Terobosan Layanan Publik, Samsat Gendongdan Cek Fisik Kabumi

Jabar kembali meluncurkan terobosannya di bidang layanan publik, diantaranya program terbaru tersebut, ada dua yang paling memanjakan para pemilik kendaraan bermotor yakni Samsat Gendong dan Cek Fisik Kabumi, di pusat perbelanjaan ternama di Bandung, Ciwalk (Cihampelas Walk), Sabtu (05/09).

Selain kedua program inovatif tersebut program lainnya adalah  APM online, E-Blokir, Stiker Barcode Ranmor, dan pengadaan mesin EDC untuk Samsat di seluruh Jawa Barat. Terobosan tersebut merupakan hasil kerjasama yang solid antara Dit Lantas Polda bersama Tim Pembina SAMSAT Jawa Barat.

“Program-program baru ini intinya untuk  lebih memudahkan pelayanan pada masyarakat, dengan teknologi yang lebih canggih dan termutakhir,” ungkap Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol Sugihardi.

Ia mengungkapkan, ada beberapa program baru yang akan diluncurkan, yakni APM online, E-blokir, Samsat Gendong, stiker barcode Ranmor, Samsat Cek Fisik Kabumi, dan pengadaan mesin EDC untuk Samsat di seluruh Jawa Barat.

Samsat Gendong merupakan program yang diluncurkan oleh Tim Pembina Samsat Jawa Barat. Sama seperti samsat keliling, namun menggunakan kendaraan R2 dan hanya cukup 2 petugas serta dapat dilakukan sesuai permohonan wajib pajak, dan bisa ke daerah yang tidak dapat dijangkau oleh kendaraan Samsat Keliling.

Prosesnya, petugas Dispenda dan petugas Kepolisian yang mewakili perangkat Tim pembina Samsat memiliki perangkat hardware yang lebih kecil dan fleksibel serta mudah dibawa oleh petugas samsat untuk melakukan proses pembayaran pajak tahunan yang akan menggunakan kendaraan bermotor roda 2 ke wilayah yang dimohonkan.

Sementara, Samsat cek fisik kabumi merupakan terobosan baru pelayanan oleh Polda Jabar bagi wajib pajak yang memiliki kendala dalam menghadirkan kendaraannya ke Samsat untuk melakukan cek fisik kendaraan bermotor.

Porses cek fisik sebagai salah satu tahapan proses registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor dalam kepengurusan STNK,BPKB dan TNKB.

Samsat Cek Fisik Kabumi ini sangat berguna dalam menghadapi kendala proses identifikasi yang terhambat karena salah satu faktor yaitu tidak hadirnya kendaraan,yang memungkinkan petugas meminimalisir risiko adanya hasil cek fisik tidak sah/palsu,berkas kendaraan bermotor yang tidak sah/palsu maupun kendaraan yang spesifikasinya sudah tidak sesuai standar.

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.