Dukungan Teknologi, Bayar Pajak di Samsat Drive Thru Hanya Lima Menit

Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Jawa Barat sudah sejak lama mengoperasikan pelayanan Samsat Drive Thru. Dengan pelayanan tersebut, pembayar pajak kendaraan bermotor hanya perlu 5 menit untuk perpanjangan STNK tanpa perlu turun dari kendaraan.

Kepala Pusat Pengelolaan Informasi dan Aplikasi Pendapatan (PUSLIA) Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat, Mukti Subagja mengatakan, kemudahan tersebut tidak lepas dari adanya teknologi yang menunjang kinerja manusia.

Sistem komputerisasi yang diterapkan pada layanan Drive Thru mempercepat pelayanan, sehingga layanan tersebut menjadi keharusan agar orang yang akan ke kantor bisa menyempatkan waktu setidaknya lima menit untuk membayar perpanjangan STNK-nya.

“Adanya teknologi tentu akan lebih mempermudah dan mempercepat suatu layanan. Sistem Drive Thru misalnya, yang hanya membutuhkan lima menit, untuk pelayanan perpanjangan STNK,” kata Mukti.

Langkah baru pada pelayanan dengan teknologi tersebut selain akan mempermudah kinerja, tentunya diharapkan juga bisa meningkatkan kesadaran pemilik kendaraan membayar kewajiban pajaknya tepat waktu.***