Bayar PKB Kini Bisa Lewat ATM BCA

Setelah Bank BJB, kini giliran bank BCA yang bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB).

Penandatangan kerjasama ini dilakukan langsung oleh DirutBank BCA, Kadispenda Prov Jabar, Kadirlantas Polda Jabar, dan Dirut PT. Jasa Raharja Prov Jabar dalam rangkaian acara  Launching Pembayaran e-Samsat Jabar via ATM BCA digelar di Cikapundung River Spot, Kota Bandung, Rabu (27/42016).

Dalam sambutannya, Dirut Bank BCA menyampaikan bahwa alternatif pembayaran PKB ini diharapkan dapat menjawab permasalahan wajib pajak (WP) dalam memenuhi kewajibannya, khususnya dalam masalah waktu dan fleksibilitas lokasi pembayaran.

“Kini wajib pajak tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat, kini warga Jabar dapat dengan mudah membayar PKB mereka melalui ATM BCA kapan saja dimana saja,” ucapnya.

Senada dengan Santoso, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang hadir dalam acara tersebut  merasa telah memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pembayaran PKB.

Sambutan-Aher

“Sebelumnya, masyarakat diberikan kemudahan pelayanan pembayaran PKB melalui Samsat Gendong (Samdong), khususnya yang tidak terjangkau. Kini dengan adanya kemudahan e-Samsat pembayaran PKB via ATM BCA diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat, sehingga terus menumbuhkan kesadaran akan taat pajak,” tutur Aher dalam sambutannya.

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.

23 balasan
  1. zia
    zia says:

    share pembayaran kedua via atm BCA
    sempet nyoba bayar di luar jam kerja
    hasilnya transaksi tidak dapat diproses.

    untuk yg kode pembayaran yg tidak terdaftar,
    coba sms lagi kode pembayaran baru.
    transaksi saya berhasil di kode pembayaran kedua.

    sosialisasi nya mantap sekarang, di loket 3 diberikan informasi oleh petugas
    mengenai proses pengesahan , jatuh tempo pkb berikut
    10 menit di kantor samsatnya

  2. Rachmad Purnama
    Rachmad Purnama says:

    mau tanya klo saya bayar via ATM tanggal 1 dan melakukan penukaran stnk tgl 5, mana yg berlaku/tertera di stnk, tgl bayar atau tgl penukaran ya ? terimakasih

  3. marifakbar
    marifakbar says:

    Saya barusan coba 2 kali di atm bca, tetapi jawabannya tetap sama “transaksi tidak dapat di proses”, padahal nama, alamat dan nik rekening saya sama dengan stnk. Mohon penjelasannya. Terima kasih

        • Bapenda Jabar
          Bapenda Jabar says:

          Mohon maaf Pak, untuk saat ini kendaraan yang terdaftar di wilayah hukum Metro Jaya kecuali nasabah bank bjb tidak dapat menggunakan layanan esamsat Jabar.

          Tks~Arrie

          • Hans Aritonang
            Hans Aritonang says:

            saya mau bayar stnk lewat bca hari ini juga tidak bisa.. kata pihak bca ada “EXTERNAL DECLINE” dari host Bapenda.. Nopol B 1972 KJF.. Padahal tahun lalu bisa dan lancar bayarnya, kenapa tahun ini tidak bisa??

          • Hans Aritonang
            Hans Aritonang says:

            Sampai kapan kendaraan yang terdaftar di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang bukan nasabah bank bjb tidak bisa melakukan pembayaran melalui esamsat? karena kendaraan saya B1972KJF wilayah Bekasi… mohon info.. karena tahun lalu saya bisa membayar stnk lewat esamsat untuk kendaraan yang sama

            Terima kasih.

  4. Hans Aritonang
    Hans Aritonang says:

    Hari saya mau bayar stnk lewat bca hari ini juga tidak bisa.. kata pihak bca
    ada “EXTERNAL DECLINE” dari host Bapenda.. Nopol B 1972 KJF.. Padahal
    tahun lalu bisa dan lancar bayarnya, kenapa tahun ini tidak bisa??
    Mohon dibantu

  5. Lilik
    Lilik says:

    Apa Pembayaran PKB via ATM bisa diberlakukan untuk Kendaraan atas nama Perusahaan ? Jika Bisa, bagus tuh pak, bagaimana caranya? Apa NIK/KTP diganti dengan No TDP?

  6. andri abrianto
    andri abrianto says:

    Kalo masih atas nama orang lain apakah pas pengesahan /pengambilan stnk harus bawa ktp tangan pertama? Misal plat f sy tangan kedua saya dijaktarta terus sya byar pajak melalui sipolin ,terus saya mau ambil prngesahannya disamsat cibinong,apa saya harus bawa ktp asli tangan pertama/engga?

  7. andri abrianto
    andri abrianto says:

    Bayarnya blom bisa pakai bank lain ya selain bjb pak? Terus kalo mau pakai atm bca gmna caranya

  8. Dedy Dukun
    Dedy Dukun says:

    Udah coba bayar pajak motor lewat atm bca….jawaban nya selalu “kode tidak terdaftar” padahal sudah ada sms dr esamsat mengenai kode bayarnya

  9. Wahyu Rahmadani
    Wahyu Rahmadani says:

    min laporan selalu gagal pas melakukan transaksi di atm setlah input kode bayar yg didapat dr sms keluar pesan transaksi tidak dapat di proses

Comments are closed.