Inovasi Transaksi Berbasis Elektronik Antar Bapenda Jabar Raih detikJabar Awards 2023

Pemberian penghargaan Anugerah Program Terpuji diberikan langsung oleh Latif Harnoko selaku Direktur Transmedia dan Ina Sembiring sebagai Direktur Bisnis detikcom di Trans Hotel Bandung, Selasa (20/6/23).

Bapenda Jabar melakukan terobosan pembayaran pajak menjangkau seluruh tingkatan masyarakat, mulai desa hingga pengguna platform digital. Hasilnya, Bapenda sukses merealisasikan pendapatan Rp 32,7 triliun pada 2022.

Pajak kendaraan berkontribusi 40 persen dari PAD, terjadi peningkatan karena inovasi transaksi via online. Hal ini membuat Bapenda Jabar memperoleh penghargaan kategori Inovasi Transaksi Berbasis Elektronik.

Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik menjelaskan bahwa untuk mencapai target pendapatan diperlukan penguatan reformasi birokrasi yang salah satu caranya adalah dengan transformasi digital. Hal itu juga yang telah dilakukan oleh Bapenda Jabar dan terbukti mampu meningkatkan nilai pendapatan dari pajak kendaraan.

“Kita lihat perkembangan tren pembayaran non tunai ini naik terus dari 2021 ke 2022 dari Rp 500 miliar ke Rp 679 miliar, berarti ada peningkatan untuk mulai kita go digital. Itu harapan kita selain mengedepankan pertumbuhan ekonomi harus didorong inovasi,” terang Dedi beberapa waktu lalu.