Kejar Target, Dispenda Jabar Lakukan Inovasi dan Terobosan

Tahun 2014 menjadi tahun tantangan bagi Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Jawa Barat. Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang meningkat signifikan menjadikan banyak perubahan dan berbagai inovasi dalam berbagai kebijakan.

Plt. Kepala Dispenda Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan, pihaknya untuk mencapai target tersebut melakukan perubahan kelembagaan pendapatan. Perubahan skema dari by object jadi by process membuat perubahan kepala seksi pajak dan nonpajak menjadi kasie pendapatan dan kasie penerimaan serta penagihan.

“Dispenda harus mengkoordinir seluruh pendapatan termasuk pendapatan lainnya yang sah. Ada beberapa perubahan skema juga,” kata Iwa.

Tidak hanya melakukan beberapa terobosan dan inovasi, pihaknya pun saat ini tengah berpacu dengan waktu untuk membenahi integrasi sistem antara Dispenda, Biro Keuangan dan Bank BJB.

“Integrasi ini dimaksudkan agar mendapatkan informasi yang akurat dan cepat serta meningkatkan pendapatan dari sisi pengelolaan kas daerah,” jelasnya.

Dibanding pada tahun 2013 lalu, Pemprov. Jabar menargetkan PAD sebesar Rp 10,51 triliun. Sedangkan pada 2014, Pemprov Jabar menargetkan bisa mengalami kenaikan PAD sebesar Rp13,001 triliun. ***

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.