Tahun Depan Perencanaan Dispenda Harus Lebih Matang

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Jawa Barat, Drs. Idam Rahmat, M.Si berharap di tahun depan, pihaknya dapat lebih meningkatkan perencanaan dibandingkan tahun sebelumnya.
Harapan itu disampaikannya saat rapat verifikasi anggaran kegiatan tahun 2016, pada tanggal 4 – 6 Februari 2015 yang bertempat di Aula Dispenda Jawa Barat dan dihadiri oleh seluruh cabang pelayanan Dispenda se Jawa Barat.
“Bagi seluruh cabang pelayanan, Puslia dan seluruh Bidang dapat memperhatikan perencanaan yang lebih matang baik dari belanja maupun target berdasarkan pada peraturan yang telah ditetapkan dalam upaya peningkatan kinerja,” kata Idam.
Menurutnya, mengacu posisi perencanaan tahunan dalam RPJMD dan RPJPD bahwa pada tahun 2016  merupakan Tahapan Pembangunan Jangka Menengah (Tahap Verifikasi). Atau dalam kerangka Renstra Dispenda Provinsi Jawa Barat merupakan tahun melakukan pengukuran keunggulan kinerja Dispenda sebagai Unit/koordinasi penghasil yang diperbandingkan unit sejenisnya di berbagai daerah lainnya.
“Hal ini guna memacu terus adanya upaya penguatan kapasitas pendamping daerah yang makin mampu memenuhi kebutuhan pembangunan daerah yang telah diamanatkan dalam RPJMD Jawa Barat,” bebernya.
Idam pun menambahkan, perlunya pemberlakuan konsep operasional untuk kawasan pemangkuan layanan guna maksimalisasi pelayanan bagi wajib pajak. Yakni sejak kedatangan wajib pajak, kebutuhan sarana penunggu bagi wajib pajak, informasi layanan, pelayanan bagi wajib pajak sampai dengan kepulangan wajib pajak, sehingga mampu memberikan kesan positif  terhadap layanan Samsat di seluruh Jawa Barat
“Dengan adanya Perpres no 5 tahun 2015 sebagai penganti Inpres Tahun 1999,  perlu memperhatikan dan mempersiapkan kebutuhan anggaran pada kesamsatan, baik kebutuhan pelayanan dan ruangan,” pungkasnya. ***