Cek Pajak Kendaraan Melalui Aplikasi SAMBARA

Aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat (SAMBARA) adalah inovasi berbasis elektronik yang dibuat BAPENDA Jawa Barat yang fungsinya untuk melakukan pengecekan Pajak Kendaraan Bermotor di Wilayah Jawa Barat. Aplikasi tersebut dapat menampilkan informasi pajak kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat di Jabar secara online.

Aplikasi ini hanya bisa mengecek informasi yang berhubungan dengan pajak namun tidak bisa dipakai untuk mengecek nama pemilik atau identitas pemilik lainnya. Aplikasi ini dapat diunduh hanya melalui playstore khusus pengguna android. Berikut manfaat dari layanan aplikasi SAMBARA :

1. Mengecek pajak kendaraan bermotor dan bayar pajak

Masyarakat Jawa barat dapat melakukan pengecekan pajak kendaraan secara online menggunakan aplikasi SAMBARA caranya sangat mudah yaitu dengan mengunduh melalui playstore setelah itu buka aplikasi SAMBARA dan pilih menu info PKB dan masukan plat nomor kendaraan anda lalu akan muncul informasi kendaraan dan pajak yang harus dibayar. Pada pojok kanan atas terdapat ikon   lalu tekan setelah itu pilih tanda pada pojok bawah, dan anda dapat memilih pembayaran melalui SMS Banking atau Internet Banking.

Untuk Cek Pajak Kendaraan, baik jenis motor maupun mobil secara online bisa juga melalui website di Halaman Info Pajak Kendaraan Bermotor 

2. Mengetahui jadwal samsat keliling dan samsat gendong

Selain dapat melakukan pengecekan kendaraan dalam aplikasi SAMBARA dapat juga mengetahui informasi tentang jadwal SAMLING (Samsat Keliling) dan SAMDONG (Samsat Gendong) di seluruh Daerah Jawa Barat

3. Mengetahui lokasi pelayanan samsat

Dan keunggulan lainnya yaitu dapat mengetahui lokasi pelayanan samsat di seluruh Daerah Jawa Barat. Caranya yaitu pilih fitur yang anda butuhkan setelah itu pilih kota atau kabupaten sesuai daerah anda.

Selain fitur-fitur tersebut ada juga informasi mengenai persyaratan pendaftaran samsat, mekanisme E-samsat dan masih banyak lagi manfaat dari aplikasi SAMBARA yang bisa anda coba.

29 balasan
  1. slamet raharjo
    slamet raharjo says:

    saya buka dilabtop bisa… mau tanya apakah pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor yang melalui indomaret dan minimarket masih berlaku… dan kiriman salinan stnk yang lewat sms itu dianggap SYAAHH

  2. Atta
    Atta says:

    Sy sdh melakukan pembayaran di aplikasi sambara trus, bgaimna cra mngetahui sdh byar atau kpn bs trima STNK yg bru.

    • Tim Artikel
      Tim Artikel says:

      Untuk STNK tidak diganti Pak, mungkin maksudnya pengesahan STNK dan cetak SKKP ya?

      Untuk pengesahan STNK dapat dilakukan di layanan samsat yang satu daerah hukum Pak dengan membawa persyaratan

      tks~stv

  3. Agung ngurah
    Agung ngurah says:

    Mau tanya min, saya berada diluar kota, dalam waktu dekat saya ingin memperpanjang pajak kendaraan, apakah bisa bayar di indomart/alfamart? , apakah bukti yang saya terima dari supermarket itu sudah sah, tanpa harus validasi lagi? Mohon jawabanya min??

    • Tim Artikel
      Tim Artikel says:

      Bisa selama bukan pajak 5 tahunan (ganti stnk dan plat nomor). E-SKKP bisa dicetak sendiri. caranya di aplikasi sambara menu bukti bayar. itu yang sah Pak. Jadi bukan struk dari indomaret/alfamartnya ya. Tapi tetap STNK harus disahkan (cap dan tandatangan petugas).

      tks~stv

  4. Furqon
    Furqon says:

    Mau tanya pak. Klo sy bayar via sambara, Untuk proses cap dan tandatangan petugas apakah perlu KTP pemilik asli. Soalnya sy beli motor bekas, KTP asli yg punya gak ada. (Orangnya susah d cari).

  5. Agus
    Agus says:

    Asslamualikum mau tanya pa kalo misalkan nama pemilik di blokir trus sya mau ganti plat itu kena biaya berapa ya

  6. Heru
    Heru says:

    Pajak motor mati 20 tahun kok ngak ada disambara ya?
    Data tidak ditemukan
    Apakah masih bisa di bayar pajaknya?

    • Tim Artikel
      Tim Artikel says:

      Harus ke layanan samsat induk asal kendaraan Pak. Untuk melakukan registrasi ulang kendaraan.

      tks~stv

  7. Gunawan Soerianata
    Gunawan Soerianata says:

    mengecek pajak motor punya tmn di kolom kepemilikan motor keberapa ada tulisan NULL artinya/singkatan apa?

  8. Ayip
    Ayip says:

    Saya baru saja instal apk sambara di playstore bisa..jadi mudah cek pkb dll.
    Mantap sambara

  9. abdul
    abdul says:

    pak saya mau bayar pajak online via tokped, via mandiri banking kenapa gak bisa padahal hari ini saya hari terakhir pembayaran pajak, mohon dipermudah terimakasih

Comments are closed.