Aplikasi PON dan PEPARNAS JABAR 2016

Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XIX 2016 Jawa Barat telah meluncurkan aplikasi live streaming yakni PON 2016. Aplikasi live streaming ini diperuntukan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki gawai berbasis Android maupun iOS. Melalui aplikasi  live streaming ini masyarakat Indonesia dapat menyaksikan secara langsung pertandingan 11 (sebelas) cabang olahraga. Kesebelas cabang olahraga yang dapat disaksikan melalui aplikasi live streaming PON 2016 diantaranya: taekwondo, tinju, pencak silat, voli indoor, karate, renang, bola basket, tenis lapangan, atletik, tenis meja, dan voli pasir. Untuk cabang olahraga bulu tangkis, futsal dan sepakbola tidak akan disiarkan melalui aplikasi live streaming PON 2016 ini karena akan disiarkan secara langsung oleh media ofisial PON XIX.

Aplikasi live streaming PON 2016 ini merupakan bagian dari catur sukses PON XIX, yaitu sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi. Bagi pengguna gawai berbasis Android dapat mencari aplikasi PON 2016 ini di situs google play dengan kata kunci PON PEPARNAS JABAR 2016 atau dapat mengklik tautan berikut untuk mengunduh Aplikasi PON PEPARNAS JABAR 2016. Aplikasi ini menyajikan informasi lengkap mengenai PON XIX dan PEPARNAS XV 2016 termasuk jadwal pertandingan, berita terbaru, perolehan medali emas, arena pertandingan hingga cabang olahraga yang dipertandingan. Bahkan bagi Anda penggemar swafoto (foto selfie),  aplikasi ini dapat digunakan untuk menyalurkan kegemaran berswafoto dan menyebarkannya ke media sosial.

Bagi Anda pemilik gawai Android tidak perlu khawatir karena ukuran aplikasi PON 2016 ini terbilang kecil hanya sebesar 687kb saja. Persyaratan versi Android yang digunakan pun tidak terlalu baru, minimal versi Android yang terinstall di gawai Anda adalah Android versi 2.3 atau lebih dikenal dengan sebutan Android Gingerbread. Aplikasi PON 2016 ini pun tidak membutuhkan ijin yang banyak ketika di install digawai Android Anda. Ijin yang dibutuhkan hanyalah :
1. Terima data dari internet
2. Lihat sambungan jaringan
3. Akses jaringan penuh
4. Cegah perangkat agar tidak tidur

Aplikasi PON 2016 ini merupakan aplikasi berbasis gawai yang pertama kali digunakan dalam perhelatan olahraga nasional. Peluncuran aplikasi PON 2016 ini sudah sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia saat ini karena pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan. Hal ini dapat kita lihat dari jumlah pengguna internet pada tahun 2013 tercatat berjumlah 72,8 juta orang maka pada tahun 2016 tercatat 102,8 juta orang. Hampir semua pengguna internet di Indonesia menggunakan gawai mereka untuk mengakses internet, jika dibandingkan antara pengguna gawai dengan pengguna laptop, tablet dan lainnya dalam mengakses internet perbandingannya adalah 70:30.

Mari kita dukung duta olahraga yang sedang dan akan bertanding di laga PON XIX dan PEPARNAS XV di Jawa Barat dengan datang langsung disetiap pertandingan atau bila tidak memungkinkan untuk datang secara langsung silahkan Anda unduh aplikasi PON 2016 untuk menonton pertandingan kontingen kesayangan Anda serta mengetahui berita terbaru dan perolehan medali kontingen kesayangan Anda pada event PON XIX dan PEPARNAS XV ini.