E-Samsat Jabar Layanan Transaksi Non Tunai Samsat

Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) merupakan gerakan yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Bank Indonesia pada tahun 2014 lalu. Melalui GNNT ini diharapkan akan tercipta cashless society, dimana transaksi bukan lagi melalui tukar menukar uang secara fisik melainkan melalui tukar menukar informasi digital antara pihak yang bertransaksi.

Pada tahun 2010, pembayaran secara digital menjadi mapan di negara-negara di seluruh dunia. Hal ini dapat kita lihat dengan berdirinya situs penyedia jasa keuangan digital seperti Paypal. GNNT sendiri dicanangkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2014 lalu, hanya berselang 4 tahun saja semenjak pembayaran secara digital menjadi mapan di negara-negara lain di dunia.

Berdasarkan data yang dikutip dari laman worldatlas, negara dengan pertumbuhan transaksi non tunai terbesar di dunia adalah Kanada dengan perkiraan 57% transaksi yang terjadi di negera tersebut dilakukan secara non tunai. Selanjutnya negara kedua dari daftar adalah Swedia dan Inggris, kemudian disusul oleh Perancis, Amerika, dan Tiongkok. Sedangkan Australia, Jerman, Jepang, dan posisi sepuluh daftar negara dengan pertumbuhan transaksi non tunai terbesar adalah Rusia.

Berkaitan dengan transaksi non tunai, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) sebagaimana dilansir dari laman jabarprov menuturkan bahwa akan ada banyak manfaat yang didapat melalui transaksi non tunai. Selain lebih praktis, tentunya transaksi non tunai dapat menjadi upaya meminimalisir, bahkan mencegah tindakan koruptif. Ini karena, transaksi non tunai memberikan pencatatan transaksi mutasi kas yang sistematis dan lengkap, antara si pengirim dan penerima, maka peluang oknum untuk melakukan tindak kejahatan juga akan semakin sempit.

Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat sebagai instansi yang ditunjuk untuk melakukan pungutan pajak daerah, telah meluncurkan layanan elektronik samsat Jawa Barat (E-Samsat Jabar) pada tanggal 22 November 2014. Peluncuran layanan E-Samsat Jabar ini hanya berselang beberapa bulan sejak dicanangkannya GNNT oleh bank Indonesia.

E-Samsat Jabar merupakan salah satu inovasi dari Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat dalam memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK dengan cara pembayaran melalui ATM Bank yang telah bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat seperti bank bjb, bank BCA, bank BRI, bank BNI, bank CIMB Niaga, dan bank Permata. Untuk panduan menggunakan E-Samsat Jabar silahkan lihat pada tautan berikut Panduan Mengunakan E-Samsat Jabar

Kalau ada layanan yang lebih mudah, cepat, dan nyaman. Kenapa tidak dimanfaatkan ?

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.