Mari Sukseskan PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 di Jawa Barat

Tidak lama lagi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dan Pekan Paralimpiade Nasional atau Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) XV/2016 akan dilaksanakan pada bulan Septembar 2016 mendatang di Provinsi Jawa Barat. PON adalah pesta olahraga empat tahunan yang mempertemukan atlet-atlet perwakilan dari provinsi  yang ada di Indonesia untuk bertanding dan berlomba dalam rangka mewujudkan dan menunjukkan prestasi tertinggi olahraga di Indonesia. Jawa Barat sebagai tuan rumah PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 telah siap untuk melaksanakan seluruh agenda kegiatan dengan tujuan dan sasaran untuk meraih “Catur Sukses PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat”, yakni Sukses Prestasi, Sukses Penyelenggaraan, Sukses Perekonomian Rakyat dan Sukses Administrasi.

Bila kita perhatikan pada setiap perhelataan olahraga baik internasional maupun nasional selalu ada identitas perhelatan yang mampu merepresentasikan semangat perhelatan dan tempat penyelenggaraan perhelatan. Biasanya identitas perhelatan terdiri dari 4 (empat) elemen utama, yaitu : Logo, Maskot, Tagline, dan corak/motif visual.

1. Logo

PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 mendatang dipilih logo yang dapat merepresentasikan Provinsi Jawa Barat sebagai tuan rumah. Bentuk kujang yang merupakan senjata tradisional khas Jawa Barat sebagaimana tercantum pada naskah kuno “Sanghyang Siksa Ng Karesian” (1518 M) merefleksikan ketajaman dan kritis dalam kehidupan sekaligus melambangkan kekuatan dan keberanian masyarakat Jawa Barat. Oleh karena itu, nilai filosofi dari logo PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016  diharapkan dapat diterapkan pada insan olah raga yang pada akhirnya akan melahirkan masyarakat Jawa Barat yang unggul prestasi dan berkontribusi pada masyartakat yang lebih luas.

Kujang yang menjadi logo PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016  terbentuk dari api obor berkobar sebagai simbol semangat untuk meraih prestasi tertinggi. Dalam logo PON XIX/2016 Jawa Barat, terdapat 6 (enam) lingkaran yang terbentuk dari lima lingkaran Olympic sebagai simbol olahraga universal, dipadukan dan diperkuat oleh satu lingkaran tambahan sebagai simbol persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus simbol semangat untuk berjaya di tanah legenda Jawa Barat. Sedangkan pada logo Peparnas XV/2016 Jawa Barat, ada tiga lekuk dinamis yang merepresentasikan semangat dan dinamika para atlet difabel untuk berjaya di tanah legenda Jawa Barat.

2. Maskot

Sebagai maskot dipilih Surili yang memiliki nama latin presbytis comata adalah primata asli Jawa Barat yang keberadaannya hanya ada di kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gede Pangrango. Populasi Surili sendiri saat ini diperkirakan sekitar 4000 – 6000 ekor. Pemilihan Surili sebagai maskot PON IX/2016 dan Peparnas XV/2016 dikarenakan kelucuan, kebersahajaan, kelincahan dan kehangatan lengkingannya mewakili sebagian sifat dan kemampuan para atlet.

Sebagai maskot, Surili dikenakan Iket alias pengikat kepala khas Jawa Barat yang mencerminkan nilai luhur tradisi dan karakter masyarakat Jawa Barat, yakni “Cageur, Bageur, Bener dan Pinter”. Pemilihan Surili sebagai maskot juga dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melindungi dan melestarikan keberadaan Surili yang terancam punah.

 

3. Tagline

Tagline yang digunakan adalah “Berjaya di Tanah Legenda” yang memiliki makna bahwa berprestasi pada ajang PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 adalah prestasi paripurna para atlet untuk melegenda di tanah legenda Jawa Barat.

4. Corak/Motif Visual

Bila kita perhatikan pada logo PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 terdapat warna merah sebagai kepala kujang, warna merah menjadi simbol bahwa yang memiliki semangat tertinggi dan terkuatlah yang mampu menjadi juara pada perhelatan olahraga ini. Sedangkan lima bagian obor lainnya mewakili jumlah jari tangan manusia, memiliki makna bahwa tuan rumah PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 digenggam oleh Jawa Barat.

Tulisan PON dan PEPARNAS berwarna biru sebagai simbol profesional. Angka Romawi berwarna merah dan tahun berwarna hitam menunjukan semangat penyelenggaraan ke sekian kalinya. Sementara tipografi khusus untuk frasa Jawa Barat mencerminkan kekuatan tradisi provinsi Jawa Barat sebagai penyelenggara.

Pada PON XIX/2016 mendatang akan dilombakan 44 cabang olahraga dan 10 cabang olahraga eksebisi. Jumlah pertandingan yang akan diadakan selama PON XIX/2016 berlangsung adalah sebanyak 365 pertandingan putra, 302 pertandingan putri, 33 pertandingan campuran, dan 50 pertandingan terbuka. Semua pertandingan tersebut akan diadakan di 61 venue yang tersebar di 15 Kabupaten / Kota yang ada di Jawa Barat. Dengan banyaknya jumlah pertandingan yang akan diadakan, para atlet akan memperebutkan 755 medali emas, 755 medali perak, dan 962 medali perunggu.

Sebagai warga Jawa Barat mari kita dukung pelaksanaan PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 yang akan berlangsung pada bulan September 2016 mendatang. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Mari kita biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga ketika tiba waktu pelaksanaan PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 masyarakat Jawa Barat telah terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga Jawa Barat terbebas dari sampah dan terlihat lebih bersih dan sedap dipandang mata.

 

Sumber : pon-peparnas2016jabar.go.id

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.