Perkuat Kolaborasi, Tim Pembina Samsat Selenggarakan Rapat Kerja Pertama di Tahun 2022

“Kuncinya adalah kolaborasi, sukses itu tidak ada yang sendiri, sukses itu adalah kolaborasi” ungkap Kepala Bapenda Jabar, Dr. Dedi Taufik, M.Si pada acara Rapat Kerja Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 yang dilaksanakan di Hotel Green Peak Bogor, Rabu (26/1).


Rapat Kerja Pertama Tim Pembina Samsat Tahun 2022 dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl., S.E., M.Eng tersebut turut dihadiri oleh Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri, Dirlantas Polda Jabar, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Jawa Barat, Pimpinan Divisi Hubungan Kelembagaan Bank bjb, Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat serta Pejabat Struktural lingkup Bapenda Jabar.

Sekda Jabar membuka rapat kerja tim pembina samsat tahun 2022

Kepala Bapenda Jabar Dr. Dedi Taufik, M.Si memaparkan mengenai Smart Tax

 

Dalam paparannya, Dedi Taufik mengatakan “Bagaimana caranya Kita bisa memberikan sebuah Pelayanan Publik yang berorientasi kepada kepuasan masyarakat “Customer Oriented”.

“Kita perlu layanan yang disesuaikan, selain umur masyarakat sebagai Wajib Pajak Kendaraan Bermotor juga dilihat apa yang sedang populer di masyarakat sehingga dapat Kita manfaatkan untuk membuat layanan yang lebih memudahkan masyarakat” ungkap Dedi.

Salah satu caranya dengan memperbanyak Gerai Pelayanan Pajak yang dapat mendekatkan pelayanan sehingga akan memudahkan masyarakat membayar Pajak Kendaraan Bermotor.

Selain itu, Strategi Pencapaian Target Pendapatan Daerah Jawa Barat dapat dicapai melalui Digitalisasi Pendapatan yang dinamakan “Smart Tax“.

Smart Tax merupakan pengelolaan cerdas pendapatan berbasis digital dalam membangun big data Pendapatan melalui layanan non tunai, integrasi data dan edukasi masyarakat.

Smart tax yang terdiri dari enam bagian, yaitu:
1. Tax center
2. Tax awereness
3. New Sambara
4. Tax Appreciation
5. Tax Integration
6. New Sipandu

Semuanya itu diharapkan dapat membantu tercapainya Target Pendapatan di Tahun 2022 ini.

Menutup paparannya, Kepala Bapenda Jabar memberikan pantun.
“Jalan terjal, Jalan berbatu.
Terus berjalan, tiada jemu.
Pastikan Pajak dibayar tepat waktu,
Bayar Pajakmu, Untuk Jawa Baratmu.

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.