Opgab Sumbang Kenaikan PAD

Operasi gabungan (Opgab) Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) oleh kerjasama antara Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat Wilayah Ciamis, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis, dan Satlantas Polres Ciamis mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebanyak 10 persen.

Holis, Kepala Seksi Pengawasan, Pengendalian dan Operasional Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Ciamis mengatakan bahwa banyak pemilik kendaraan umum yang langsung melengkapi surat-surat kendaraan dan memperpanjang KIR serta surat izin usaha setelah terjaring Opgab ini.

“Sebagian dari mereka mungkin takut terkena razia dan terancam tidak dapat mengoprasikan kendaraan umum miliknya,” tuturnya, Kamis (26/11/2015).

Ia pun menjelaskan, Opgab yang dilaksanakan selama sepekan ini dilakukan untuk meraup potensi PAD yang hilang. Banyak dari pemilik kendaraan bermotor yang tidak membayar pajak, membuat potensi PAD tidak teraup secara menyeluruh.

“Sejak opgab, banyak masyarakat membeyar pajak kendaraannya. Opgab ini dilakukan untuk mengurangi angka pencurian kendaraan bermotor dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih mentaati lalu listas demi keselamatan bersama,” tuturnya.

Holis menuturkan bahwa petugas gabungan dari Dishubkominfo, Dispenda, dan Satlantas menjelaskan fungsinya masing-masing saat digelarnya opgab ini.

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.