Presentasi 16 Besar Anugerah Tinarbuka 2023

Bapenda Jabar masuk dalam Nominasi 16 besar pada Anugerah Tinarbuka Tingkat Nasional Tahun 2023 Kategori Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Badan Publik yang lolos Tahap Administrasi diundang oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) untuk menyampaikan presentasinya secara langsung,
di hadapan Tim Penilai yang terdiri dari Kemendagri, Kemenpan RB, Kemenkopolhukam, dan KI Pusat.

Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik menghadiri langsung Presentasi ini di Hotel Atria, Tangerang (28/3).

Tax Center sebagai salah satu Inovasi unggulan Bapenda Jabar, menjadi insight utama dalam penyampaian Materi Pelayanan Informasi PPID di Bapenda Jabar.

Sebagai informasi melansir laman website Komisi Informasi, pernyataan dari Plt. Sekretaris KI Pusat Nunik Purwanti bahwa Anugerah Tinarbuka salah satu penilaian untuk monitoring pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. “Adapun subjek yang dinilai dan dimonitoring dalam anugerah ini adalah penyelenggara Pemilu, Kepala Dinas atau Direktur SKPD Provinsi serta Bupati dan Walikota,” jelas Nunik.

Lebih lanjut Nunik mengungkapkan penilaian monitoring hendak memetakan prakarsa-prakarsa mengentai kebijakan program serta inovasi dalam akselerasi budaya keterbukaan informati di lingkungan atau wilayah kerja KPU Bawaslu Provinsi serta menilai visi dan komitmen Kepala Daerah pada SKPD Provinsi serta Bupati dan Walikota. “Penilaian dan monitoring ini juga untuk melihat kesiapan KPU dan Bawaslu Provinsi dalam menjalankan keterbukaan informasi baik berkaitan dengan tahapan Pemilu dan non tahapan Pemilu, kepada Kepala Dinas Badan dan Direktur SKPD Provinsi dan Bupati Walikota menilai komitmen pimpinan dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi,” tegasnya.