Samsat Kuningan Kirim 10 Ribu Liter Air Bersih, Ribuan Warga Kawungsari Ucapkan Terima Kasih

Masih ingat Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum, Kuningan yang pernah dijuluki desa miliarder?

Pasalnya, warga satu desa yang direlokasi tersebut memperoleh ganti untung dari pemerintah pusat lantaran terdampak pembangunan Bendungan Kuningan.

Ketika tahun 2021 bendungan Kuningan diresmikan Presiden RI, Joko Widodo, warga Kawungsari sudah menempati rumah relokasi di Desa Sukarapih, Kecamatan Cibeureum.

Semua fasilitas publik mulai balai desa, gedung SD, masjid, gedung pertemuan warga dan sarana air bersih disediakan pemerintah.

Namun tiga tahun berlalu, warga Kawungsari yang sempat mengecap kemakmuran materi, mulai didera kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Kondisi di desa yang sempat dijuluki desa miliarder tersebut tak lepas dari perhatian pusat pengelolaan pendapatan daerah wilayah (P3DW) atau Samsat Kuningan.

Dan Rabu siang 18 Oktober 2023, Samsat Kuningan menggelar bakti sosial berupa bantuan air bersih untuk masyarakat terdampak kekeringan akibat musim kemarau.

Salah satunya Desa Kawungsari. Menggunakan sejumlah armada truk tangki, mereka mengirim 10 ribu liter air baku bagi warga setempat.

Kedatangan armada tangki di halaman kantor desa disambut antusias warga. Mereka menyiapkan perlengkapan penampung air, seperti galon mineral, jerigen dan ember.

Warga membawa air secara manual ke setiap rumah. Ada juga yang menggunakan troli hingga diangkutnya menggunakan sepeda motor.

Kepala P3DW Kuningan, Asep Saepul Bahri menjelaskan, tim Samsat yang berpartisipasi. Terdiri dari Bappenda Jawa Barat, Polres Kuningan dan hadir pula perwakilan dari Jasa Raharja.

“Selain baksos, kami juga membuka layanan Samsat keliling, memfasilitasi warga yang berminat melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor. Dalam beberapa jam, layanan ini diminati belasan wajib pajak,” kata Asep Saepul Bahri, Rabu 18 Oktober 2023.

Dia menambahkan, tim Samsat juga melakukan sosialisasi dan membagikan brosur, program bebas dan diskon denda pajak dan bea balik nama kendaraan bermotor.

Program ini berlaku untuk periode pembayaran 16 oktober sampai 16 desember 2023.

Sementara Kepala Desa Kawungsari, Wahyudin mengatakan, kekurangan air bersih telah terjadi dalam 3 bulan terakhir ini.

Pihaknya berterimakasih kepada pemerintah, instansi, dan lembaga yang selama ini peduli mendistribusikan air kepada desa dengan penduduk 1.500 jiwa tersebut. (Bubud)

 

sumber https://radarkuningan.disway.id/read/652840/samsat-kuningan-kirim-10-ribu-liter-air-bersih-ribuan-warga-kawungsari-ucapkan-terima-kasih/15