Samsat Online Selama Libur Panjang Waisak Hasilkan 2,3 M

Selama libur nasional Hari Lahir Pancasila dan cuti bersama Waisak tahun 2023, pelayanan samsat tutup. Namun, wajib pajak masih dapat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui Samsat Online.

Libur nasional Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2023 dan Cuti bersama Waisak yang jatuh pada tanggal 2 Juni 2023 ini diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

Berdasarkan catatan, Ribuan wajib pajak memanfaatkan layanan Samsat Online dengan nilai transaksi pembayaran PKB di libur panjang Hari Lahir Pancasila dan cuti bersama peringatan Waisak mencapai Rp 2,3 miliar.

Layanan di kantor Samsat dan Bapenda Jabar tutup sementara berdasarkan SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, tanggal 1 dan 2 Juni 2023. “Namun demikian layanan pembayaran pajak kendaraan yang jatuh tempo pada tanggal libur bersama tetap dilayani melalui Samsat Online,” ujar Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik, Sabtu (3/6).

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan, beberapa layanan Samsat yang menjadi alternatif pembayaran pajak tersebut. Di antaranya, Samsat Online Jawa Barat (SAMBARA) maupun Samsat Digital Nasional (SIGNAL).

Selama dua hari libur bersama, kata dia, tercatat hampir 3.000 wajib pajak yang melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. “Pajak yang masuk ke rekening kas daerah dari wajib pajak sebesar Rp 2,3 miliiar lebih,” katanya.

Menurut Dedi, masyarakat khususnya wajib pajak bisa patuh dengan aturan ketika layanan bisa memudahkan. Catatan transaksi yang baik selama libur bersama menjadi indikatornya.

Pemerintah Provinsi Jabar, kata dia, termasuk Bapenda terus mendorong digitalisasi layanan Samsat bagi masyarakat. Sebagai upaya mewujudkan layanan mudah, transparan, dan cepat tanpa harus datang ke Samsat.

Digitalisasi layanan Samsat juga merupakan kolaborasi Bapenda dengan Kepolisian yang menyelenggarakan fungsi registrasi dan identifikasi kendaraan, serta PT Jasa Raharja yang mengelola asuransi Kecelakaan, terang Dedi.

Bapenda Jabar bersama Tim Pembina Samsat telah menyiapkan layanan informasi 24 jam melalui Whatsapp Chat Booth di nomor 081122301818, jika masyarakat ingin mengetahui informasi layanan Samsat selama liburan sekalipun.