West Java Economic Outlook 2025 di Capacity Building Jabar Caang

“Jawa Barat perlu langkah strategis dalam mengantisipasi dampak perekonomian global,” ujar Menteri Keuangan periode 2013-2014 Muhammad Chatib Basri dalam kegiatan Capacity Building Jabar Caang bertajuk West Java Economic Outlook 2025.

Jabar memiliki potensi yang bisa dikembangkan mengingat Jabar memiliki penduduk yang sangat banyak, alam yang cukup indah dan dan letak geografis yang strategis, sehingga sektor seperti pariwisata dan UMKM bisa dikembangkan.

Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas Perangkat Daerah sesuai prinsip akuntabilitas, integritas, dan responsibilitas, sehingga APBD yang dikeluarkan dapat maksimal untuk kesejahteraan masyarakat.

Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia Provinsi Jawa Barat

Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Provinsi Jawa Barat yang bertajuk Jabar Motekar untuk Indonesia merupakan inisiatif yang bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan produk lokal serta pariwisata, khususnya di Jawa Barat.

Gernas BBI dan BBWI mendorong masyarakat agar lebih mencintai dan menggunakan produk-produk lokal, serta menikmati keindahan wisata dalam negeri, sekaligus memperkuat ekonomi dan budaya Indonesia.

Untuk mendukung Gernas BBI dan BBWI, BIJB Kertajati akan menghadirkan rute-rute baru dan meningkatkan fasilitas kargo. Pemerintah Provinsi Jawa Barat selalu terbuka dan menerima para investor yang berminat investasi di BIJB Kertajati.

Dari VUCA Menuju BANI World

Pencapaian target harus extraordinary, maka effort juga harus extraordinary. Coorporate culture yang sudah terbangun baik di Bapenda Jabar harus dipertahankan dan dikembangkan serta dikunci dengan niat yang tulus, ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman pada Apel Pagi (24/06).

Jangan lengah karena kita memasuki dunia yang terus berubah, dinamis, dan penuh tantangan. VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous) telah berevolusi menjadi Bani (Brittle, Anxious, Non-Linear, Incomprehensible) World, di mana kita tidak hanya bertahan dan beradaptasi, tetapi juga menjadi pionir perubahan. Dengan memahami perubahan dari VUCA ke Bani World, kita dapat lebih siap menghadapi World of Tomorrow dengan semangat penuh keberanian dan inovasi. Cari kebaruan Novelty kreativitas yang akuntabel.

Visi RPJPD 2025 adalah Jawa Barat menjadi Provinsi Termaju. Bapak Pj. Gubernur Jabar sudah menginstruksikan kita harus menyiapkan sebuah skema bagaimana pembangunan di Jawa Barat dapat langsung menembus jantung kehidupan masyarakat. Tentu salah satu pertahanannya adalah pendapatan daerahnya harus tetap dijaga dengan cara kreatif melalui strategi progresif yang saintifik dan kolaboratif dengan semangat sabilulungan.

Hukum tertinggi adalah kesejahteraan rakyat, kepentingan rakyat dan pendapatan daerah merupakan alat untuk menciptakan kesejahteraan rakyat dan memberikan pelayanan terbaik untuk rakyat, tutup Herman.

Penyambut Kedatangan 440 Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Kertajati

Penyambut Kedatangan 440 Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Kertajati asal Kabupaten Subang di BIJB Kertajati, Minggu (23/06).

Kepala Bapenda Jabar bersama Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin menyambut kedatangan dan menyapa para jemaah begitu turun dari maskapai Saudia Airlines.

“Insyaallah seluruh jamaah menjadi haji yang mabrur dan makbul diijabah semua doa-doanya. Dan untuk saudara-saudara kita yang wafat saat menjalankan ibadah haji, kita doakan semoga diterima iman islamnya serta bagi keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan.,” ucap Bey.

Setelah diperiksa oleh imigrasi, para Jemaah naik bus menuju Subang, dan keluarga Jemaah akan menjemputnya di Kab. Subang.

