Apel Sumpah Pemuda Dispenda Prov Jabar

Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Jawa Barat melaksanakan apel untuk memperingari Hari Sumpah Pemoda ke-87 pada Rabu pagi (28/20/12015) di halaman Kantor Dispenda Prov Jabar Jl. Soekarno Hatta No. 528, Buah Batu – Bandung. Apel dipimpin oleh Sekertaris Dipenda Prov Jabar, Dra. Nanin Hayani Adam, M.Si.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema “Revolusi Mental Untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu Untuk Bumi.Tema tersebut didasari atas keprihatinan yang mendalam terhadap para pemuda Indonesia.

Pertama, adalah fenomena baru berubahnya pola kemasyarakatan akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi informasi yang menimbulkan dampak positif dan negatif. Pesatnya perkembangan teknologi nformasi memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitaspengetahuan dan skill. Namun, teknologi informasi yang bersifat destruktif seperti pornografi, narkoba dan pergaulan bebas dapat menimbulkan dampak negatif bagi para pemuda kita. Selain itu juga dapan melahirkan generasi baru yang memiliki pola pikir serba cepat, instan, lintas batas, individualistik, dan pragmatik.

Dengan membangun karakter yang kuat, tangguh, dan kokoh para pemuda dapat menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi . Melalui Gerakan Revolusi Mental, diharapkan para pemuda Indonesia memiliki kemandirian untuk mengambil keputusan-keputusan terbaik secara jernih dengan akal sehat mereka.

Keprihatinan kedua adalah terkait dengan fenomena pengelolaan Sumber Daya Alam yang belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan. Musibah yang kini di alami oleh Indonesia adalah kabut asap yang semakin memprihatinkan. Maka dari itu Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi mengajak kepada para pemuda Indonesia untuk ambil bagian dalam penanggulangan musibah kabut asap khususnya, dan juga gerakan menjaga keseimbangan iklim melalui pengelolaan Sumber Daya Alam yang bertanggungjawab dan berkelanjutan.

“Melalui Revolusi Mental Pemuda ini, kita harap akan lahir generasi muda Indonesia yang tangguh, berkarakter, mandiri, dan rela berjuang untuk kepentingan bangsa dan negaranya,” ucap Nanin saat menutup apel Peringatan Sumpah Pemuda.