WUJUD KOLABORASI BAPENDA JABAR DENGAN MITRA KEPOLISIAN DAN KEMENTRIAN PERHUBUNGAN DI POSKO MUDIK LEBARAN

Bapenda Jabar melaksanakan persiapan dalam menghadapi Libur dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 H, melalui Zoom Meeting Kepala Bapenda Jabar dengan seluruh Pegawai Bapenda Jabar di Samsat Purwakarta, Kamis (28/4).

Dirangkaikan dengan Kegiatan Monitoring sekaligus memberikan bantuan logistik dan pembagian makanan, minuman dan takjil kepada Mitra Kepolisian, dan Kementrian Perhubungan yang bertugas di Posko Cikopo Purwakarta serta para Pemudik yang melintas di jalur tersebut.

“Para pemudik hati-hati di jalan, pastikan sudah vaksin booster, jaga Protokol Kesehatan, kendaraan harus laik jalan dan administrasi lengkap” ungkap Kepala Bapenda Jabar, Dr. Dedi Taufik, M.Si.

Ini merupakan wujud kolaborasi antar pihak sebagai upaya dalam pelayanan di Arus Mudik Lebaran tahun ini.

Penyerahan bantuan logistik kepada mitra dari Kementerian Perhubungan di Pos Pantau Cikopo Purwakarta

Penyerahan bantuan logistik secara simbolis yang diterima oleh Kapolres Purwakarta di Pos Pantau Cikopo Purwakarta

Pembagian minuman dan makanan ringan kepada supir truk dan pemudik

MAKSIMALKAN LAYANAN SAAT LEBARAN DENGAN “GO DIGITAL”

Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan pada Libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H dimaksimalkan dengan memanfaatkan Layanan Digital, seperti E-Samsat, ATM, Sambara, Signal, Fintech, Gerai Modern dan PPOB.

Kepala Bapenda Jabar, Dr. Dedi Taufik, M.Si memimpin rapat persiapan libur Idul Fitri secara virtual yang diikuti oleh para Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) se-Jawa Barat, Kamis (28/4).

Dalam pengarahannya, Dedi meminta agar pelayanan kepada masyarakat selama Liburan Idul Fitri tetap berjalan namun dikonversikan melalui online.

“Mudahkan semua urusan dengan Go Digital”, lanjut Dedi.

Dedi mengharapkan Pelayanan Samsat sudah siap melayani masyarakat ketika hari pertama masuk kerja, karena pada saat itu pelayanan masyarakat yang membayar Pajak Kendaraan pasti membludak.

Selain itu, Dedi mengapresiasi P3D yang telah melaksanakan pelayanan Samsat Sore (Samsore) selama bulan Ramadhan kemarin.

Kota Tasik Jadi Tempat Bandros Ramadhan Juara Terakhir di Penghujung Bulan Puasa 2022

Rangkaian Bandros Ramadan Juara ada di Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya Selasa (26/4)

Bandros Juara merupakan kolaborasi antara Bapenda Jabar dengan Mitra Kepolisian, Jasa Raharja, bank bjb, Dishub Jabar, Kajati Jabar dan Disparbud Jabar ini merupakan rangkaian terakhir di Bulan Ramadan Tahun 2022.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Pak Uu dan Ibu Lina hadir spesial ke Bandros Ramadan Juara kali ini dan memberikan apresiasi..

Kepala Bapenda Jabar, Sekretaris, para Kabid, para Kepala Pusat P3D Korwil Priangan beserta jajaran juga melaksanakan Pelayanan Kesamsatan dan Pembagian Takjil di sini.

Menghadirkan Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Tahunan, Gelaran Musik dari Seniman Jawa Barat, Pembagian Takjil dan Souvenir menarik dari Bapenda Jabar.

Penerimaan Pendapatan Pajak Kendaraan Samsat Keliling dan Samsat Sore Korwil Priangan pada Sabtu (26/4) mencapai Rp. 237.908.300,-

ASN Harus Proaktif, Berakhlak dan Bersinergitas

Kepala Bapenda Jabar Dr. Dedi Taufik, M.Si mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Bapenda Jabar untuk terus berinovasi dan bersikap pro aktif, Serta memberikan apresiasi kepada Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) yang melaksanakan pelayanan Samsat Sore (Samsore) untuk mencapai target pendapatan daerah.

