Target Pajak Kendaraan Bermotor Melebihi Ekspektasi

Dalam sesi sambutan acara Penilaian Akhir Anugrah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bagi kategori Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan (CPDP), Pemerintah Kabupaten/Kota, dan Penggiat atau Volunteer pajak, Kepala Dinas Pendapatan Dadang Suharto mengaku senang karena Pendapatan Asli Daerah dari PKB melebihi ekspektasi.

Hingga bulan Juni 2016, pendapatan dari PKB telah mencapai 55% dari target yang telah ditetapkan. Hal tersebut adalah suatu prestasi yang sangat baik ditengah situasi ekonomi nasional sedang tidak baik.

“Alhamdulillah, target kita melebihi ekspektasi. Hingga akhir Juni pendapatan kita telah mencapai 55% dari target tahun 2016, berbeda dengan tahun lalu yang hanya mencapai 46% di bulan yang sama. Ini adalah indikasi bahwa kesadaran masyarakat taat pajak semakin meningkat. Semua tidak terlepas dari kerja keras semua pihak termasuk para kepala CPDP dan pemerintah kabupaten kota dan instansi terkait,” ungkap Dadang, Senin (18/7/2016)

Dadang berpendapat bahwa pihaknya tidak bisa bergantung pada dana trasnfer atau perimbangan pemerintah pusat. Tahun 2016 bukan tahun yang baik bagi ekonomi Indonesia, pemerintah akan memangkas pendapatan dari sektor Minyak dan Gas (Migas) dan hal tersebut  pasti akan berdampak pada pemerintah daerah.

Oleh karena itu, Dadang mengatakan untuk menutupi kekurangan pendapatan dari dana perimbangan dengan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dengan hasil pendapatan hingga saat ini, Ia optimis dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

“Untuk menutupi kekurangan, kita harus bisa mendongkrak PAD. Namun dengan hasil pendapatan hingga saat ini, saya optimis kita bisa mencapai target pendapatan tahun ini. Jadi mari kobarkan semangat dan etos kerja kita,” ucapnya penuh semangat.

Diakhir sambutannya, Dadang mengucapkan terima kasih kepada para kepala cabang yang telah bekerja keras untuk terus meningkatkan PAD khususnya pada PKB. Ia pun berharap dengan adanya Anugerah PKB turut meningkatkan PAD.

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.