Wagub Deddy Mizwar Buka Rakernas Optimalisasi Pajak Daerah

Rapat Kerja Nasional bertajuk Optimalisasi Pajak Daerah secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Selasa (15/08), Bandung.

Dalam Rakernas yang dihadiri oleh 30 instansi pengelola pendapatan daerah se-Indonesia, Wagub Deddy Mizwar mengatakan bahwa pajak daerah memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan daerah. Dari empat komponen Pendapatan Asli Daerah (PAD), pajak daerah memberikan kontribusi terbesar yaitu mencapai 92,28 persen terhadap PAD.

“Ini setara dengan 56,79 persen dari total pendapatan daerah provinsi Jabar,” tuturnya.

Wagub Deddy Mizwar berharap, melalui Rakernas ini dapat memperkuat komitmen dan menghimpun masukan konstruktif demi pengoptimalan pajak daerah sebagai tulang punggung PAD.

Menutup sambutannya,  Wagub  Deddy Mizwar mengatakan hadirnya berbagai inovasi yang dilakukan Bapenda Jabar adalah upaya mendongkrak pendapatan daerah. Bahkan inovasi seperti e-samsat, SIPOLIN sudah direplikasi oleh berbagai daerah.

“Ini bagus untuk meningkatkan pendapatan. Supaya kita punya kemandirian dari sisi keuangan daerah. Bukan dana transfer (pemerintah pusat) yang besar,” kata Deddy.

 

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.