Hal tersebut disampaikan dalam amanat apel pagi yang dilaksanakan secara hybrid dan diikuti oleh seluruh pegawai Bapenda Jabar, Senin (25/4).

Lebih lanjut, Dedi berharap seluruh ASN Bapenda Jabar memiliki loyalitas, dedikasi dan integritas.

“Kita akan mewujudkan Indonesia emas dengan ASN yang proaktif, berakhlak dan bersinergitas”, ungkap Dedi.

Dalam menyambut cuti bersama Idul Fitri, Dedi mengatakan pelayanan kepada masyarakat dialihkan secara online sehingga infrastruktur yang akan digunakan harus dipersiapkan dan dijaga agar tetap online serta dapat digunakan selama libur Idul Fitri oleh masyarakat untuk membayar Pajak Kendaraan.

Bandros Ramadhan Juara, Edukasi Pajak Sekaligus Berbagi Kepada Masyarakat

Bandros Ramadhan Juara giliran ada di Kuningan bersamaan dengan Acara BUBOS Bergaya di Pandapa Paramartha Kuningan, Sabtu (23/4).

Sebuah bentuk Kolaborasi yang apik antara Bapenda Jabar dengan Mitra Kepolisian, Jasa Raharja, bank bjb, Dishub Jabar, Kajati Jabar dan Disparbud Jabar.

Menghadirkan Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Tahunan, Gelaran Musik dari Seniman Jawa Barat, Pembagian Takjil dan Souvenir menarik dari Bapenda Jabar.

Karena turut hadir Gubernur Jawa Barat ke Bandros Ramadan Juara 🤩

Kepala Bapenda Jabar, Sekretaris, para Kabid, para Kepala Pusat P3D Korwil Cirebon beserta jajaran juga melaksanakan Pelayanan Kesamsatan dan Pembagian Takjil di sini.

Penerimaan Pendapatan Pajak Kendaraan Samsat Keliling dan Samsat Sore Korwil Cirebon pada Sabtu (23/4) mencapai Rp. 258.389.500,-

Kegiatan ini bagian dari Program Gubernur Jabar untuk dapat berbagi kepada masyarakat di bulan Ramadhan.

Kegiatan kolaborasi ini juga diharapkan bisa menjadi media edukasi Pajak sekaligus sarana hiburan untuk meningkatkan kesadaran membayar Pajak Masyarakat.

Berbagi takjil kepada pengunjung acara Bubos dan Bandros Ramadhan Juara

Kegiatan Bulan Suci Berbagi On The Street 6 Bergaya (BUBOS 6)

Bapenda Jabar melaksanakan Kegiatan Bulan Suci Berbagi On The Street 6 Bergaya (BUBOS 6) di Yayasan Al-Istiqomah Kabupaten Bandung, Sabtu (23/4).

Kegiatan berbagi di bulan Ramadhan yang sudah beberapa tahun dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini, disambut baik oleh Pihak Yayasan.

Berbagi adalah bentuk terbaik mensyukuri apa yang telah Kita dapatkan

PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT TETAP MENGEDEPANKAN PROTOKOL KESEHATAN

Menjelang Libur Idul Fitri Tahun ini, Bapenda Jabar harus tetap optimal dalam pelayanan kepada masyarakat.

Saat melaksanakan peninjauan Layanan Samsat yang berada di Korwil Cirebon, dalam pengarahannya Kepala Bapenda Jabar, Dr. Dedi Taufik, M.Si mengingatkan untuk memperbanyak titik layanan agar memudahkan masyarakat untuk membayar Pajak Kendaraan.

Selain itu pula, Dedi mengingatkan agar dalam melayani masyarakat harus tetap semangat dan tetap menjaga prokes.

Lebih lanjut, Dedi berharap agar Pusat Pengelolaan Pendapatan (P3D) dapat memberikan dukungan terhadap posko-posko mudik yang ada di Wilayah Cirebon sebagai bentuk kolaborasi.

Selama libur lebaran, Kepala Bapenda Jabar berharap pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan tetap berlangsung. Salah satu caranya melalui online, .Sambara.

