44 Polsek Tempat Pengesahan STNK Daerah Hukum Polda Jabar

Bertempat di halaman Gedung Sate, pada hari Senin, 28 Januari 2019 Inovasi layanan Samsat J’Bret (Samsat Jawa Barat Ngabret) telah secara resmi diluncurkan. Samsat J’Bret merupakan inovasi layanan dari Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat dimana pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Gerai Modern (minimarket) seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret dan pembayaran melalui Aplikasi Belanja Online seperti Bukalapak, Tokopedia dan Kaspro dan juga melalui Teller Bank BJB.

Inovasi-inovasi layanan Samsat J’Bret selengkapnya adalah :

  • Pembayaran PKB dan SWDKLLJ melalui Teller Bank bjb;
  • Pembayaran PKB dan SWDKLLJ melalui Financial Technologi (Fintech) Industri Startup seperti Tokopedia, Kaspro, Bukalapak, melalui Payment Point Online Bank (PPOB) dan melalui Gerai Modern seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret;
  • Elektronik Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran (e-SKKP);
  • Pencetakan Validasi Pengesahan STNK secara Elektronik (e-Sah) melalui Aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat (SAMBARA); dan
  • Pengesahan STNK oleh 44 Unit Lantas Polsek di seluruh daerah hukum Polda Jabar dengan Pemindaian QR Code melalui Aplikasi SAMBARA.

Berikut daftar Unit Lantas Polsek se-Polda Jabar dimana masyarakat dapat melakukan pengesahan STNK tahunan berdasarkan surat telegram Kapolda Jabar dengan Nomor ST/2896/XI/YAN.1./2018 tanggal 27 November 2018.

NO POLRES/POLRESTA UNIT LANTAS POLSEK
1. Bogor Kota 1. Bogor Utara
2. Bogor Selatan
2. Bogor 1. Cisarua
2. Gunung Sindur
3. Jonggol
3. Sukabumi Kota 1. Cisaat
2. Sukaraja
4. Sukabumi 1. Cicurug
2. Parungkuda
5. Cianjur 1. Warungkondang
2. Cilaku
6. Purwakarta 1. Plered
2. Jatilluhur
7. Karawang 1. Rengasdengklok
2. Jatisari
8. Subang 1. Ciasem
2. Cipeundeuy
9. Cimahi 1. Lembang
2. Cipatat
10. Bandung 1. Pangalengan
2. Cimenyan
11. Sumedang 1. Darmaraja
2. Tomo
12. Garut 1. Kadungora
2. Limbangan
13. Tasikmalaya Kota 1. Kawalu
2.Cihideung
14. Tasikmalaya 1. Singaparna
2. Karangnunggal
15. Ciamis 1. Kalipucang
2. Cikoneng
16. Banjar Banjar
17. Cirebon Kota 1. Kedawung
2. Seltim
18. Cirebon 1. Palimanan
2. Arjawinangun
19. Indramayu 1. Patrol
2. Karangampel
20. Majalengka 1. Jatiwangi
2. Cikuing
21. Kuningan 1. Cilimus
2. Ciawigebang
22. Kota Bandung 1. Cidadap
2. Coblong

 

Untuk pengesahan STNK, jangan lupa untuk membawa persyaratan sebagai berikut :

  1. KTP sesuai data di STNK
  2. STNK dan SKKP
  3. Struk bukti pembayaran pajak kendaraan. Bila pembayaran melalui tokopedia, kaspro, bukalapak dan bank bjb, bukti pembayaran harap di print terlebih dahulu dan dilampirkan ketika proses pengesahan STNK kendaraan.

Launching Inovasi Samsat J’Bret

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin meresmikan peluncuran inovasi Samsat Jawa Barat Ngabret ( Samsat J’bret) yang berlangsung di halaman Gedung Sate Bandung, Senin (28/01).  Melalui inovasi layanan Samsat J’bret, masyakarat Jawa Barat kini bisa membayar pajak kendaraan tahunan melalui bank bjb, minimarket Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Tokopedia, Buka Lapak, Kaspro dan loket PPOB, STNK pun bisa disahkan di kantor Unit Lantas Polsek yang telah ditunjuk.

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin mengharapkan agar inovasi layanan Samsat J’bret direplikasi secara nasional.

 

Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil berharap dengan sistem (Samsat J’bret) ini negara yang mendatangi warga untuk melayani. warga tak harus selalu datang ke kantor pemerintahan.

 

Kapolda Jabar Irjen. Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. mengatakan,” layanan inovasi Samsat J’bret ini untuk mempermudah pelayanan pada masyarakat dengan mekanisme yang cepat, sederhana, murah, dan bebas dari praktek pungli atau percaloan.”

 

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin dan Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil mengunjungi bis layanan Samsat Keliling.

 

Persyaratan Pendaftaran Samsat

Kegiatan Rapat Anggota Tahunan Ke-35 Koperasi Keluarga Besar Dispenda (KKBD) Tahun Buku 2018

Kegiatan Rapat Anggota Tahunan Ke-35 Koperasi Keluarga Besar Dispenda (KKBD) Tahun Buku 2018 berlangsung di Aula Bapenda Jabar, dibuka oleh Kepala Bapenda Jabar Dr.Hening Widiatmoko, M.A.

Dalam sambutannya Kepala Bapenda jabar Dr.Hening Widiatmoko, M.A. mengapreasi kinerja ketua Koperasi Dra. Hj. Emma Siti Fatima, M.Si, yang mengelola koperasi dengan baik sehingga berjalan dengan sehat.

Kepala Bapenda Jabar Dr. Hening Widiatmoko, M.A membuka Rapat Anggota Tahunan KKBD Ke-35 di Aula Bapenda Jabar.

 

Ketua KKBD Dra. Hj. Emma Siti Fatima, M.Si, memberika laporan pelaksanaan kepada para anggota.

 

Pengurus Koperasi Keluarga Besar Dispenda

Penyerahan DPA dirangkaikan Dengan Penandatangan Perjanjian Kinerja

 

Kepala Bapenda Jabar Dr. Hening Widiatmoko, M.A menandatangi DPA serta Perjanjian Kinerja bersama para Koodinator Wilayah P3DW Se-Jawa Barat.

Kepala Bapenda Jabar Dr. Hening Widiatmoko, M.A dan Sekretaris Bapenda Jabar Drs. H. Wahyu Mijaya, SH, M.Si.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pada hari Jumat (4/1/2019) melantik 24 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, salah satu pejabat yang turut dilantik adalah Kepala Bapenda Jabar, Dr. Hening Widiatmoko, MA yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Diskominfo Jabar.

Gubernur Jawa Barat M.Ridwan Kamil melantik dan memimpin pengambilan sumpah jabatan 24 Pejabat Struktural atau pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemprov Jabar. di Aula Barat Gedung Sate, Jumat, (4/01).

 

Salah satu Pejabat yang turut dilantik dan diambil sumpah jabatan adalah Kepala Bapenda Jabar, Dr. Hening Widiatmoko, MA yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Diskominfo Jabar

 

Dr. Hening Widiatmoko, MA dan isteri.

Dr. Hening Widiatmoko, MA beserta isteri didampingi Sekretaris Bapenda Jabar Drs. Wahyu Mijaya, SH, M.Si, dan Kabid Bidang Pembinaan dan Pengendalian Dra Emma Fatima, M.Si.