMDU di Samsat Cinere tahun 2014 ini telah mencapai  12 ribu kendaraan.”Tahun 2015 kita akan genjot penelusuran KTMDU dengan melibatkan pihak kelurahan. Dari hasil penelusuran tahun ini kita berhasil melakukan pendataan sebanyak 6000 kendaraan,”ujar  Kacab Dispenda Provinsi Jabar Wilayah Depok II/Cinere, Rd Sudrajat Wijayakusuma di Depok, seperti dihimpun laman Dispenda Jabar dari berbagai sumber, kemarin.
Menurut dia, nantinya akan disiapkan 10 petugas pendataan di masing-masing kelurahan untuk menelusuri secara langsung secara door to door.
Satu petugas akan menelusuri sebanyak 10 wajib pajak di wilayah masing-masing,”Satu tim surveyor sebanyak 10 orang di setiap kelurahan. Ada 28 kelurahan di wilayah kerja Samsat cinere, sedangkan anggarannya telah disiapkan Dispenda Jabar,”terang Ajat.
Kasubag TU Samsat Cinere R Gumiwan menambahkan, penelusuran KTMDU di tahun 2015 ditargetkan sebanyak 36 ribu kendaraan dengan asumsi satu petugas mendata 10 orang selama 365 hari kerja.
Namun, kata Gumiwan, tidak semua kelurahan memiliki potensi KTMDU dengan jumlah yang sama,”Setiap kelurahan potensinya berbeda-beda. Yang pasti target kita sebanyak 36 ribu KTMDU bisa terdata,”tandas Gumiwan.
Dalam kesempatan itu, Kacab juga berpesan agar seluruh pegawai Dispenda meningkatkan pelayanan sesuai standar ISO.
Pelayanan sesuai standar ISO harus selesai dalam waktu 30 menit. Karena itu, semuanya harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap pelayanan dan jangan mengecewakan wajib pajak. **