Bapenda Jabar Berhasil Masuk 16 Besar Anugerah Tinarbuka 2023

Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat berhasil masuk dalam 16 besar untuk kategori Satuan Kerja Perangkat Daerah pada Anugerah Tinarbuka yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat.

Sekretaris Bapenda Jabar beserta jajaran Kehumasan dan Tim PPID Bapenda Jabar menghadiri acara pembukaan Anugerah Tinarbuka Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2023 di Hotel Atria Serpong, Tangerang pada Senin, 27 Maret 2023.

Salah satu poin penilaian dalam Anugerah Tinarbuka ini ialah Inovasi Pelayanan Publik. Di mana para peserta harus memiliki suatu ide kreatif atau terobosan baru yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dibuka langsung oleh Ketua Komisi Informasi Pusat, Donny Yoesgiantoro, ia berharap Presiden Jokowi dapat menyerahkan langsung Penghargaan pada Ajang Anugerah ini.

Lebih lanjut Donny mengatakan bahwa urat nadi tercapainya Good Governance berada pada keterbukaan informasi publik. “Kami mengucapkan selamat kepada Kepala Daerah maupun Kepala SKPD yang telah lolos pada tahap penilaian administrasi dan hari ini mengikuti Uji Kepatutan serta mengingatkan agar peserta dapat memanfaatkan momentum ini dengan baik,” ucap Donny.

Sebagai informasi, Anugerah Tinarbuka 2023 sendiri merupakan anugerah yang kali pertama digelar oleh Komisi Informasi Pusat.

Tujuannya adalah dalam rangka pemberian penghargaan kepada lembaga dan perorangan yang dinilai telah memberikan kontribusi nyata dalam menumbuhkembangkan keterbukaan informasi.

KIP sendiri melakukan penyelenggaraan berdasarkan 3 kategori, yakni penyelenggara pemilu tingkat provinsi, pemerintah kabupaten/kota, serta SKPD atau dinas pemerintah provinsi.