E-Samsat Bukti Peningkatan Pelayanan Pemprov Jabar

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RP) menyatakan bahwa pemerintah Jawa Barat mendapatkan ranking sembilan nasional perihal pelayanan publik di instansi Provinsi.

Salah satu yang membuat Jawa Barat mendapatkan peringkat sembilan adalah pemberlakukan E-Samsat yang dianggap sebagai sebuah inovasi yang mampu memudahkan warga yang khendak membayar pajak kendaraan.

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa menegaskan bahwa E-samsat merupakan salah satu upaya yang dikembangkan Pemprov Jabar untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

“E-Samsat ini satu aplikasi yang kita bangun dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada para wajib pajak, khususnya dalam membayar pajak kendaraan bermotor,” jelas Iwa, Rabu (24/2/2016).

Dengan adanya E-Samsat ini, para wajib pajak tinggal melakukan pembayaran pajak melalui anjungan tunai mandiri (ATM). Selain itu dengan e-samsat diharapkan bisa meminimalisir pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oleh oknum petugas samsat.

“Dengan tidak datangnya ke samsat, maka bisa mengeleminir pungli, karena suka masih ada aja pungli,” ujar Iwa.

Selain itu, dengan adanya e-samsat, pendapatan asli daerah (PAD) Jawa Barat mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.