Bulan Sadar Pajak, P3DW Majalengka Libatkan Relawan Pajak Mahasiswa UNMA

Dalam rangkaian kegiatan Bulan Sadar Pajak yang dimulai sejak tanggal 01 Juni sampai dengan 30 Juni 2024, Bapenda Jawa Barat, melalui P3DW Kabupaten Majalengka melaksanakan kegiatan Samsat Goes To Campus.

Selain dalam kaitan bulan Sadar Pajak Tahun 2024, kegiatan merupakan implementasi atas Perjanjian Kerjasama yang dilakukan bulan sebelumnya. Kegiatan tersebut, digelar di Universitas Majalengka (UNMA).

Kegiatan diawali dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para mahasiwa di sela perkuliahan yang sedang dilakukan dan juga dilakukan pemeriksaan masa laku pajak kendaraan bagi kendaraan yang terparkir di halaman kampus UNMA.

Menurut Kepala P3DW Kabupaten Majalengka, Dwi Yudhi Ginanto R, bahwa yang membedakan dengan sosialisasi dan edukasi pada umumnya, untuk pemateri kali ini melibatkan para mahasiswa UNMA yang telah diberikan pembekalan sebelumnya.

“Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan samsat diharapkan juga sebagai jembatan dan kepanjangtanganan dari kami, agar informasi yang disampaikan mudah diterima dan dapat disebarluaskan kepada mahasiswa lain khususnya tentang kewajiban membayar pajak kendaraan,” katanya, Jumat (14/6/2024).

Sementara itu, Rektor UNMA dan jajaran menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap kegiatan yang melibatkan mahasiswa dapat dilanjutkan di bulan bulan berikutnya.

Kegiatan Bulan Sadar Pajak ini terdiri dari Pemeriksaan Pajak Kendaraan Bermotor, Penelusuran Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) dan Kegjatan Operasi Khusus KTMDU untuk Perusahaan

Seperti diketahui, kegiatan ini merupakan yang ke-2 setelah dilaksanakan kegiatan serupa di PT Shoetown Ligung Indonesia pada minggu lalu.

Ayo cek kembali masa laku pajak kendaraan Anda.

Sumber : https://timesindonesia.co.id/ekonomi/499174/bulan-sadar-pajak-p3dw-majalengka-libatkan-relawan-pajak-mahasiswa-unma

Citarum Harum – Merawat Sungai Menyelamatkan Kehidupan

Konsolidasi lapangan pengelolaan sampah di hulu dilakukan bersama Bupati/Walikota wilayah Cekungan Bandung.

Satu minggu ke depan disepakati untuk melaksanakan pembersihan di area 500 m ke arah hulu dan 500 m ke arah hilir dari jembatan BBS.

Untuk jangka panjang akan lengkapi sarana dan prasarana pengelolaan sampah serta edukasi agar warga sadar mengelola dan memilah sampah di tingkat rumah tangga.

Ayo jaga Daerah Aliran Sungai Citarum agar bersih, sehat, indah dan lestari. Kita wujudkan “Citarum Harum: Merawat Sungai Menyelamatkan Kehidupan”

Kredit Cinta Rakyat Peningkatan Akses Pembiayaan Bagi UMKM

Pembahasan terkait Obligasi Daerah sebagai pengembangan sumber pendanaan alternatif di Jawa Barat dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, M. Taufiq B. Santoso, Jum’at (14/06).

Pada rapat ini juga dilakukan pembahasan mengenai peningkatan akses pembiayaan bagi UMKM seperti Kredit Cinta Rakyat (KCR).

Peningkatan Keselamatan Kerja Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Kasus laka lantas mengalami peningkatan. Dari catatan Korlantas Polri dijelaskan penyebab dari musibah laka lantas di Indonesia diakibatkan oleh beberapa hal, yaitu human error, faktor kendaraan serta faktor prasarana dan lingkungan. Angka fatalitas korban laka lantas yang tinggi akan mempengaruhi kesejahteraan keluarga.

