Bapenda Jabar dan UNMA Majalengka Teken Kerja Sama untuk Penguatan Pajak Daerah

Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat (Bapenda Jabar) melakukan kunjungan kerja ke Universitas Majalengka (UNMA) untuk menandatangani kerja sama tentang Tridharma Perguruan Tinggi dan Penguatan Pajak Daerah.

Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik menjelaskan bahwa kerjasama ini adalah bagian dari implementasi konsep Pentahelix yang melibatkan akademisi dan pemerintah.

“Dalam hal ini, Bapenda Jawa Barat mengelaborasi kegiatan bersama di Majalengka. Kerja sama ini mencakup sosialisasi dan edukasi tentang pajak daerah, khususnya Pajak Kendaraan Bermotor serta kajian akademik lainnya,” jelas Dedi Taufik, Kamis (30/5/2024).

Dedi berharap bahwa melalui kerjasama ini, segala bentuk informasi dari Bapenda Jawa Barat dapat disebarkan secara luas melalui sektor pendidikan.

Selain itu, ia juga meminta Kepala P3DW Kabupaten Majalengka segera menyusun langkah-langkah konkret untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pendapatan asli daerah, khususnya di Kabupaten Majalengka.

Rektor UNMA, Indra Adi Budiman menyambut baik dan menyampaikan apresiasi atas jalinan kerjasama yang dibangun oleh Bapenda Jawa Barat tersebut.

Rektor berharap agar kerjasama dapat diperluas ke fakultas lain di UNMA. Dia bahkan menawarkan sumber daya UNMA, seperti TAX Centre, untuk mendukung kegiatan kerjasama, seperti konsultasi pajak dan pembayaran pajak digital.

Sementara itu, Kepala P3DW Kabupaten Majalengka, Dwi Yudhi Ginanto R menyatakan siap melaksanakan arahan dari Kepala Bapenda Jabar, termasuk dalam mendukung program Bulan Sadar Pajak yang akan datang dengan melibatkan mahasiswa UNMA.

“Kami siap memanfaatkan momen bulan sadar pajak dengan melibatkan mahasiswa dari UNMA untuk mensosialisasikan program Samsat Masuk Sekolah, Samsat Rujak Limpung, dan Samsat Kawasan Industri,” pungkasnya.

Sumber : https://timesindonesia.co.id/peristiwa-daerah/497400/bapenda-jabar-dan-unma-majalengka-teken-kerja-sama-untuk-penguatan-pajak-daerah