Pembina Samsat Gandeng Leasing

Mengantisipasi adanya tindakan melawan hukum yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab tentang kepemilikan kendaraan serta kewajiban membayar pajak, jajaran pembina Samsat menggandeng leasing, untuk dapat bekerjasama melakukan online sistem.

Sebagai pembina samsat, Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Jawa Barat, Dirlantas Polda Jabar dan Jasa Raharja memandang perlu adanya kesamaan pandangan dengan leasing, mengingat adanya modus duplikat BPKB dan pemalsuan surat-surat.

Kasubdit Regiden Polda Jawa Barat AKBP Indra Jafar mengatakan, sengaja pembina Samsat khususnya dari Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat mengajak duduk bersama guna menyamakan persepsi.

“Kita coba sinkronkan data yang sama-sama tidak kita miliki, karena data yang tidak kita miliki ini membuat sering terjadi miss, sehingga muncul kasus bahkan permasalahan-permasalahan yang sifatnya tindak pidana atau perdata,” katanya.

Dia mengatakan pernah terjadi kasus dimana pemilik kendaran bermotor mengaku kehilangan BPKB, padahal BPKB nya dijaminkan kepada leasing, dan pihaknya merasa kecolongan dengan menerbitkan duplikat BPKB untuk orang tersebut.

“Setelah terbit pihak leasing baru melapor, hal itu yang kita coba hindari. Oleh karenanya kita berharap ada kesamaan persepsi dari semua yang hadir, sehingga tidak terjadi kembali hal tersebut,” ucapnya. ***

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.