Sipolin, Program Pembayaran Pajak Kendaraan Lewat Smartphone Pertama di Indonesia

Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali membuat gebrakan dalam upaya meningkatkan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar dan Jasa Raharja meluncurkan program Sistem Informasi Pelayanan Pajak Online (Sipolin).

Sipolin adalah program pembayaran pajak kendaraan yang dapat dilakukan melalui smartphone pertama di Indonesia. Aplikasi Sipolin sendiri kini sudah bisa diunduh di Google Playstore.

Dalam acara peresmian Sipolin di Car Free Day Dago, (21/5/2017), Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan berharap dengan adanya kemudahan yang diberikan oleh pemerintah, tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak memenuhi kewajibannya.

“Harapannya tentu masyarakat tidak ada alasan lagi untuk tidak bayar pajak. Saya yakin masyarakat yang sadar akan pembangunan dan NKRI pasti akan bayar pajak. Yang jelas, ini membuat masyarakat menjadi sangat praktis dan perlu dicatat ini adalah baru pertama kalinya di Indonesia yaitu di Jabar,” ujar Aher, sapaan Gubernur Jawa Barat.

Dirlantas Polda Jabar Tomex Kurniawan, Kepala Bapenda Prov Jabar Dadang Suharto, Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Barat Eri Martajaya.

Aher pun mengungkapkan saat ini Sipolin hanya dapat melayani nasabah Bank bjb, namun dirinya meyakini bahwa kedepan bank – bank lain juga akan bergabung.

“Saat ini Sipolin baru bisa dibayar melalui Bank bjb, namun kedepannya bank-bank lain juga akan bergabung, hanya tinggal menunggu waktunya saja,” ungkapnya.

 

Unduh aplikasi Sipolin Jabar disini

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.