Gubernur Ridwan Kamil Resmikan BRT Listrik Berbasis Listrik Kawasan Bandung Raya

West Java Future Masstrans yang diselenggarakan di IKEA Kota Baru Parahyangan Minggu (27/8), dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dilanjutkan dengan Pound Fit bersama Bandung Pound Fit Community, juga adanya Pameran Evolusi Angkutan Umum dan hiburan.

“Penanganan Publik Transportasi akan menjadi sebuah urgensi khususnya di area Bandung Raya ini, yang menggunakan Publik Transportasi masih kurang lebih mendekati 14% saja. Artinya 86% nya masih menggunakan kendaraan pribadi.

Transportasi berbasis Bis ini akan menghubungkan Kabupaten Bandung Barat ke Leuwipanjang, dan jangka panjang saya juga berharap semua kendaraan beralih ke kendaraan listrik, mungkin butuh waktu tapi harus kita lalui” ungkap Ridwan Kamil.

Ia optimistis dalam kurun waktu 10 sampai 15 tahun ke depan target 50 persen akan tercapai. Anggaran yang dibutuhkan untuk mewujudkan hal itu sebesar Rp100 triliun. 

“Dalam hitungan 10 sampai 15 tahun mimpi itu akan terwujud dengan total butuh kurang lebih Rp100 triliun,” ucap Kang Emil. 

Apabila transformasi transportasi massal ini tidak dilakukan, maka dalam tujuh tahun ke depan diprediksi kemacetan di Bandung Raya akan semakin parah. 

“Kalau tidak dilakukan, maka dalam hitungan tujuh tahun ke depan keluar rumah sudah macet total. Jadi ini adalah upaya dari kita terus menghadirkan transportasi massal yang maksimal,” pungkas Kang Emil.