Kota Bandung Catat Potensi Bagi Hasil Terbesar

Kota Bandung mencatat potensi raihan bagi hasil terbesar dibandingkan seluruh kota/kabupaten di Jawa Barat.

Berdasarkan data dari Dinas Pendapatan Provinsi Jabar, sepanjang tahun 2013 lalu, Kota Bandung mencatat potensi terbesar dari empat komponen bagi hasil yakni Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), dan Pajak Air Permukaan (APER).

Kota Bandung mencatat potensi terbesar dari PKB, selanjutnya disusul oleh BBNKB, PBBKB, dan APER. Situasi ini sebenarnya juga hampir sama diikuti oleh kota lainnya di Jawa Barat, dimana hal ini menunjukkan laju cepat kepemilikan kendaraan bermotor pada masyarakat Tatar Parahiyangan ini.

Setelah Kota Bandung, berurutan rangking dua dan tiga, potensi pendapatan terbesar diikuti oleh Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Bogor. Kontributor bagi hasil terbesar untuk Kota Bekasi adalah PKB, Kabupaten Bekasi (BBNKB), sementara Kabupaten Bogor bersumber dari PBBKB.

Sejumlah daerah yang memperoleh potensi bagi hasil relatif sedang adalah Kabupaten Cirebon, Kab. Indramayu, dan Kab. Bandung Barat.

Sementara yang masih harus digenjot karena bagi hasilnya relatif timpang dengan bagi hasil terbesar adalah Kota Sukabumi, Kab. Kuningan, Kab. Tasik, dan Kota Banjar.