Renungan Akhir Tahun, Kearifan Virtual Saat Ini

Proses penyampaian merupakan hal pentig yang harus dipertimbangkan. Cara penyampaian pesan berkesinambungan dengan dampak yang ingin dicapai, dakwah akan berjalan secara efektif dan efisien jika menggunakan cara-cara yang strategis dan tepat dalam menyampaikan ajaran-ajaran Allah swt.

Salah satu aspek yang bisa ditinjau adalah dari segi sarana dan prasarana dalam hal ini adalah media dakwah, Internet. Karena dakwah merupakan kegiatan yang bersifat universal yang menjangkau semua segi kehidupan manusia, maka dalam penyampaiaannya pun harus dapat menyentuh semua lapisan atau tingkatan baik dari sudut budaya, sosial, ekonomi, pendidikan dan kemajuan teknologi lainnya.

Internet sebagai media komunikasi pun terbagi menjadi dua yaitu: Pertama, memanfaatkan jalur tulisan melalui laman-laman virtual, bisa berupa blog, facebook, twitter, atau banhkan surat-menyurat melalui mailing list. Kedua, selain itu ada pula yang bersifat video elektronik, yang merupakan implikasi dari kemajuan teknologi, semua orang dapat berdakwah secara audio visual melalui laman Youtube atau laman lainnya yang menyediakan link video.

Selain Internet, dakwah sebelumnya melalui teknologi media massa, media cetak misalnya, ada surat kabar, majalah, selembaran dan lain sebagainya. Sedangkan media komunikasi elektronik konvensional misalnya televisi, dan radio, juga melalui propaganda syiar dakwah Film.

Masuknya tren digital, sesungguhnya kemudahan dari Allah swt untuk bersyiar semakin luas. Penguasaan terhadap jaringan Internet adalah sebuah terobosan bagi efisiensi dan efektifitas dakwah, karena hal ini berhubungan erat dengan transformasi pemikiran, terutama di kalangan educated middle class sebagai elemen strategis dari unsur perubahan masyarakat (gate keeper).
Dakwah melalui Internet merupakan suatu inovasi terbaru dalam syiar Islam, dan tentunya akan memudahkan para da’i dalam melebarkan sayap-sayap dakwahnya. Terutama untuk wilayah perkotaan yang notabene audience dari kalangan pekerja yang sangat sibuk. Penggunaan media Internet sebagai media dakwah merupakan kesempatan dan tantangan untuk mengembangkan dan memperluas cakrawala dakwah Islamiyah.

Kesempatan yang dimaksud ialah bagaimana orang-orang yang peduli terhadap kemampuan dakwah maupun memanfaatkan media Internet tersebut sebagai sarana dan media dakwah untuk menunjang proses dakwah Islamiyah. Sementara mewujudkannya mulai dari tenaga, pikiran dan sumber daya manusia yang mengerti akan dakwah dan Internet.

Selaku penggerak bagi perjalanan masyarakat, kalangan ini selalu mencari tatanan terbaik yang akan meningkatkan kualitas masyarakat di masa depan. Faktanya pula mereka adalah kalangan yang paling intens berinteraksi dengan dunia cyber (Internet) dan jumlahnya terus meningkat secara eksponensial. Dakwah Islam sebagai konsep maupun sebagai aktifitas telah memasuki seluruh wilayah dan ruang lingkup kehidupan manusia, sehingga seluruh aspek kehidupan tidak dapat dilepaskan dari sudut pandang dakwah itu sendiri. Dakwah virtual? Kenapa tidak!

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.