Apa itu Juice Jacking ?

Di salah satu episode NCIS : Cyber, diceritakan di sebuah bandara para penumpang yang sedang menunggu untuk naik ke pesawat telepon mendekati salah satu meja yang ada di sudut ruangan bandara. Tujuannya meja pengisian baterai gawai yang disediakan oleh pihak bandara. Sepintas tidak terjadi masalah ketika para penumpang tersebut menghubungkan telepon pintar mereka ke salah satu port USB yang ada di meja pengisian baterai. Masalah terjadi ketika mereka telah sampai di tujuan masing-masing, ternyata gawai mereka telah disusupi dan data-data yang ada pada gawai mereka telah di salin.

Salah satu agen NCIS tersebut mengatakan bahwa telah terjadi juice jacking di meja pengisian baterai di bandara. Rasa penasaran pun muncul setelah selesai menonton episode tersebut. Apa sih sebenarnya juice jacking itu ? apakah itu sama kaya juice buah yang biasa diminum ketika cuaca sedang panas ? Berikut adalah hasil pencarian saya di internet mengenai juice jacking. Mengutip penjelasaan dari dailysocial, dikatakan bahwa juice jacking merupakan metode retas dengan memodifikasi stasiun pengisian baterai untuk gawai dengan menggunakan USB atau lebih biasa kita kenal dengan istilah USB charging. USB charging adalah ketika kita melakukan pengisian baterai gawai kita dengan menggunakan kabel yang kita masukkan ke dalam port USB. Kok bisa ya ? karena kabel yang digunakan selain dapat menghantarkan daya listrik juga berfungsi sebagai penghantar data. Contoh sederhananya adalah ketika kita akan menyalin data yang ada di gawai kita ke komputer maka gawai akan kita sambungkan ke kabel USB dan tentunya kabel tersebut kita sambungkan ke komputer. Tidak berapa lama, akan ada notifikasi di komputer bahwa terdeteksi perangkat baru dan kita dapat mengakses perangkat tersebut untuk segera menyalin data.

ilustrasi gambar kabel USB. Sumber hubpages

 

Juice jacking ini awalnya diketahui pada tahun 2011 – 2012 dan sempat menjadi headline ketika badan keamanan nasional Amerika (NSA – National Security Agency) mengeluarkan peringatan resmi bagi karyawan pemerintahan agar tidak sembarangan mengisi ulang baterai gawai mereka, terutama bagi mereka yang bekerja di luar negeri atau harus menggunakan komputer orang lain. Eksperimen sosial pernah dilakukan oleh Autentic8 pada konferensi keamanan yang diadakan di RSA San Francisco. Mereka memasang stasiun pengisian baterai di booth mereka dan hasilnya banyak pengunjung konferensi tersebut yang memanfaatkan stasiun pengisian baterai tersebut namun sayangnya hanya sedikit dari mereka yang menanyakan apakah stasiun pengisian tersebut aman atau tidak bagi gawai mereka.

Bagaimana caranya agar terhindar dari praktek juice jacking ini ? Berikut adalah langkah-langkah pengamanan yang dirangkum dari berbagai sumber.
1. Selalu pastikan baterai gawai Anda penuh sebelum Anda memulai aktivitas.
2. Pastikan membawa baterai cadangan.
3. Selalu bawa power bank dalam keadaan terisi bilaman diperlukan untuk mengisi baterai gawai.
4. Jika terpaksa mengisi baterai di stasiun pengisian, selalu matikan gawai Anda. Meskipun pada beberapa model gawai dalam kondisi mati pun masih dapat penyimpanan internal masih dapat diakses.
5. Gunakan kabel USB yang hanya menghantarkan daya.
6. Hindari pengisian ulang baterai gawai di tempat-tempat umum yang hanya menyediakan port USB untuk melakukan pengisian.
7. Biasakan untuk membawa charger dan kabel milik sendiri sehingga dapat terhubung langsung ke colokan listrik.

Jika diperlukan, Anda dapat menginstal aplikasi tambahan di gawai Anda sehingga setidaknya keamanan gawai akan bertambah. Selalu hati-hati apabila Anda berada di tempat umum, apalagi di jaman teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini. Jangan pernah sembarangan menyambungkan gawai Anda di stasiun pengisian baterai melalui USB charging yang disediakan tanpa mengetahui keamanan stasiun pengisian tersebut.

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.