Rakor Peningkatan Keselamatan Kerja Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dilaksanakan dalam upaya meningkatkan keselamatan angkutan, edukasi dan kampanye keselamatan transportasi kepada masyarakat, kualitas infrastruktur dan prasarana transportasi, standar keselamatan kendaraan, memperkuat penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas dan mengembangkan teknologi transportasi yang lebih aman serta meningkatkan kerjasama antar pemangku kepentingan.

Kolaborasi Pelaksanaan Sosialisasi dan Edukasi Modul Pajak Di Bulan Sadar Pajak

Kepala Bapenda Jabar mengajak Kepala Daerah di Provinsi Jawa Barat untuk mendukung rangkaian kegiatan Bulan Sadar Pajak, salah satunya dengan melakukan kolaborasi dalam pelaksanaan sosialisasi dan edukasi modul pajak yang diterapkan pada kurikulum SMA/SMK di Provinsi Jawa Barat sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran pajak bagi para pelajar.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pembahasan mengenai optimalisasi operasional BIJB Kertajati sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah Jawa Barat.

Modul pajak yang disusun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga peserta didik jenjang SMA dan SMK khususnya kelas XI di mata pelajaran ekonomi.

Lebih lanjut, melalui modul ini diharapkan bisa bermanfaat untuk para siswa sehingga menyadari betapa pentingnya pajak untuk kemajuan pembangunan perekonomian di Indonesia serta bisa menumbuhkan kesadaran membayar pajak sedini mungkin.

Samsat Information Center Jabar, Transformasi Digital Layanan Publik untuk Tingkatkan Pendapatan Daerah

Wajib Pajak (WP) kendaraan bermotor di Kabupaten Subang kini dapat memperoleh informasi mengenai layanan kesamsatan Jawa Barat selama 24 jam melalui Samsat Information Center (SIM-C) di nomor telepon 150-410 atau melalui WhatsApp di 0811-2230-1818.

“Layanan SIM-C Jabar ini merupakan bagian dari integrasi layanan informasi Pemprov Jabar yang berisi informasi dan konsultasi pajak kendaraan bermotor, pengaduan, penelusuran hingga penagihan secara elektronik. Selain itu, WP juga bisa mengetahui program strategis dan implementasi kebijakan, promo, termasuk informasi mengenai lokasi dan jadwal Samsat Keliling,” ujar Lovita Adriana Rosa, Kepala Pusat pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Subang, Selasa (11/6/2024)

Menurut Lovita, transformasi digital layanan publik ini merupakan bagian penting dari upaya Bapenda Jabar untuk meningkatkan pendapatan daerah. Sebelumnya, Bapenda Jabar telah meluncurkan layanan pembayaran pajak online melalui New Sambara.

“Saat ini New Sambara telah diintegrasikan ke dalam aplikasi Jabar Super Apps bernama Sapawarga. Sapawarga sendiri merupakan aplikasi layanan publik terintegrasi untuk memudahkan masyarakat Jawa Barat mengakses ragam layanan publik di Jawa Barat secara digital dengan lebih cepat,” katanya

Lovita menambahkan bahwa SIM-C merupakan inovasi layanan yang mengintegrasikan sistem informasi kesamsatan dengan strategi optimalisasi peningkatan pendapatan, yang terkoneksi antara Bapenda pusat dengan 34 Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) se-Jawa Barat dan Tim Pembina Samsat Jawa Barat. Masyarakat dapat mengakses layanan komunikasi dua arah melalui Call Center 150-410 setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, atau memanfaatkan WhatsApp Chatbot di 081122301818 selama 24 jam dan 7 hari seminggu, serta WA Blast sebagai sarana sosialisasi program Bapenda Jabar.

Sumber : https://subang.inews.id/read/454617/sim-c-jabar-transformasi-digital-layanan-publik-untuk-tingkatkan-pendapatan-daerah