Dedi menginstruksikan agar sistem Bapenda dijaga sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan.

TINDAK LANJUT PEMANFAATAN ETLE UNTUK KTMDU

Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang secara resmi diterapkan mulai tahun lalu, dilakukan sebagai terobosan Kepolisian Republik Indonesia untuk mewujudkan dan mendukung Program Kerja Kepolisian untuk penegakan Hukum dengan pemanfaatan Teknologi Informasi.

Seiring dengan hal tersebut, dalam rangka Optimalisasi Pelayanan Kesamsatan dan Program Penelusuran Wajib Pajak yang menunggak pembayaran, Bapenda Jabar berkolaborasi dengan Mitra Kepolisian untuk melaksanakan penelusuran Kendaraan yang Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) dengan memanfaatkan ETLE.

Hal ini diharapkan dapat lebih membantu proses penelusuran dengan memanfaatkan Teknologi ETLE, seperti yang disampaikan Kepala Bapenda Jabar, Dr. Dedi Taufik M.Si pada pertemuan dengan Wadirlantas Polda Jabar AKBP Matrius, S.I.K., di Bapenda Jabar (21/4).

Pertemuan ini juga merupakan Tindak Lanjut dari pertemuan pertama pembahasan ETLE bersama Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jabar beberapa waktu lalu.

Bapenda Jabar Berhasil Lampaui Target Triwulan I Tahun 2022

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar terus melakukan optimalisasi pendapatan di Triwulan II 2022, setelah sebelumnya di Triwulan I 2022 berhasil mencapai target.

Untuk diketahui, Target pendapatan dari pajak daerah tahun 2022 adalah sebesar Rp 19,75 triliun. Rinciannya adalah pajak kendaraan bermotor (PKB) sebesar Rp 8,44 triliun, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) Rp 5,40 triliun, serta pajak penggunaan atas bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar Rp 2,49 triliun.

Kepala Bapenda Jabar, Dr. Dedi Taufik, M.Si mengapresiasi seluruh jajaran yang telah bekerja dengan baik.

Dalam keterangannya Dedi mengatakan terkendalinya kondisi pandemi Covid-19 menjadi faktor penting semuanya dapat berjalan secara maksimal.

“Kondisi pandemi Covid-19 yang terkendali juga menjadi faktor penting semua upaya bisa berjalan maksimal. Kami tidak ingin kehilangan momentum tren positif, termasuk saat Ramadhan,” ungkap Dedi, Rabu (20/4/2022).

Dedi mengingatkan, bahwa pada Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, pendapatan daerah cenderung menurun. Hal ini harus bisa diantisipasi.

“Puasa masuk ke Triwulan II, jangan turun. Day by day ga boleh kendor. Target bisa terlampaui kalau tidak kendor. Nanti berikutnya kita pikirkan kolaborasi atau inovasinya seperti apa. Pak Gubernur juga terus mengingatkan untuk terus berinovasi,” lanjut Dedi.

Selama bulan Ramadhan ini, Bapenda Jabar meluncurkan inovasi Samsore (Samsat Sore) yang melayani masyarakat melalui mobil samsat keliling di tempat-tempat keramaian.

Pelayanan samsat sore ini ada setiap hari dari Senin sampai Sabtu, mulai pukul tiga sore sampai dengan pukul 5 sore hari.

Berkolaborasi dengan mobil Bandung Tour on Bus (Bandros), masyarakat yang membayar pajak kendaraan tahunannya juga dapat menikmati hiburan yang dimainkan oleh seniman dan menjelang berbuka puasa, ada pembagian takjil.

Contohnya di alun-alun kota Bandung, selama tiga jam beroperasi Samsore berhasil mendapatkan pendapatan kurang lebih Rp 300 juta. Sedangkan di wilayah Bodebek (Kota Bekasi, Depok dan Kabupaten Bekasi) Samsore berhasil mendapatkan kurang lebih Rp 655 juta.

“Antusiasmenya sangat baik. Selama hampir tiga jam di wilayah Bodebek pendapatan terealisasi Rp 655 juta. Momentumnya ini yang kami jaga, kesadaran wajib pajak sangat baik,” tutur Dedi.