Permudah Bayar Pajak Kendaraan Samsat Cimahi Gandeng Koperasi

Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Kota Cimahi / Samsat Cimahi menggandeng koperasi yang ada di wilayah kota Cimahi untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB).

Hal ini tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKB) yang ditandatangani di aula Kantor P3D Wilayah kota Cimahi dan disaksikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kota Cimahi, Diksik S Nugrahawan, Kamis (26/10).

Dalam sambutannya Dikdik mengatakan, pajak daerah merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah daerah dan pembangunan daerah.

“Pajak kendaraan bermotor merupakan jenis pajak yang potensial untuk terus dioptimalkan, mengingat potensi peningkatan jumlah kepemilikan kendaraan bermotor,” katanya.

Menurut Dikdik, pelayanan publik dalam pembayaran pajak kendaraan perlu upaya untuk mengatasi keterbatasan ruang, dengan mengurangi antrian dan percaloan.

“Salah satu upaya memberikan pelayanan terbaik adalah dengan mendekatkan pelayanan melalui layanan Payment Point Online Bank (PPOB), yang dikerjasamakan dengan koperasi karyawan dan koperasi masyarakat,” bebernya.

Dikatakan Dikdik, dengan hadirnya fasilitas pembayaran PPOB melalui koperasi, maka memudahkan seluruh anggota koperasi dan masyarakat di sekitar domisili koperasi tersebut melakukan pembayaran pajak kendaraan, serta untuk penambahan pendapatan bagi koperasi itu sendiri.

“Koperasi yang telah melaksanakan payment point online bank dapat memanfaatkan fasilitas perbankan tersebut untuk pembayaran pajak, listrik, PDAM, dan lainnya,” ucap Dikdik.

Kerjasama antara P3DW Kota Cimahi dengan koperasi karyawan dan koperasi masyarakat diharapkan dapat meningkatkan keberadaan koperasi sebagai unit usaha, yang memerlukan dukungan agar mampu lebih berdaya saing dan dikelola secara modern berdasarkan prinsip kebersamaan dan kekeluargaan.

“Saya harap melalui kerjasama ini, koperasi yang menjalin kerjasama dapat melakukan pembenahan tata kelola untuk meningkatkan peran koperasi dalam perekonomian, sehingga berbagai kendala teknis perkoperasian dapat diminimalisir, dan koperasi di Kota Cimahi dapat berkembang dengan sehat,” tuturnya.

Dikdik mengaku jika pihaknya sangat mendukung kerjasama ini, karena selain dapat meningkatkan pendapatan daerah, memberdayakan ekonomi koperasi, menurunkan penunggakan pajak, serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pelaksanaan wajib pajak.

 

sumber https://www.koran-gala.id/news/58710654680/permudah-layanan-pkb-samsat-kota-cimahi-gandeng-koperasi