Kadispenda: Soliditas dan Kolaborasi dalam Pelayanan Publik Harus Semakin Ditingkatkan

Tugas Samsat bukan saja melayani masyarakat dengan baik, melainkan mendongkrak pendapatan daerah. Untuk itu perlu kerjasama dan kolaborasi antar dinas dan lembaga terkait Samsat, seperti Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Perhubungan, perbankan (BJB), dan kepolisian, demikian diungkapkan Kadispenda Prov. Jabar, Dadang Suharto dalam acara silaturahmi Coffee Morning yang berlangsung di gedung Dispenda Provinsi Jawa Barat, Selasa (2/2/2016).

Dalam sambutannya Dadang mengatakan, sejauh ini Samsat di Provinsi Jawa Barat jauh lebih baik dari sebelumnya. Bahkan beberapa waktu lalu Provinsi Jawa Barat dijadikan obyek studi banding seperti oleh Provinsi Sumatera Utara dan Kalimantan Timur.

Dadang menegaskan, semua elemen yang terlibat dalam pengelolaan Samsat di Jawa Barat harus meningkatkan soliditas dan koordinasinya. Tanpa bantuan dari kepolisian, dinas perhubungan, jasa raharjan dan Bank BJB, semua tidak akan berjalan mulus seperti saat ini. Melaui Operasi Gabungan misalnya, jika tanpa bantuan kepolisian pelaksaanaanya tidak akan berjalan lancar. Kemudian sistem pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), tanpa kerjasama dan dukungan dari Bank BJB tidak akan berjalan berjalan dengan baik. Untuk itu Dadang selaku Kadispenda Prov. Jabar, sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu dalam meningkatkan pendapatan daerah.

Sementara itu Kadishub Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, untuk mendongkrak pendapatan dari kendaraan bermotor sosialiasi inovasi pembayaran harus dilakukan secara penuh bukan parsial. Dedi menambahkan jika masing-masing dinas harus berkoordinasi jika memiliki ide inovasi untuk mendongkrak pendapatan sekaligus meningkatkan pelayanan.

Senada dengan Dedi, Senior Service President Internasional Division Bank BJB, Sofi Suryasnia mengatakan pihaknya telah memiliki mobil operasional dengan fasilitas ATM di dalamnya. Mobil operasional Bank BJB tersebut bisa digunakan saat dilakukan operasi gabungan.

Menutup Coffe Morning di awal Maret 2016, Dadang mengatakan kerja sama dan koordinasi antar dinas dan jajaran kepolisian harus semakin ditingkatkan dan solid.