Bidang Perencanaan dan Pengembangan

Tugas dan Fungsi

Bidang Perencanaan dan Pengembangan

Rincian Fungsi Bidang Perencanaan dan Pengembangan sebagaimana yang telah diatur dalam  Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Barat No. 80 Tahun 2016  adalah sebagai berikut:

  1. Penyelenggaraan pengkajian bahan kebijakan teknis bidang perencanaan dan pengembangan pendapatan;
  2. Penyelenggaraan perencanaan dan pengembangan pendapatan;
  3. Penyelenggaraan evaluasi dan pelaporan Bidang Perencanaan dan Pengembangan; dan
  4. Penyelenggaraan fungsi lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Sedangkan Tugas Bidang Perencanaan dan Pengembangan adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pengkajian program kerja Bidang Perencanaan dan Pengembangan;
  2. Menyelenggarakan pengkajian bahan kebijakan bidang perencanaan dan pengembangan pendapatan;
  3. Menyelenggarakan perencanaan dan penyusunan kinerja belanja, perencanaan kinerja pendapatan dan pengembangan layanan, serta regulasi dan kerja sama;
  4. Menyelenggarakan pembinaan dan pengendalian teknis bidang perencanaan dan pengembangan pendapatan;
  5. Menyelenggarakan perencanaan dan penyusunan kinerja belanja;
  6. Menyelenggarakan perencanaan kinerja pendapatan dan pengembangan layanan;
  7. Menyelenggarakan regulasi dan kerja sama;
  8. Menyelenggarakan dan memfasilitasi perencanaan dan pengembangan;
  9. Menyelenggarakan pengkajian bahan kebijakan Rancangan Anggaran Belanja Daerah, koordinasi dan fasilitasi kerja sama dengan pihak ketiga dan analisa potensi pendapatan Daerah Provinsi;
  10. Menyelenggarakan fasilitasi bidang perencanaan dan pengembangan, meliputi perencanaan dan penyusunan kinerja belanja, perencanaan kinerja pendapatan dan pengembangan layanan, regulasi dan kerja sama;
  11. Menyelenggarakan pengkajian pengembangan dan target pendapatan Daerah Provinsi;
  12. Menyelenggarakan pengkajian bahan penataan kelembagaan, ketatalaksanaan dan pengembangan pelayanan publik Badan, PPPD dan PLOPD;
  13. Menyelenggarakan pengumpulan dan pengolahan bahan Renstra, Renja, RKT, DPA, DIPA, dan PK, LKIP, LKPJ dan LHKASN lingkup Badan;
  14. Menyelenggarakan monitoring bidang perencanaan dan pengembangan;
  15. Menyelenggarakan tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan Lingkup Bidang Perencanaan dan Pengembangan;
  16. Menyelenggarakan pengkajian bahan verfikasi, rekomendasi dan pemantauan terhadap permohonan serta realisasi bantuan keuangan dan hibah/bantuan sosial bidang pendapatan Daerah;
  17. Menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan Badan;
  18. Menyelenggarakan pengkajian bahan saran pertimbangan mengenai bidang perencanaan dan pengembangan sebagai bahan perumusan kebijakan Pemerintah Daerah;
  19. Menyelenggarakan pengendalian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Bidang Perencanaan dan Pengembangan;
  20. Menyelenggarakan pengkoordinasian dan pembinaan PPPD dan PLOPD;
  21. Menyelenggarakan evaluasi dan pelaporan Bidang Perencanaan dan Pengembangan; dan
  22. Menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Bidang Perencanaan dan Pengembangan, membawahkan :

  1. Subbidang Perencanaan Kinerja Belanja;
  2. Subbidang Perencanaan Kinerja Pendapatan dan Pengembangan Layanan; dan
  3. Subbidang Regulasi dan Kerjasama.

Pejabat

Bidang Perencanaan dan Pengembangan

Dr. Drs. Dedi Sutardi, M.Pd.

Dr. Drs. Dedi Sutardi, M.Pd.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan
Mohamad Deni Zakaria, S.STP, M.Si

Mohamad Deni Zakaria, S.STP, M.Si

Kasubid Perencanaan Kinerja Belanja

A. Irman Firmansyah H., S.H., M.Hum

A. Irman Firmansyah H., S.H., M.Hum

Kasubid Regulasi dan Kerjasama
Rohman Supriyadi, S.Sos., M.M

Rohman Supriyadi, S.Sos., M.M

Kasubid Perencanaan Kinerja Pendapatan dan Pengembangan Layanan