Rapat Koordinasi Dana Bagi Hasil Pajak/Bukan Pajak dan Pajak Rokok

Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Koordinasi Dana Bagi Hasil Pajak/Bukan Pajak Rokok dalam rangka peningkatan kapasitas para pegawai daerah dalam pengelolaan pajak rokok dan dana transfer, Rabu (05/10/2016).

Selain dihadiri oleh Kepala DPKAD/Dispenda/Bappeda Kabupaten Kota Se Jawa Barat, Dispenda Prov Jabar juga turut mengundang Direktur Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah DPJK, perwakilan Dirjen Perimbangan Keuangan Kemkeu RI, Direktur Cukai Dirjen BEA Cukai Kemenkeu RI, para Kepala OPD Prov Jabar.

Dalam sambutannya, Kepala Dispenda Prov Jabar, Dadang Suharto mengungkapkan bahwa kebijakan penyaluran dana transfer dari pemerintah sering berubah-ubah. Hal tersebut dapat berdampak pada pendapatan daerah.

Sehingga mengharuskan daerah agar lebih optimal dalam meningkatkan pengelolaan administrasi pendapatan daerah terkait optimalisasi potensi, penilaian, dan penagihan pajak serta akuntansinya.

“Maka dari itu, pemerintah kabupaten kota tidak bisa terus bergantung kepada dana transfer dari pemerintah pusat,” ungkapnya.